Pengertian MacOS Beserta Sejarah dan Jenis-Jenis MacOS

Masdimass.com – Hai jumpa lagi dengan saya, kali ini ada artikel yang cocok sekali untuk kalian yang menggunakan laptop / PC Mac OS. Siapa sih yang tidak tahu dengan Mac OS. Mac OS adalah salah satu perangkat komputer yang dibuat oleh Perusahaan Apple, ya perangkat buatan perusahaan ini yaitu logo buah apel bekas gigitan. Dengan logo yang sangat elegan dan perbedaan yang sangat signifikan dari pesaingnya yaitu Windows, Mac Os memiliki harga yang lumayan menguras dompet kalian loh. Jika kalian lebih tau dengan mac os mari simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Mac OS

Sejarah Mac Os

Sejarah Mac OS itu sendiri berawal pada tanggal 1 april tahun 1979 yang dibuat oleh Steve Jobs,Steve Wozniak dan seorang insinyur yang bernama Ronald Wayne. Mereka bertiga membuat suatu perusahaan yang diberi nama Apple, entah kenapa mereka memberi nama Apple. Kemudian mereka merilis produk pertamnaya yang diberi nama Aplle 1 yang diciptakan oleh Steve Wozniak.

Produk pertama ini mempunyai mikro prosesor 8-bit , menggunakan MOS 6502 teknologi, hanya bisa digunakan di bawah 1 MHZ.6502 itu sendiri merupakan mikroprosesor yang paling mahal pada wahtu itu. Apple 1 dijual seharga $666.66 dengan RAM sebesar 4 KB dan Tape Apple basic.

Kemudian pada tahun 1977 apple mengeluarkan produk barunya yang diberi nama Apple II, perbedaan dari apple I adalah tampilan monitor yang tersimpan di memori,dengan itu komputer dapat menampilkan teks, gambar dan lain-lainnya.

Pada tahun 1986 Apple juga mengeluarkan Produk Apple II yang terbagi dari beberapa tipe seperti Apple II+,IIE,IIC,IIC+,IIE Enhanced, IIE Platinum, dan terakhir 16-bit IIGS

Kemudian tidak berselang lama apple mengeluarkan produk barunya yaitu Apple Pascal , di komputer ini mahasiswa dari universitas di California mengembangkan sebuah mikroprosesor 6502 sehingga merilis mikroprosesor yang diberi nama Microsoft Z-8o softcard. 

kemudian pihak apple ingin membuat sebuah komputer yang dapat digunakan bagi orang yang pertamakali belajar komputer. Maka dari itu pihak Apple membuat sebuah sistem komputer yang sangat mudah untuk dipelajari bagi para pelajar komputer. Sehingga komputer tersebut dinamakan Macintosh. Komputer ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan Mac OS.

Berikut merupakan jenis jenis Macintosh :

Jenis-jenis Macintosh

  1. Pada Tahun 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
  2. Pada Tahun 1986: Macintosh Plus
  3. Pada Tahun 1987: Macintosh II, Macintosh SE
  4. Pada Tahun 1988: Macintosh IIx
  5. Pada Tahun 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
  6. Pada Tahun 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, Macintosh LC series
  7. Pada Tahun 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
  8. Pada Tahun 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
  9. Pada Tahun 1993: Macintosh Centris, Color Classic, Performa, Macintosh TV
  10. Pada Tahun 1994: Power Macintosh
  11. Pada Tahun 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
  12. Pada Tahun 1998: iMac
  13. Pada Tahun 1999: iBook, Power Macintosh G4
  14. Pada Tahun 2000: Power Mac G4 Cube
  15. Pada Tahun 2001: PowerBook G4
  16. Pada Tahun 2002: eMac
  17. Pada Tahun 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
  18. Pada Tahun 2004: iMac G5
  19. Pada Tahun 2005: Mac mini

Perkembangan Mac OS

    Mac OS 3

Mac OS 3 merupakan produk pertama yang dikeluarkan oleh Apple. Kemudian disebar luaskan kepada warga disana.

    Mac OS 7

Pada tahun 1991, Apple meluncurkan System 7, System yang lebih canggih dibandingkan dengan produk sebelumnya dan juga mempunyai masa pakai yang cukup lama, dari tahun 1991 sampai 1997. Pada januari 1997, Mac OS resmi meluncurkan Mac OS versi 7.6 dengan perbedaan dari segi penyebutan yang dahulunya memakai nama “System” dan berganti dengan nama “Mac OS”.

    Mac OS 8

Pada bulan Juli 1997, Mac OS merilis Mac OS 8 dengan memiliki respon yang sangat baik dari publik. Hal ini dapat terlihat dari tingginya penjualan sistem operasi ini yaitu sebanyak 3 juta komputer denga waktu 6 bulan saja.

    Mac OS 9

Pada tahun 1999, Mac OS kembali meluncurkan produk barunya dengan sistem operasi yang baru . produk barunya itu diberi nama Mac OS 9 dan juga dianggap sebagai versi untuk masa peralihan dari OS 8 ke OS X.kemudian Apple juga merilis Cheetah (Mac OS X)

    Puma (Mac OS X 10.1)

Kemudian pada tahun 2001 mac os sudah memperkenalkan Mac OS X10.1 tetapi resmi dirilis pada tahun 2011. Pada versi ini ditambah fitur-fitur tambahan dan didukung dengan perangkat dan media seperti CD, DVD, MP3, printer, dan kamera digital. Setelah itu Apple juga mengeluarkan produknya seperti Jaguar (Mac OS X 10.2),Panther (Mac OS X 10.3),Tiger (Mac OS X 10.4),Leopard (Mac OS X 10.5),Snow Leopard (Mac OS X 10.6).

    Lion (Mac OS X 10.7)

Kemudian Mac OS versi Lion tersebut memiliki kelebihan integrasi yang lebih baik dibanding iOS dan Mac, kemudian Lion tersebut dirilis pada tahun 2011. Ios adalah sistem operasi ciptaan Apple Corporation yang diperuntukkan untuk Iphone dan perangkat-perangkat yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan Apple TV. Sedangkan Mac OS diperuntukkan bagi komputer Macintosh. Mac OS Lion tidak cuma mempunyai keunggulan integrasi, namun juga Mac OS Lion ini adalah Mac OS pertama yang bisa diunduh di Apple Store, toko aplikasi utama miliki Apple. Berikut merupakan beberapa Produk yang dikeluarkan oleh Apple :Mountain Lion (Mac OS X 10.8)Mavericks (Mac OS X 10.9),Yosemite (Mac OS X 10.10), El Capitan (Mac OS X 10.11)

    Sierra (macOS 10.12)

Untuk macOS ini dirilis pada bulan september 2016 dengan kode Sierra. Salah Satu fitur pada mac OS adalah pemanfaat suara sebagai instruksi perintah untuk menjalankan aktifitas seperti membuka aplikasi, mengirim pesan dan mencari dokumen.

    High Sierra (macOS 10.13)

macOS 10.13 dengan kode High Sierra,yang dirilis pada September 2017, Mac ini memperkenalkan teknologi Core yang terkini ,dengan perubahan pada pendesaianan ulang, teknik penyimpanan data, dan juga peningkatan pada kemampuan streaming, hingga pemanfaatan secara penuh akan kekuatan prosesor grafis. Saat artikel ini ditulis, ini adalah macOS tertinggi pada saat ini.

Software Untuk Pengguna Mac OS

            1. Adium

Adium ini merupakan software chatting yang bisa kalian gunakan di mac os, audium ini mempunyai tema yang bisa dirubah-rubah loh. Kalian bisa chatting dengan saudara atau dengan teman kalian dengan aplikasi ini.

            2. CleanMyMac

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan file file yang tidak penting. File file tersebut seperti cache,junk,dan lain lainnya

            3. TripMode

Untuk aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang sangat cocok bagi kalian yang hemat kuota internet. Karena apa aplikasi di Mac kebanyakan membutuhkan akses internet yang banyak jadi dengan bantuan aplikasi ini kalian dapat mengkontrol banyaknya data yang terpakai dan kalian juga bisa membatasi aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk menggunakan koneksi internet.

            4. iStat menus

untuk aplikasi yang satu ini mungkin sangat membantu bagi kalian yang sering mengerjakan tugas dengan lembur. Dengan bantuan aplikasi ini kalian dapat memandatu berapa banyak ram yang terpakai, berapa panas suhu prosesor komputer kalian . sungguh bermanfaat sekali aplikasi ini kalian hany aharus mengklik 1 kali saja kalian bisa langsung melihat hasilnya.

            5. Google Chrome

Untuk aplikasi yang satu ini sangat populer sekali bagi kalian pengguna komputer maupun HP. Meskipun mac OS sudah diberi browser yaitu safari tetapi kebanyakan orang menggunakan Google Crome daripada safari. Entah kenapa alasan mereka mengganti safari menjadi crome.

            6. Unarchiver

Untuk aplikasi yang satu ini berfungsi sebagai software yang membantu membuka format yang tidak didukung oleh sistem Mac OS. Jadi kalian bisa mendownlaod aplikasi ini dengan gratis di Google Crome.

            7. Franz

Untuk aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang membantu kalian untuk menyimpan akun chatting kalian, kalian bisa menyimpan akun telegram, wa, skype dan lain-lainnya di aplikasi ini. Jadi jika ada teman kalian yang membuka komputer kalian mereka tidak akan mengetahui tentang akun chatting kalian.

            8. Flux 

Aplikasi yang satu ini berfungsi sebagai pengganti fitur Night shift , meskipun sudah terdapat fitur ini di mac Os nyatanya masih banyak orang yang masih menggunakan aplikasi ini. Kata mereka aplikasi ini lebih algoritma yang lebih baik daripada fitur bawaan dari mac os sendiri.

            9. Amphetamine

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat membantu bagi kalian yang sering mendownlaod atau sedang meng export video, tentunya jika komputer sudah sleep maka proses download akan terhenti, tetapi dengan bantuan aplikasi ini kalian tidak perlu cemas lagi dengan proses download kalian tetap berjalan karena aplikasi ini memaksa mac os untuk selalu bekerja.

            10. AppCleaner

Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang sering download aplikasi kemudian mencopot aplikasi tersebut. Terkadang jika kalian mencopot aplikasi tersebut terdapat sisa sisa file dari aplikasi tersebut . jadi jika kalian menggunakan aplikasi yang satu ini, aplikasi yang terhapus akan terhapus semua hingga akar akarnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara Menjaga Kehamilan di Masa Pandemi

Next Post

Kumpulan Software Compress Video dan Foto Terbaik 2021

Related Posts