Kreativitas Mengolah Limbah Plastik Menyelamatkan Bumi

Masdimass.com – Saat ini orang di dunia sedang beramai-ramai menyerukan gerakan mengurangi limbah plastik guna menyelamatkan bumi. Hal ini akibat dari limbah plastik termasuk sampah yang tidak dapat terurai secara hayati. Sampah plastik yang menumpuk terus menerus bisa membahayakan kesehatan lingkungan, tanah menjadi tercemar, dan bisa membahayakan kelangsungan hidup mahluk hidup lain, terutama yang berada di laut.

Padahal sampah plastik merupakan sampah yang tidak mudah terurai. Sifat sampah yang satu ini membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai secara alami. Jelas sangat tidak mungkin kalau harus menunggu hingga ratusan tahun, padahal jumlah sampah plastik setiap harinya selalu bertambah sangat banyak. Proses pengolahan sampah plastik ini pun menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik.

Limbah Plastik

Pada awalnya manusia menciptakan plastik untuk menjadi terobosan baru dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Bahan plastik bisa digunakan pada hampir di semua bidang ke ilmuan. Namun siapa manusia pada saat itu yang akan menyangka bahwa di masa setelah mereka, ternyata plastik menjadi masalah besar untuk lingkungan. Materinya yang sangat sulit terurai, penggunaannya yang luar biasa meningkat drastis menjadikan limbah dari plastik kian menumpuk. Sebagian plastik memang bisa di daur ulang. Akan tetapi sisanya (sekitar delapan juta ton) justru berakhir di lautan. Hal ini yang membuat banyak ikan mati dan ketika dibedah perutnya ditemukan limbah plastik di dalamnya. Miris sekali bukan?

Seperti yang dilansir oleh nationalgeographic.grid.id terdapat studi baru dari University of Leeds yang mengungkapkan bahwa jika plastik tidak pernah di daur ulang, maka diperkirakan bumi akan memiliki 1,3 miliar ton sampah plastik pada tahun 2040. Bahkan World Economic Forum (WEF) pun juga memprediksi hal hampir serupa, pada tahun 2050 jumlah plastik di laut akan jauh lebih banyak dibandingkan jumlah ikan.

Permasalahan limbah plastik dan pencemarannya terhadap lingkungan juga ekosistem laut memang sudah menjadi momok setiap tahunnya di tiap negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan data terakhir, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China. Jelas sekali ini bukan prestasi yang membanggakan. Justru sangat memprihatinkan. Bayangkan nomor kedua di dunia!

Plastik memang sangat praktis, ringan, mudah di bawa kemana-mana, dan murah. Tapi ketika mengetahui fakta menyedihkan dan memprihatinkan ini, seharusnya sebagai orang yang cerdas kita menjadi sadar diri. Penggunaan plastik terus menerus harus segera diubah. Kalaupun untuk beberapa hal penggunaan plastik memang tidak bisa diganti. Tapi untuk hal lain yang bisa dicari alternatif menggunakan material yang lain, sebaiknya ya diganti.

Apakah kamu tahu kalau dampak dari sampah plastik ini bukan hanya berdampak pada lingkungan? Tapi ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Seperti yang dilansir oleh kumparan.com, dipaparkan oleh Greenpeace bahwa sampah plastik berpotensi terbelah menjadi partikel-partikel kecil. Dan dari partikel kecil inilah yang membawa dampak berbahaya, karena bisa masuk ke dalam tubuh mahluk hidup, termasuk manusia. Dampak dari partikel kecil yang masuk itu bisa menyebabkan kanker, stroke, dan penyakit pernapasan lainnya. Oleh karena itu ada baiknya mulai dari sekarang mengurangi penggunaan plastik. Kalau belanja di pasar atau supermarket dan minimarket usahakan membawa sendiri tas belanjaan yang bisa dipakai berulang kali. Kalau kamu berpergian atau berangkat ke kantor usahakan bawa tempat minum sendiri. Jadi ketika kamu ingin membeli minuman di starbuks misalnya kamu bisa menggunakan tempat minummu. Selain mengurangi sampah plastik, kamu juga bisa mengantisipasi dirimu dari penularan virus Corona kan.

Selain itu ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi limbah plastik menumpuk di muka bumi ini, loh. Kamu bisa mencoba cara yang satu ini sebagai gerakan langkah awal. Ingat langkah yang besar dimulai dari langkah kecil yang diawali dari diri sendiri. Cara tersebut adalah dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang berguna dan bermanfaat. Loh memang bisa? Bisa banget dong, bahkan hasil kreativitas dari mengolah limbah plastik menjadi barang baru yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Nggak percaya? Nih dikasih bocoran tentang sampah plastik bisa diolah menjadi apa saja sih, dan hasilnya tidak kalah dengan barang-barang buatan pabrik.

                1.Tempat pensil

Sampah botol plastik yang biasa kamu beli di minimarket atau supermarket itu jangan langsung dibuang. Daripada dibuang dan semakin memperparah kondisi lingkungan, lebih baik kamu cuci sampai bersih, lalu jemur sampai kering. Kemudian kamu olah botol minuman itu menjadi tempat pensil dengan resleting. Keren banget nggak sih? Kamu bisa gunakan tempat pensil itu dimanapun. Dan lebih kerennya lagi nih, karena bahannya terbuat dari botol plastik bekas, otomatis kalau kamu kehujanan, air hujan tidak akan menembus merembes ke dalam tempat pensilmu. Jadi seluruh isi tempat pensilmu bakal aman deh.

                2. Penyiram rumput

Penyiram rumput dari plastik bekas? Yang benar saja.

Eits benar kok. Ini bukan bagian dari lelucon. Kalau di rumah kamu ada plastik botol bekas coca cola, fanta, sprite, atau minuman lain yang kapasitas botolnya 2 liter. Kamu bisa menyulap botol itu menjadi penyiram rumput. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat lubang di botol minuman ringan plastik berukuran 2 liter, masukkan selang ke dalam botol dan bungkus selotip untuk mengencangkannya. Nyalakan keran dan alat penyiram buatan sendiri siap digunakan. 

                 3. Pengumpan burung

Nah siapa nih yang suka koleksi peliharaan burung? Semakin banyak burung yang kamu miliki, pasti kamu semakin repot keluar uang untuk membeli tempat makan burung kamu kan. Yah walaupun harganya tidak terlalu mahal, tapi kan tetap saja judulnya mengeluarkan uang. Nah daripada kamu mengeluarkan uang ekstra, kenapa kamu tidak membuat sendiri saja tempat makan untuk burung peliharaan kamu. Kamu hanya perlu menyiapkan botol plastik dan dua buah sendok kayu. Usahakan botol plastiknya yang rada kokoh ya. Setelah itu kamu hanya perlu melubangi badan botol sebanyak 4 buah, denngan 2 lubang berhadapan. Kemudian kamu tinggal memasukkan sendok kayu itu ke dalam lubang, sampai ujung sendok kayu satunya keluar di sisi yang lain. Sendok kayu ini berfungsi untuk tempat pijakan burung peliharaanmu.

                   4. Taman gantung veritikal

Siapa nih yang suka berkebun? Atau siapa yang jadi suka berkebun semenjak pandemi Covid-19 merebak? Kreativitas mendaur ulang sampah plastik yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang punya hobi berkebun.

Taman vertikal adalah solusi yang bagus untuk banyak tantangan dalam ruang perkotaan. Nah dengan mendaur ulang botol plastik adalah cara yang bagus untuk membuatnya sendiri. Sejumlah botol dapat dirangkai dan digantung di dinding, pagar atau pagar untuk membuat taman. Ingatlah untuk memilih tipe botol plastik yang cukup tebal dan tahan lama, seperti botol minuman ringan, daripada botol air tipis, yang dapat robek karena beban tanah, tanaman, dan air.

                  5. Stand pengisi baterai handphone

Alih-alih membuang botol lotion atau sampo lama. Kamu bisa loh mendaur ulang botol-botol itu menjadi barang baru yang berguna. Kamu bisa mengubahnya menjadi stand pengisi daya handohone. Dibuat dari botol daur ulang, stand yang nyaman ini akan memudahkan pengisian daya handphone kamu di stopkontak mana pun tanpa meninggalkan jejak kabel di lantai. Agar semakin cantik, kamu bisa menambahkan pernak-pernik untuk menghias stand pengisi baterai handphone kamu.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Khasiat Dibalik Kenikmatan Kopi

Next Post

Cara Menjadi Seorang Copywriter?

Related Posts