Tips Bermain bersama Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Masdimass.com – Mempunyai anak usia dini di rumah memang membutuhkan curahan pikiran ekstra. Kenapa? Karena pasti harus memikirkan apa yang harus dilakukan bersama anak di rumah sepanjang hari agar tidak bosan, apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Aktivitas di luar rumah menjadi sangat terbatas sekali semenjak pandemi Covid-19 ini merebak. Akibat pandemi ini mau tidak mau mengharuskan siapapun untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah, dan mengurangi aktivitas di luar rumah, demi mengurangi penyebaran virus Corona.

Padahal seperti yang dipahami bersama kalau anak-anak usia dini lebih cepat merasa bosan dibandingkan orang yang sudah jauh lebih dewasa darinya. Karena anak-anak usia dini belum bisa mengatur emosinya dan belum bisa memahami situasi yang sedang terjadi. Kalau biasanya Anda para orangtua terbiasa mengajak anak keluar rumah walaupun hanya ke taman, tapi semenjak pandemi segala kebiasaan di luar rumah harus dikurangi. Terlebih lagi anak-anak kecil rentan terhadap serangan virus Corona, hal ini pasti menjadi alasan tersendiri bagi Anda orangtua untuk khawatir membawa si Kecil bermain di luar rumah.

permainan kegiatan di rumah

Bermain sejatinya tidak hanya bisa menghilangkan rasa bosan anak. Akan tetapi bermain bisa membantu mengasah kemampuan kognitif, kemampuan fisik, kemampuan sosial, dan emosionalnya. Bila si Kecil bermain bersama Anda orangtuanya efek positif yang ada juga bisa meningkatkan kembali ikatan anak dan orangtua. Yang barangkali sebelumnya renggang karena kesibukan Anda di tempat bekerja. Maka waktu bermain dengan si Kecil adalah waktu yang paling tepat untuk mengembalikan ikatan antara Anda dengan si Kecil.

Sebenarnya bila ditelusuri lebih dalam, efek dari pandemi Covid-19 ini ada dampak positifnya juga loh. Anda sebagai orangtua bisa mencari cara yang kreatif untuk mengajak bermain bersama dengan si Kecil di rumah. Alhasil pengeluaran untuk biaya bermain di mall atau tempat wisata lainnya menjadi berkurang. Aktivitas juga lebih bisa dipantau mana yang aman dan tidak untuk si Kecil.

Untuk itu melalui artikel ini akan disediakan beberapa tips, yang barangkali bisa membantu Anda dalam mencari ide kegiatan atau permainan apa yang bisa dilakukan bersama si Kecil di rumah.

            1. Membuat trek mobil-mobilan

Anak Anda laki-laki? Biasanya anak laki-laki suka bermain mobil-mobilan mini. Mereka suka memaju mundurkan mainan mobil mini tersebut seolah-olah dalam alam pikiran mereka, mobil itu sedang berjalan layaknya di jalan raya. Anda bisa loh mengajak anak bermain bersama dari permainan yang disukainya ini. Daripada membiarkan anak Anda bermain mobilnya sendirian, lebih baik mengajaknya bermain bersama. Bagaimana caranya? Anda bisa membuat lintasan untuk mobil mini mainan anak Anda. Garis lintasannya bisa Anda buat dengan menggunakan lakban. Lakban tersebut sebagai batas pinggir di mana anak Anda harus diberitahu bahwa mobilnya hanya boleh melalui bagian dalam. Apabila keluar jalur, maka menyalahi aturan kesepakatan. Anda bisa melakukan permainan ini dengan menjadikannya sebagai balapan bersama si Kecil. Kalaupun Anda ingin suasana yang lebih natural, Anda bisa melakukannya di teras rumah. Untuk di teras rumah bisa menggunakan lakban juga ataupun kapur untuk membuat lintasannya. Selamat mencoba dan bermain bersama si Kecil ya!

             2. Permainan balon

Apakah anak Anda pernah menerima balon sewaktu datang ke pesta ulang tahun temannya? Atau pernahkah Anda memberikan balon pada anak Anda? Bagaimana reaksi anak Anda ketika mendapatkan balon? Pasti anak Anda terlihat senang dan sangat terpikat ketika melihat balon berada di tangannya. Maka dari itu cobalah untuk membuat permainan dari balon untuk anak Anda di rumah. Anda bisa memberikan beberapa aturan kepada anak Anda, agar permainan berjalan lebih seru. Misalnya

  • Buatlah aturan jangan biarkan balonnya menyentuh tanah. Ini merupakan permainan klasik yang pasti anak Anda akan suka. Aturannya sederhana saja, balon tinggal dipukul di udara tapi jangan sampai balon menyentuh tanah. Permainan ini akan menjadi seru sekali kalau Anda lakukan bersama si Kecil di rumah. Permainan ini pun bisa melatih ketangkasan dan konsentrasi si Kecil.

  • Penguin Waddle: jenis permainan ini adalah dengan meletakkan balon di antara lutut anak Anda, lalu minta mereka untuk berjalan perlahan sambil balon tersebut tetap ada di antara lutut mereka. Agar lebih menantang, Anda bisa menyiapkan garis pertama, garis kedua, garis ketiga, sampai garis finish sebagai penanda. Dan apabila anak Anda menjatuhkan balon tersebut ke lantai, maka mereka harus mengulang kembali dari garis pertama.

            3. Floor Bop

Untuk permainan yang satu ini, Anda bisa menggunakan kertas Hvs warna-warni yang ditempelkan di atas lantai. Buatlah aturan permainan di mana, si Kecil harus melemparkan benda yang sudah Anda tentukan. Misalnya melemparkan bola kertas merah ke atas kertas merah, bola kertas kuning ke atas kertas kuning, bola kertas biru ke atas kertas biru. Untuk lebih ada tingkat kesulitannya sedikit, Anda bisa menggunakan lakban untuk memberikan jarak batasan antara kertas yang dilantai dengan posisi anak Anda berdiri.

            4. Play dough

Anda bisa mengajak anak Anda bermain bersama dengan play dough. Jika Anda mempunyai anak laki-laki dan perempuan, Anda bisa menggunakan play dough untuk bermain bersama. Anda bisa mengajak anak Anda membuat berbagai bentuk dengan play dough.

            5. Tebak kata

Permainan yang satu ini paling cocok untuk anak Anda yang sudah usia sekolah dan yang baru mau mulai belajar mengenal kata. Anda hanya perlu menyiapkan alat tulis dan kertas. Anda hanya perlu menentukan topik apa yang akan menjadi bahan dalam permainan tebak kata. Misalnya Anda menentukan topik nama hewan. Anda tinggal memeragakan nama hewan yang sudah tertulis di kertas, yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Lalu mintalah anak Anda untuk menebaknya. Permainan ini bisa melatih kemampuan kognitif dan kemampuan sosial pada anak Anda.

            6. Puzzle

Anda bisa membeli puzzle di toko-toko terdekat. Atau kalau tidak, Anda bisa membelinya secara online di toko online. Jangan lupa untuk membersihkan permainan puzzle ini dengan disinfektan sebelum digunakan oleh anak Anda, agar anak Anda aman dari penyebaran virus Corona yang mungkin ada. Anda hanya perlu menjelaskan pada anak bahwa permainan ini adalah permainan yang menyusun potongan-potongan kecil gambar menjadi sebuah gambar yang utuh. Permainan ini bisa melatih ketelitian dan kesabaran anak.

            7. Petak Umpet

Siapa coba yang tidak tahu permainan super legendaris yang satu ini? Petak umpet permainan yang diminati semua anak-anak dari berbagai generasi. Anda bisa menggunakan permainan yang satu ini dengan anak Anda di rumah. Tetapi memang permainan yang satu ini akan lebih cocok bila dlakukan di rumah yang cukup luas. Kalaupun rumah Anda tidak terlalu luas, Anda tetap bisa bermain petak umpet bersama si Kecil. Hanya saja Anda benar-benar harus memastikan tidak ada benda yang berharga, benda mahal, benda yang bisa membahayakan si Kecil jika terjatuh.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tips Menerjemahkan Teks Menggunakan Google Translate

Next Post

Apa itu Cinderella Complex pada Anak?

Related Posts