Beberapa Manfaat dan Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Anak

Masdimass.com – Rasanya kita pasti sepakat mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita mengetahui banyak hal, menjangkau apapun – walaupun saat ini kita sedang berada tiduran atau duduk di dalam kamar dan membaca buku. Dari buku apa saja bisa dipelajari dan diketahui. Selain itu buku merupakan salah satu sumber informasi valid yang sangat jarang dapat memberikan informasi yang keliru untuk pembacanya. Hal ini dikarenakan sebuah buku umumnya ketika akan naik cetak dan terbit, harus melewati berbagai proses dan tahapan untuk bisa sampai terpublikasi umum – dan dinikmati pembaca. Buku ilmu pengetahuan untuk anak misalnya. Sebuah buku ilmu pengetahuan anak harus memuat konten bacaan yang memang sesuai untuk usia anak yang ingin disasar. Paparan informasi yang dimuat harus menggunakan bahasa yang benar-benar sederhana, agar anak dapat memahami informasi yang disampaikan. Sumber informasi pengetahuan yang terdapat di dalam buku harus dipastikan itu valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Bagi usia anak-anak, buku pengetahuan akan lebih terlihat menarik jika disertai gambar-gambar pendukung yang menarik pula.

Apabila kamu berkunjung ke perpustakaan atau toko buku misalnya, seringkali kamu menemukan quote-quote yang berhubungan dengan buku ataupun membaca. Itu bukan hanya sekedar quote belaka, namun hal nyata dan fakta yang dapat kamu petik dari buku dan membaca buku itu sendiri. Bahkan ada quote menurut Walt Disney – produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara, tentang buku yang isinya begini: Ada lebih banyak harta di dalam buku daripada yang di dapat perampok di Pulau Harta.

manfaat membaca buku untuk anak sd

Kamu pasti tahu J.K. Rowling bukan? Penulis serial Harry Potter yang sangat fenomenal dan terkenal. Bukunya sudah di terjemahkan dalam berbagai bahasa, dan sangat digemari oleh semua orang di penjuru dunia. J.K. Rowling pernah membuat quote tentang buku, yakni Ketika kamu ragu akan sesuatu, carilah di perpustakaan.

Hal yang disebutkan J.K. Rowling rasanya adalah sebuah kebenaran. Kamu bisa menemukan banyak ilmu pengetahuan dan menjelajah dunia luar hanya dengan membuka buku. Buku bisa membuatmu seolah berjalan-jalan ke seluruh dunia. Pada saat membaca buku, kamu bisa mengetahui banyak hal lain tentang seluruh dunia, dan bisa turut membayangkan melalui gambar ilustrasi yang ada pada buku.

Membaca buku tidak hanya menjadi sumber informasi kepada kita, tapi juga bisa menjadi sebagai sarana hiburan di kala penat, dan menambah kemampuan seseorang. Salah satu contoh dari manfaat membaca buku – sebagai sarana untuk menambah kemampuan seseorang, kamu bisa membacanya pada artikel cara-belajar-desain-grafis-secara-otodidak Membaca buku pun bisa kamu lakukan di mana saja. Harganya pun cukup terjangkau, namun manfaat keuntungan yang diperoleh sangatlah besar. Buku bak harta yang tidak akan pernah habis dan hilang, ia kan terus abadi biarpun tergerus waktu.

Bagi seorang anak, membaca buku sangat bermanfaat untuk perkembangan pengetahuannya. Seorang anak biasanya sering diliputi dengan rasa ingin tahu yang begitu besar. Kita sebagai orang tua kadang kala merasa kewalahan ketika Si Kecil mempunyai pertanyaan yang melampaui pengetahuan yang kita miliki – maka buku bisa menjadi solusi untuk memenuhi rasa haus akan pengetahuan dan jawaban dari anak. Namun bukan berarti lantas melepas anak mencari pengetahuan sendiri lewat buku, ya. Bunda dan Ayah tetap harus menjadi teman berdiskusi dengan anak. Bunda dan Ayah bisa memberikan buku kepada anak untuk memperoleh informasi dan pengetahuan baru, tetapi Ayah dan Bunda harus mengakhiri dengan bertanya kepada anak apa saja yang ia dapatkan dari buku, dan mengajaknya berdiskusi agar anak lebih memahami mengenai pengetahuan yang baru saja ia dapatkan.

Ada banyak sekali manfaat dari membaca buku, bukan hanya bagi kalian yang sudah dewasa, namun juga bagi anak-anak di masa pertumbuhan dan perkembangannya. Simak yuk beberapa manfaat dari membaca buku di bawah ini yang tentunya sangat baik untuk anak di rumah.

            1. Dapat menambah kosakata

Semakin seorang anak sering membaca buku, anak bisa terus belajar kosakata baru. Apalagi ini sangat penting untuk anak-anak yang masih usia dini. Semakin sering anak membaca buku, kekayaan kosakata yang dimiliki anak akan semakin banyak. Hal ini tidak akan membuat anak mengalami kesulitan dalam membuat tugas karangan di sekolahnya.

            2. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan

Rasa keingintahuan anak memang kadang kala sangat besar. Anak-anak yang masih usia dini akan lebih cenderung serba ingin tahu segala hal. Buku dapat memenuhi hal itu, karena dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru yang berasal dari penjuru dunia.

            3. Dapat melatih kemampuan dalam berfikir dan menganalisa

Seorang anak yang terbiasa membaca, akan lebih cenderung memiliki pemikiran yang lebih kritis dibandingkan anak lain. Sebab pada saat membaca, anak tidak hanya sekedar membaca deretan-deretan kalimat. Tetapi juga akan terlatih berpikir dan menganalisa.

            4. Dapat melatih tingkat fokus dan konsentrasi

Pada saat seorang anak membaca sebuah buku, secara tidak langsung akan melatih otak anak untuk bisa fokus dan memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Tentunya apabila tingkat fokus dan konsentrasi anak sudah terlatih sejak dini, akan sangat baik untuk nantinya ketika si anak memasuki dunia sekolah.

             5. Dapat meningkatkan hubungan sosial

Pentingnya peran orang tua untuk turut mendampingi anak saat mereka mencari informasi dan pengetahuan lewat buku, bukan hanya agar meminimalisasi anak salah dalam memahami informasi yang baru didapatnya. Tetapi melalui interaksi dan diskusi, dapat meningkatkan hubungan sosial dan kedekatan antara orang tua dan anak.

             6. Dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Lewat membaca buku, anak akan sering bertanya kepada orang tua ataupun orang yang lebih dewasa – untuk menanyakan dan meminta penjelasan atas pengetahuan baru yang baru di dapatnya.

Itulah beberapa manfaat dari membaca buku yang dapat di peroleh anak. Tetapi buku akan bisa benar-benar bermanfaat bagi anak, apabila buku yang dibaca memang sesuai untuk anak. Berikut beberapa buku rekomendasi yang bisa menjadi pilihan untuk bacaan anak di rumah:

            1. Seri sains dan seri ensiklopedia

Sudah banyak penerbit yang menerbitkan buku dengan topik seri sains dan seri ilmu pengetahuan lainnya. Buku seperti ini sangat bermanfaat bagi anak dalam memperoleh pengetahuan baru. Tetap harus disesuaikan juga ya dengan umur anak, sebab buku ensiklopedia untuk anak di bawah usia 6 tahun akan berbeda dengan buku ensiklopedia anak di atas 6 tahun.

            2. Seri cerita anak H.C. Andersen

Pasti sudah tahu kan kualitas dari seri-seri cerita anak karangan H.C. Andersen, yang tidak perlu diragukan lagi. Buku-buku karangan H.C. Andersen sangat bagus untuk dibaca oleh anak. Terlebih lagi memperkenalkan buku dongeng ke anak sangat baik. Anda bisa membaca manfaat-mendongeng-untuk-perkembangan untuk mengetahui manfaat dari bacaan dongeng untuk anak Anda.

             3. 100 cerita nusantara

Cerita-cerita rakyat yang berasal dari nusantara, juga sangat baik untuk dibaca oleh anak. Anak bisa mengetahui berbagai macam legenda yang ada pada setiap daerah. Selain itu ini juga bisa membantu anak untuk mengetahui lebih dulu, sebelum akhirnya masuk sekolah. Sebab cerita legenda akan dipelajari dan ditemui mereka ketika belajar di sekolah.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Manfaat Mendongeng untuk Perkembangan Anak

Next Post

10 Cara Membuat Slime dengan Mudah dan Aman

Related Posts