10 Tips Belajar yang Efektif dan Efisien

Masdimass.com – Selama orang masih hidup, belajar adalah hal yang pasti harus dilakukan. Belajar wajib yang ditentukan pemerintah melalui UU memang hanya 12 tahun. Akan tetapi sebagai manusia, belajar sebenarnya tak terbatas usia. Siapapun bisa belajar hal apapun dan di mana pun. Jadi belajar bukan hanya wajib untuk seorang pelajar dan mahasiswa. Segala rentang usia bisa tetap terus belajar. Lagipula belajar itu bukan pekerjaan yang membawa kerugian. Justru memiliki banyak sekali manfaatnya. Dengan belajar pasti wawasan dan ilmu baru akan terus bertambah, otak pun bisa dilatih untuk fokus, dan otak terbiasa selalu bekerja. Dan belajar pun tidak harus menggunakan buku loh, Anda bisa menggunakan berbagai media

Belajar yang Efektif dan Efisien

Meski belajar menjadi aktivitas yang umum dilakukan semua orang, tetapi tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam belajar. Entah itu mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dipelajari, melakukan kesalahan dalam belajar seperti memilih waktu untuk belajar, dan faktor lainnya. Belajar yang efektif dan efisien akan mempengaruhi juga hasil kualitas dari apa yang dipelajari.

Belajar efektif adalah proses belajar yang dilakukan berdasarkan waktu dan porsi yang tepat, dan proses belajar terfokus penuh tanpa mengalami kegangguan dari aktivitas lain. Segala generasi memang dituntut untuk terus selalu belajar tak kenal lelah. Dan belajar hendaknya disadari sebagai sebuah kebutuhan, sehingga tidak menjadi beban ketika melakukannya.

Berdasarkan pengertian dalam KBBI, kata efektif berarti bisa mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan. Sedangkan arti kata efisien menurut KBBI adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya), mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat, berdaya guna, bertepat guna. Sehingga apabila digabung pengertian belajar yang efektif dan efisien ialah belajar guna mencapai tujuan maksimal dari apa yang diharapkan dan cara hemat biaya tenaga dan waktu, dan mendapatkan hasil maksimal tanpa harus mengeluarkan banyak. Lantas apa saja sih yang perlu diperhatikan agar belajarnya menjadi efektif dan efisien? Yuk simak tips di bawah ini.

            1. Atur jadwal belajar

Penting sekali untuk mengatur jadwal kapan saja Anda akan belajar. Mengatur jadwal belajar ini berguna agar proses belajar menjadi lebih terstruktur. Dan ketika kamu sudah menetapkan berapa jam jadwal belajar, maka Anda harus disiplin mentaati jadwal yang Anda buat sendiri. Jangan lupa untuk jadwalkan waktu untuk istirahat di sela-sela proses belajar yang akan dilakukan. Istirahat cukup 5-10 menit.

            2. Membangun suasana nyaman

Dalam proses belajar, Anda perlu suasana yang nyaman. Kenapa begitu? Karena dengan suasana yang nyaman, maka apapun yang sedang Anda pelajari akan bisa dengan lebih mudah masuk dan dicerna oleh otak. Tetapi kalau suasana tidak nyaman, pasti materi menjadi lebih susah masuk dan dicerna oleh otak.

            3. Perlu disiplin

Kedisiplinan bukan hanya terbatas dalam menaati sebuah peraturan, loh ya. Tapi juga termasuk dalam proses belajar. Anda harus memiliki sikap disiplin ketika memutuskan untuk belajar sesuatu hal. Jangan mudah menyerah dan putus asa ketika di tengah proses belajar, Anda mengalami kegagalan ataupun tidak kunjung mengerti dan memahami. Justru Anda harus memotivasi dan ingat apa tujuan Anda di awal belajar. Kedisiplinan yang Anda bangun bisa berdampak positif dari hasil proses belajar.

            4. Kurangi menghapal materi

Ketika belajar sesuatu, apalagi yang ada teori-teori di dalamnya usahakan untuk mengurangi menghapal materi. Akan lebih baik belajar dengan cara memahami sebuah materi. Kalau Anda hanya terpaku dengan menghapal materi, yakin deh hasil dari belajar Anda hanya berhasil setengah. Lagipula kalau Anda hanya mengandalkan dengan menghapal, Anda tidak akan ingat selamanya dengan materi yang sudah dipelajari. Mengapa? Karena selama masih bernafas pasti Anda akan menemui proses belajar di manapun dan dalam bidang apapun. Baik di proses formal maupun informal.

            5. Learning by discussion

Belajar dengan cara diskusi merupakan salah satu cara yang paling efektif. Anda bisa mengajak teman-teman untuk belajar dan berdiskusi bersama. Melalui diskusi Anda dan teman-teman bisa mencoba untuk membedah materi yang ada. Dengan berdiskusi maka otak Anda pun juga terkondisi untuk bekerja dan berpikir kritis. Karena dengan berdiskusi Anda akan menyampaikan pendapat, pemikiran kita tertuang, dan bisa beradu argumen.

            6. Jangan terlalu banyak belajar jelang ujian

Hal yang satu ini merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan hampir semua orang. Ketika menjelang ujian malah belajar dengan sangat keras hingga larut malam. Harapannya agar persiapan ujian menjadi jauh lebih matang. Padahal kenyataannya tidak sama sekali, loh. Belajar terlalu banyak jelang ujian malah justru tidak efektif dan efisien. Karena cara ini malah membuat otak kita mengalami tekanan. Untuk itu ada baiknya kalau tahu akan ujian, perlu untuk menyiapkan belajar dari jauh-jauh hari. Sehingga tidak menjadi sistem kebut semalam.

            7. Membuat review materi

Cara yang satu ini juga tidak kalah penting, loh. Membuat review materi sangat penting dalam belajar. Review ini digunakan untuk memanggil kembali (recall) apa yang sudah dipelajari. Dengan mereview materi, kita dapat melihat secara sistematis apa-apa yang sudah kita pelajari, sehingga dapat menentukan langkah dalam pemilihan buku lain yang bisa melengkapi selama proses belajar.

            8. Tidak perlu memakan waktu lama

Kata siapa belajar harus lama dan berjam-jam. Belajar yang efektif dan efisien justru tidak perlu memakan waktu lama. Belajar dengan waktu yang cukup akan merangsang otak untuk mencerna, sehingga materi yang diserap akan diingat di otak lebih lama.

            9. Olahraga

Kalau Anda sebentar lagi akan ujian, maka yang harus Anda siapkan bukan hanya belajar tetapi berolahraga. Karena olahraga itu

Memiliki banyak manfaat terhadap otak, loh. Hal itu dikarenakan ada berbagai hormon yang muncul setelah berolahraga dan menjadi bermanfaat sekali untuk kinerja otak. Hormon-hormon tersebut membuat pikiran menjadi fresh, sehingga materi belajar akan menjadi lebih mudah masuk ke otak.

            10. Menggunakan waktu terbaik otak untuk belajar

Kapan sih waktu yang tepat guna melakukan belajar yang efektif dan efisien? Sudah tahu belum nih kalau waktu terbaik untuk belajar ternyata bukan di malam hari, loh. Tetapi justru pagi. Kenapa pagi? Karena ketika pagi hari pikiran Anda masih fresh, sehingga materi pelajaran akan lebih mudah untuk dicerna. Sedangkan di malam hari pukul 8-10 malam merupakan waktu yang tepat untuk bersantai melepas lelah dari aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Dan pukul 10 malam ke atas adalah waktunya untuk tidur. Sehingga menjadi tidak mungkin memang menjadikan waktu di malam hari sebagai waktu terbaik untuk belajar efektif dan efisien.

Nah itu dia beberapa tips untuk belajar efektif dan efisien yang bisa dicoba. Akhir kata selamat belajar. Jangan pernah bosan untuk terus belajar di manapun.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Apa itu Live Sound Engineering?

Next Post

Tips Menerjemahkan Teks Menggunakan Google Translate

Related Posts