Tidak Susah Membuat Video Pembelajaran untuk PJJ

Masdimass.com – Semenjak adanya pandemi Covid-19 ini memang sudah merubah banyak hal dalam berbagai bidang. Salah satu bidang yang paling terpengaruh ialah bidang pendidikan. Untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona yang semakin masif, diadakan lah proses PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Memang cara ini efektif untuk meminimalisasi peserta didik menjadi kluster baru di sekolah mereka. Akan tetapi bukan berarti tanpa kekurangan. Proses PJJ ini memiliki kekurangan, diantaranya tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan membuat video pembelajaran untuk PJJ. Bukan hanya guru, tapi muridnya juga. Banyak murid yang kurang bisa memahami materi ketika sedang belajar melalui PJJ. Alhasil belajar mengajar hasilnya menjadi kurang efektif.

Membuat Video Pembelajaran




Seiring dengan perkembangan zaman di mana teknologi semakin berkembang pesat. Memang membuat kita semua mau tidak mau harus melek terhadap teknologi. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Bapak/Ibu guru di daerah manapun dan di semua jenjang dituntut harus melek teknologi, karena proses pembelajaran harus dilakukan dengan metode daring. Alhasil Bapak/Ibu guru pasti harus membuat materi melalui PPT, e-book, kelas digital, sampai video pembelajaran.

Seperti yang kita tahu bersama kalau anak zaman milenial sekarang sungguh berbeda dengan anak zaman dulu. Apalagi zaman ketika Bapak/Ibu guru masih sekolah, misal. Anak zaman milenial sudah tidak bisa lagi hanya diberi materi terus-terusan tanpa adanya praktik. Pembelajaran zaman sekarang, apalagi dengan sudah adanya kurikulum K13 mengharuskan peserta didik yang lebih aktif di kelas dibandingkan gurunya. Guru pun harus lebih aktif dalam memberikan berbagai metode mengajar yang bukan hanya mencekoki materi, tapi juga mengajak peserta didik belajar melalui permainan, pemecahan kasus/masalah misalnya. Hal tersebut pasti akan lebih mudah dilakukan bila di dalam kelas tatap muka seperti biasa. Akan tetapi masalahnya sekarang sedang ada pandemi. Di mana pembelajaran harus PJJ melalui media daring.

Jadi bagaimana membuat materi pembelajaran yang menarik dan bisa membuat peserta didik paham? Salah satu caranya bisa dengan membuat video pembelajaran. Bapak/ibu pernah melihat video pembelajaran dari ruang guru? Tidak susah sebenarnya membuat video pembelajaran ala ruang guru. Maka dari itu simak cara membuat video pembelajaran yang bisa membantu bapak/ibu guru dalam proses mengajar.

        1. Persiapkan skenario bahan ajar

Mengapa mempersiapkan skenario menjadi nomor urutan pertama? Jawabannya simpel bapak/ibu, karena penting. Loh bukannya sama saja dengan mengajar ketika di kelas? Jawabannya sebenarnya tidak bapak/ibu. Hasil yang diinginkan dari pembuatan video pembelajaran ialah murid bisa benar-benar memahami. Karena video pembelajaran sendiri nanti ketika ditonton peserta didik, menjadi pembelajaran satu arah. Peserta didik tidak bisa langsung bertanya saat itu juga. Selain itu perlunya skenario adalah agar pembicaraan yang bapak/ibu berikan di depan kamera sesuai hanya pada topik materi ajar. Tidak melebar kemana-mana. Sehingga durasinya pun juga tidak terbuang percuma.

        2. Pengambilan rekaman

Langkah selanjutnya tentu saja rekaman. Setelah bapak/ibu menyiapkan skenario apa saja yang akan  dibicarakan di depan kamera terkait topik materi ajar yang akan diberikan. Selanjutnya bapak/ibu harus melakukan proses rekaman. Proses ini bisa menggunakan media kamera dslr ataupun handphone. Jadi tidak bergantung pada harus pakai kamera tertentu. Rekaman memakai handphone saja sudah cukup bapak/ibu. Sebab handphone zaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan teknologi kamera yang cukup mumpuni. Vlogger youtube pun yang subscribernya sudah jutaan juga banyak yang nge vlog masih menggunakan handphone, dan hasilnya tetap jernih.

        3. Mencari gambar untuk pendukung video pembelajaran

Bapak/ibu pernah lihat video pembelajaran yang dibuat oleh ruang guru? Semua video mata pelajaran pasti di dalamnya ada gambar-gambar yang menjadi pendukung ilustrasi. Entah itu menjadi ilustrasi materi ataupun menjadi gambar latar dari bapak/ibu. Bapak/ibu pasti memahami kalau manusia biasanya lebih bisa memahami sesuatu dengan melihat visual. Nah agar video pembelajaran bapak/ibu tidak monoton dan membosankan, maka perlu diberikan gambar sebagai ilustrasi. Selain itu gambar ini pun juga bisa membantu bapak/ibu dalam memberikan penjelasan dari sebuah materi. Apalagi untuk bapak/ibu guru yang mengajar pelajaran eksak seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi.

        4. Editing

Ketika semua sudah siap, bapak/ibu belum bisa membagikan video pembelajaran itu ke anak-anak ataupun mengunggahnya ke classroom. Bapak/ibu harus mengedit terlebih dahulu. Untuk memastikan video pembelajaran benar-benar sudah layak dan sempurna untuk ditonton menjadi sarana belajar peserta didik bapak/ibu. Untuk mengedit video pembelajaran bapak/ibu bisa kok menggunakan handphone dan laptop. Ada berbagai aplikasi edit video yang bapak/ibu bisa temukan.

                1. Kinemaster

Kinemaster ini sangat populer digunakan bapak/ibu. Berbagai kalangan menggunakan aplikasi ini dalam proses editing video. Youtuber pun banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk proses edit video mereka sebelum diunggah ke youtube. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Bapak/ibu tinggal menginstallnya melalui google playstore. KineMaster sendiri sudah mendapat rating 4,4/5 di playstore. Untuk tutorial penggunaannya bapak/ibu bisa mencari video tutorial di youtube. Banyak sekali orang yang mengunggah video tutorial penggunaan di sana. Dan terlebih lagi KineMaster ini cukup mudah digunakan.

                2. FilmoraGo

Aplikasi ini hampir serupa dengan KineMaster. Keuntungan lainnya adalah aplikasi ini tidak akan memberikan watermark pada video bapak/ibu, seperti aplikasi lainnya. Penggunaannya pun cukup mudah untuk dipelajari.

                3. Inshot

Aplikasi ini mempunya rating 4,8/5 di playstore. Bapak/ibu bisa menambahkan musik ke dalam video pembelajaran kalau menggunakan aplikasi Inshot ini. Aplikasi ini juga bisa menggabungkan dan memotong isi video, ataupun juga bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu video. Bapak/ibu juga bisa menambahkan sound effect ke video pembelajaran ketika mengedit menggunakan Inshot. Bahkan bapak/ibu juga bisa menambahkan filter, teks, sampai emoji pada video.

                4. Obs Studio

Untuk Obs Studio ini hanya bisa digunakan di laptop ya. Sebab Obs Studio ini merupakan software. Bapak/ibu bisa mengunduhnya di google, dengan terlebih dahulu mencarinya pada laman google. Penggunaan Obs Studio pun tidak kalah populer, loh. Apalagi Obs Studio menawarkan fitur berbeda dari yang lainnya. Dengan Obs Studio ini bapak/ibu malah bisa merekam penjelasan materi serta memberi tugas secara langsung loh. Jadi bapak ibu bisa rekaman langsung dengan Obs Studio dan langsung bisa diedit. Jadi tidak kerja dua kali. Obs Studio ini pun bisa digunakan di Mac, Windows, ataupun Linux ya. Tutorial penggunaanya bisa bapak/ibu cari di youtube. Untuk menggunakan Obs Studio ini tidak terlalu rumit juga, loh.

                5. Windows Movie maker

Untuk software yang satu ini sedikit lebih eksklusif. Kenapa? Karena software yang satu ini hanya bisa diunduh dan diakses oleh laptop berbasis Windows saja. Software ini pun juga sangat cocok untuk bapak/ibu yang masih sangat pemula dalam dunia edit mengedit video.

                6. Camtasia

Camtasia ini merupakan software lainnya yang bisa digunakan selain Obs Studio. Camtasia ini juga gratis, jadi tidak berbayar. Software ini support untuk laptop yang berbasis Windows dan Mac. Fitur yang ditawarkan Camtasia pun lebih beragam. Oleh karenanya Camtasia menjadi salah satu aplikasi yang populer digunakan.

                5. Unggah dan bagikan Video

Langkah terakhir yang perlu bapak/ibu lakukan ialah mengunggah dan membagikan video pembelajaran itu kepada peserta didik. Bapak/ibu bisa mengunggahnya di laman youtube pribadi ataupun sekolah. Bisa juga mengunggah di google classroom yang berisi peserta didik dari bapak/ibu sekalian untuk memberi tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan.

Itu dia cara membuat video pembelajaran dan disertakan juga aplikasi dan software untuk editing video pembelajaran. Tidak susah bapak/ibu sebenarnya untuk membuat video pembelajaran. Asalkan mau belajar dan mencoba. Belajar tidak terikat pada usia dan waktu. Selamat belajar dan mencoba!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Matematika dalam Segala Aspek Kehidupan

Next Post

Khasiat Dibalik Kenikmatan Kopi

Related Posts