Jenis jenis Sepeda Gunung Beserta Cara Mencucinya

Hai kalian yang gemar bersepeda, beruntung kali ini ada artikel yang memberikan informasi tentang sepeda gunung. Jadi kalian akan mendapatkan ilmu baru tentang jenis sepeda gunung dan cara mencuci sepeda gunung yang benar. Sepeda gunung merupakan salah satu jenis sepeda yang digunakan untuk melewati medan yang berat. Sepeda ini dipamerkan pertama kali pada 1970 oleh pengguna sepeda di san francisco. Penemu sepeda gunung pertama kali mengatakan bahwa pada jenis sepeda inilah yang pertama kali dinaiki sampai ke puncak tertinggi gunung kilimanjaro di benua Afrika, yaitu 5.895 m.

jenis sepeda gunung dan harganya

Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Kerangkanya.

Berdasarkan kerangkanya, sepeda gunung terbagi menjadi dua yaitu Sepeda Gunung Hard trail dan Sepeda Gunung Soft Tail/Full Suspension.

Sepeda Gunung HardTrail

Jenis Sepeda Gunung Hard Trail. Tentunya sepeda jenis ini sering kalian jumpai. Karena sepeda ini terkenal dengan kerangka yang dibuat kaku tanpa suspensi. Suspense sendiri merupakan komponen pada sepeda yang berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi pada sepeda gunung, akibat permukaan jalan yang tidak rata atau lainnya. Untuk sepeda ini biasanya hanya memiliki suspense dibagian depan saja. untuk kerangkanya biasanya disambung permanen/ dilas jika frame terbuat dari bahan logam. Sepeda ini hanya di buat untuk melewati jalur yang tidak ekstrim. Hanya bisa melintasi jalan yang berbatu saja .

Sepeda Gunung Soft Tail/Full Suspension

Jenis Sepeda Gunung Soft Tail/Full Suspension. Untuk jenis sepeda ini memiliki kerangka yang tidak terlalu kaku, karena memiliki dua suspense/pegas.  Untuk suspense pertama terletak di bagian depan dan suspense yang kedua berada di bawah tempat duduk . Mengapa memiliki 2 suspensi, karena sepeda ini termasuk sepeda MTB, yang akan digunakan untuk melewati jalur yang sangat ekstrim. Biasanya sepeda jenis ini digunakan untuk menyelusuri trek di hutan dan daerah pegunungan.

Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Jalur Yang Dapat Dilalui

Menurut jalur yang dilalui sepeda gunung dibedakan menjadi 3 yaitu : Sepeda Dwonhill, Sepeda MTB Enduro dan sepeda MTB Trail.

Sepeda Downhill

Jenis sepeda menurut jalur yang dilalui adalah sepeda Downhill. Jenis sepeda ini biasanya digunakan untuk melewati jalur perbukitan, hutan , dan pegunungan. Karena sepeda ini sudah di desain untuk terjun dari lompatan yang sangat tinggi, karena memiliki desain yang sudah diperhitungkan sangat matang. Kalian bisa membedakan sepeda downhill dengan sepeda lainnya dari bentuk bodynya. Biasanya sepeda downhill memiliki body yang lebih besar di banding sepeda gunung lainnya. Untuk suspense/ pegas memiliki travel yang sangat besar yaitu mencapai 200 mm. dengan menggunakan suspense tersebut , sepeda ini bisa mendarat dengan mulus dari ketinggian 2 meter dari atas permukaan tanah.

Sepeda MTB Enduro

Jenis sepeda menurut jalur yang dilalui adalah Sepeda MTB Enduro. Jenis sepeda ini didesain untuk melewati jalur off road menengah. Karena sepeda ini sudah menggunakan konstruksi frame dengan suspense ganda / dua pegas (full suspension). Jika dibandingkan dengan sepeda downhill, sepeda ini terbilang lebih ringan. Meskipun lebih ringan kemampuan sepeda ini persis seperti sepeda downhill loh. Buktinya sepeda ini bisa digunakan untuk meloncat dari ketinggian yang tidak terlalu tinggi karena hanya memiliki suspense dengan travel antara 150 hingga 160 mm saja.

Sepeda MTB Trail

Jenis sepeda menurut jalur yang dilalui adalah Sepeda MTB Trail. Sepeda ini di desain untuk melewati jalur trail yang sangat bervariasi. Sepeda ini memiliki suspense di tengah sehingga dapat melibas medan yang lebih berat. Untuk suspensi yang digunakan sepeda ini memiliki travel 120 hingga 140 mm.

Cara Mencuci Sepeda Gunung

            1. Melepas semua aksesoris

Langkah pertama untuk mencuci sepeda gunung adalah dengan melepas semua aksesoris sepeda. Biasanya setiap sepeda memiliki aksesoris pendukung seperti bel, lampu spidometer dan lain lain. Jika sepeda kalian menggunakan rem V maka kalian bisa membuka kedua sisi caliperd. Tujuan dibukanya asesoris tersebut agar mempermudah proses membersihkan bagian di setiap body sepeda.

            2. Membalik sepeda (roda berada di atas)

Langkah kedua untuk mencuci sepeda gunung adalah membalik sepeda. Dengan membalik sepeda kalian bisa leluasa membersihkan sela sela di setiap komponen sepeda tersebut . untuk cara membaliknya kalian bisa mengikuti cara berikut . Kalian berdiri di samping sepeda, kemudian peganglah bagian suspensi depan (down tube) dan satu tangan memegang seat pos(dudukan sadel). Selanjutnya, putar secara perlahan-lahan hingga sepeda terbalik (kedua roda berada di atas).

            3. Melepas Roda depan dan Belakang

Langkah ketiga untuk mencuci sepeda gunung adalah dengan membuka roda depan dan belakang. Untuk membuka roda di sepeda gunungg sangatlah mudah kalian hanya  tinggal menarik klip pengunci kemudian putar untuk melonggarkan baut. jika sepeda kalian tidak menggunakan klip maka kalian harus menggunakan bantuan engkol untuk membuka setiap baut tersebut.

            4. Membersihkan Sistem Penggerak (Rantai, Gir ,dan Rear Derailleur)

Langkah keempat untuk mencuci sepeda gunung adalah dengan Membersihkan Sistem Penggerak (Rantai, Gir , dan Rear Derailleur). Sebaiknya kalian terlebih dauli menyiapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat Rear Derailleur  dengan sikat yang telah dibasahi air sabun, untuk membersikan rantai gunakan lap kain yang lembut, basahi lap tersebut dengan air sabun, putar rantai dengan memutar pedal ke depan sehingga rantai berputar. Tempelkan lap pada rantai sepeda sehingga kotoran yang ada itu menempel pada lap. Setelah itu, dilanjutkan dengan membersihkan crank (gir depan, lengan pedal dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air sabun, sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian pada penggerak depan tersebut terkena air sabun dan kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih.

              5. Membersihkan bagian bawah frame

Langkah kelima untuk mencuci sepeda gunung adalah dengan membersihkan bagian bawah frame. Untuk membersihkan bagian bawah frame , kalian memerlukan bantuan kain lab dan air sabun. Setelah itu kalian gosok secara merata menggunakan lap tersebut hingga handle bar, bagian top tube dan seatways. Dan jangan lupa untuk membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem.

              6. Membersihkan bagian roda

Langkah keenam untuk mencuci sepeda gunung adalah dengan membersihkan bagian  roda sepeda. Tentunya kalian harus menggunakan lap kain dan air sabun untuk membersihkan bagian roda tersebut mulai dari pelek , as roda , dan jari jari roda. Jika kalian kesulitan menggunakan lap kain , kalian bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sela sela yang sulit dijangkau.

              7. Pengeringan

Langkah ketujuh untuk mencuci sepeda gunung adalah pengeringan. Setelah seluruh bagian dicuci biarkan sebentar hingga komponen tersebut mengering. Setelah kering kalian bisa menyatukan kembali bagian bagian yang dibuka ke posisinya semula. Setelah semua terpasang jangan lupa cek setiap komponen apakah sudah berfungsi semua atau tidak. Terutama di bagian rem yang sangat berbahaya jika tidak berfungsi.

Nah sekarang kalian sudah tahu bukan jenis jenis sepeda gunung dan bagaimana cara mencuci sepeda gunung dengan benar. Jangan lupa dipraktekkan di rumah masing masing ya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

10 Cara Membuat Slime dengan Mudah dan Aman

Next Post

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Tetap Terjaga Selama Pandemi

Related Posts