Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Masdimass.com – Wanita hamil perlu memastikan bahwa makanan yang dimakan dapat memberikan nutrisi dan energi yang cukup bagi bayi, untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Mereka juga perlu memastikan bahwa tubuhnya cukup sehat untuk menghadapi segala perubahan yang terjadi. Maka dari itu untuk kehamilan yang sehat, pola makan ibu harus seimbang dan bergizi – ini melibatkan keseimbangan protein, karbohidrat , dan lemak yang tepat, serta mengonsumsi berbagai macam tumbuhan seperti sayuran, dan buah-buahan.


Beberapa pola makan wanita mungkin dipengaruhi oleh keyakinan etis, persyaratan agama, atau kondisi kesehatan, jadi memeriksakan diri ke dokter adalah bagian penting dari perencanaan diet kehamilan. 


makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan

Ada tiga hal yang perlu diketahui ibu hamil dalam pemenuhan kebutuhan nutrisinya, berikut ketiga hal tersebut:


Asupan kalori wanita hamil dibutuhkan selama kehamilan. Mengapa? Sebab ibu hamil tidak hanya makan untuknya sendiri, melainkan makan untuk dua orang. Oleh karena itu, kalori yang dibutuhkan harus naik sekian ratus kalori dari kalori normal.


Kenaikan berat badan yang khas. Hal ini memang menjadi salah satu ciri pasti yang akan dialami oleh ibu hamil. Wanita hamil yang kekurangan berat badan dianjurkan untuk mendapatkan hasil maksimal, sedangkan wanita yang kelebihan berat badan disarankan untuk mendapatkan hasil yang paling sedikit.

Tubuh wanita dapat menyerap zat besi dengan lebih efisien dan volume darah yang meningkat saat dia hamil, jadi dia harus mengonsumsi lebih banyak zat besi untuk memastikan bahwa dia dan bayinya memiliki suplai oksigen yang cukup.


Nah, lantas apa saja sih makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan selama kehamilan? Sebab pastinya seorang wanita hamil tidak bisa makan sembarangan, ataupun makan sesuka hati seperti saat belum hamil. Sebab perlu diingat di dalam perutnya ada seorang bayi yang sedang tumbuh kembang untuk dilahirkan. Semua ibu pasti mengharapkan dan menginginkan bayinya lahir dengan sehat. Maka dari itu di dalam artikel ini akan disajikan beberapa daftar makanan yang baik untuk ibu hamil.


            1. Besi:


Wanita hamil membutuhkan 27 miligram zat besi seharinya, dua kali lipat jumlah yang dibutuhkan oleh wanita yang tidak hamil, menurut ACOG. Jumlah tambahan mineral diperlukan untuk membuat lebih banyak darah yang memasok bayi dengan oksigen. Terlalu sedikit zat besi selama masa kehamilan dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang menyebabkan kelelahan dan peningkatan risiko infeksi. 


Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, sertakan sumber vitamin C yang baik pada saat makan yang sama saat makan makanan kaya zat besi. Misalnya, minum segelas jus jeruk saat sarapan dengan sereal yang diperkaya zat besi. 


Sumber makanan: daging, unggas, ikan, kacang-kacangan dan kacang polong kering, sereal yang diperkaya zat besi.


            2. Protein:


Protein banyak diperlukan selama kehamilan. Akan tetapi kebanyakan wanita seringkali memiliki masalah untuk mencari makanan yang memiliki kaya protein yang cukup dalam makanan mereka. Para ahli mengatakan bahwa protein sangat baik karena berfungsi sebagai “nutrisi pembangun,” yakni membantu membangun organ penting bagi bayi, seperti otak dan jantung.


Sumber makanan: daging, unggas, ikan, kacang-kacangan dan kacang polong kering, telur, kacang-kacangan, tahu.


            3. Kalsium:


Mineral ini digunakan untuk membangun tulang dan gigi pada bayi. Jika seorang wanita hamil tidak mengonsumsi cukup kalsium , mineral tersebut akan diambil dari simpanan ibu di tulangnya dan diberikan kepada bayi untuk memenuhi kebutuhan ekstra kehamilan.


Sumber makanan: susu, yogurt, keju, jus dan makanan yang diperkaya kalsium, sarden atau salmon dengan tulang, beberapa sayuran hijau (kale, bok choy).


            4. Buah-buahan dan sayur-sayuran:


Wanita hamil diharuskan fokus pada buah dan sayuran, terutama selama trimester kedua dan ketiga, kata Krieger. Dapatkan antara lima dan 10 porsi produk seukuran bola tenis setiap hari, katanya. Makanan berwarna-warni ini rendah kalori dan mengandung serat, vitamin dan mineral. 


            5. Biji-bijian utuh:


Makanan ini merupakan sumber energi penting dalam makanan, dan juga menyediakan serat, zat besi, dan vitamin B. Setidaknya setengah dari pilihan karbohidrat wanita hamil setiap hari harus berasal dari biji-bijian, seperti oatmeal, pasta atau roti gandum dan nasi merah.


            6. Buah beri dan buah delima


Buah ini terdiri dari strawberry, rasberry, dan bluberry. Buah-buah ini mengandung zat-zat yang sangat baik untuk ibu hamil. Zat-zat yang baik itu diantaranya karbohidrat, folat, vitamin C, dan serat. Selain buah beri yang memiliki kandungan folat, buah delima pun juga sama. Bahkan buah delima selain mengandung folat juga mengandung vitamin K, kalsium, zat besi, protein, dan serat yang tentunya sangat baik bagi ibu hamil.


            7. Melon warna jingga


Melon warna jingga termasuk sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Kenapa? Karena buah ini bisa membantu menenangkan sistem pencernaan selama hamil yang memang seringkali mengalami masalah.


            8. Alpukat


Buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengurangi morning sickness yang sering melanda ibu hamil, meningkatkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi. Pada buah alpukat terkandung kandungan vitamin B, vitamin C, folat, dan kalium.


            9. Brokoli


Sayuran yang satu ini mengandung senyawa asam folat yang sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko bayi cacat lahir. Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan kalsium yang penting bagi perkembangan tulang, gigi, dan otot bayi.


            10. Bayam


MPASI sangat dibutuhkan oleh bayi ketika lahir nanti. Air susu ibu mengandung banyak sekali manfaat bagi bayi. Oleh karena itu ibu hamil membutuhkan asupan yang bisa melancarkan keluarnya air susu (asi). Nah, bayam bisa menjadi solusi untuk hal itu.


            11. Buah aprikot


Buah yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan manfaat di dalamnya. Oleh karena itu dari semua kandungan di dalam buah aprikot memiliki manfaat untuk mencegah anemia dan kalsium membantu tulang dan gigi tumbuh kuat.


Nah itu dia beberapa makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hami. Selain makanan yang baik itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hami. Makanan-makanan tersebut, antara lain:


            1. Alkohol:


Hindari alkohol selama kehamilan. Alkohol dalam darah ibu bisa langsung masuk ke bayi melalui tali pusat. Konsumsi alkohol berlebihan selama masa kehamilan telah bisa menyebabkan gangguan spektrum janin, kondisi yang mencakup masalah fisik, serta kesulitan belajar dan perilaku pada bayi dan anak-anak.


           2. Ikan yang tidak matang.


Karena bisa menyebabkan diare dan akhirnya menjadi dehidrasi. Selain itu juga bisa menyebabkan beberapa infeksi seperti listeria yang ditularkan ke janin melalui plasenta. Dan hal ini tentu saja berbahaya sekali.


            3. Telur mentah.


Hal ini karena bisa saja telur mentah terkontaminasi salmonella.


            4. Buah nanas


Memang banyak sekali buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hami. Tapi buah nanas menjadi salah satu buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Hal ini karena nanas mengandung bromelain yang dapat melunakkan serviks dan dapat menyebabkan persalinan dini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Menjadi Guru Kreatif Saat Mengajar Selama PJJ

Next Post

Bagaimana menjadi Orangtua dalam Mendampingi Anak Selama Pandemi?

Related Posts