Khasiat Dibalik Kenikmatan Kopi

Masdimass.com – Siapa nih yang suka minum kopi? Di saat pagi hari sebelum memulai bekerja, atau siang hari saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya, ataupun malam saat terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah kopi pasti setia menemani. Hampir semua orang menyeruput kopi sambil menemani apapun yang sedang mereka kerjakan. Bahkan tampaknya kopi pun bisa menyatukan semua usia dan semua kalangan untuk bisa bersenda gurau dan bercengkrama loh.

Manfaat Kopi

Sejarah mencatat bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar tahun 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Hingga saat ini kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih di 50 negara. Dua jenis kopi yang dikenal secara umum yakni kopi robusta dan kopi arabika. Dari segi rasa kedua jenis kopi ini memiliki perbedaannya tersendiri. Kopi robusta memiliki rasa lebih pahit dan profil rasanya kuat. Kadar kafein yang dimiliki kopi robusta cukup tinggi yakni sebesar 2,7 persen. Jadi kalau kamu ingin mencari kopi untuk menemanimu begadang, pilihlah kopi robusta. Sedangkan untuk kopi arabika cenderung memiliki rasa manis, kecut, asam, dan sedikit pahit. Kadar kafein yang dimiliki kopi arabika lebih rendah dibanding kopi robusta, yakni sebesar 1,5 persen.

Banyak diantara kamu pasti minum kopi hanya untuk menahan kantuk kala harus begadang. Atau banyak juga diantara kamu yang mengira kopi hanya memiliki manfaat menahan kantuk saja, dan selebihnya kopi hanya memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan. Banyak juga berbagai mitos yang berkembang di masyarakat. Misalnya saja ada yang bilang kalau minum kopi lebih dari satu kali per hari itu tidak baik buat kesehatan. Selain itu pula ada juga yang mengatakan kalau minum kopi tidak baik untuk kesehatan jantung. Tapi apakah kamu tahu? Sebenarnya mitos-mitos itu tidak benar loh. Asal kita minum kopi masih dalam jumlah batas yang wajar, sebetulnya masih aman kok dan justru memberi manfaat buat kesehatan. Tidak percaya? Yuk mari kita bahas lebih lanjut soal khasiat dibalik kenikmatan kopi!

            1. Banyak Nutrisi yang Terkandung

Kamu tahu nggak? Kalau kopi murni yang dikonsumsi tanpa menggunakan gula dan susu, ternyata mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh loh. Diantaranya seperti terdapatnya vitamin B2 yang sangat penting sekali bagi perkembangan jaringan tubuh, membantu pelepasan energi, dan produksi sel darah merah, lalu ada vitamin B5, kalium, natrium, magnesium, vitamin B3, dan mangan.

            2. Antioksidan dalam Kopi

Antioksidan yang terdapat di dalam kopi diyakini mampu mengontrol peradangan dalam arteri dan meningkatkan aliran darah. Dengan adanya antioksidan dalam kafein ini mampu mengaktifkan asam nitrat yang berperan meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah. Selain itu kafein pada kopi juga memiliki kemampuan anti-bakteri dan anti-lengket, sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab lubang yang menggerogoti lapisan gigi.

            3. Mengurangi Risiko Penyakit Berat

Apakah kamu juga nih kalau minum kopi rutin 2-3 cangkir per hari itu masih dalam batas jumlah yang normal, loh. Bahkan dengan minium kopi 2-3 cangkir per hari ternyata memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, gangguan hati, parkinson, dan kanker, loh. Rutin mengonsumsi kopi setiap hari pun konon juga dapat mencegah risiko kanker mulut. Bahkan ada senyawa yang ditemukan dalam kopi yang dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

Ada juga penelitian yang mengungkap bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko terkena sirosis bagi peminum alkohol. Dengan mengonsumsi sebanyak dua cangkir dapat mengalami penurunan risiko hingga 66 persen terhadap kematian akibat sirosis. Selain dapat menurunkan risiko terkena sirosis, menurut Dr. Murray Mittleman  peneliti senior dari Beth Israel Deaconess Medical Center kopi ini juga bisa menurunkan risiko terserang penyakit empedu (radang empedu dan batu empedu). Dr. Murray Mittleman juga memberikan keterangan kopi dapat melindungi kulit dari kanker kulit, dengan mengonsumsi 2-5 cangkir setiap harinya.

               4. Mengurangi Penyakit Saraf

Selain itu kopi juga berguna untuk mengurangi risiko alzheimer yang berujung pada dementia. Kafein yang terkandung pada kopi pun bisa membantu meredakan sakit yang dialami kepala dan menurunkan tingkat stres dan depresi. Itulah alasan dan sebabnya banyak orang yang mengonsumsi kopi ketika sedang dihimpit pekerjaan yang menumpuk bahkan saat meeting di kantor.

                5. Meningkatkan Suasana Hati

Pernah nggak sih kamu kalau habis minum kopi suasana hatimu jadi lebih baik, padahal sebelumnya suasana hatimu jelek? Kamu tahu nggak kalau kafein juga memiliki manfaat lain selain menurunkan tingkat stres, loh. Kafein yang terkandung pada kopi juga memiliki manfaat meningkatkan fungsi otak. Ketika kamu minum kopi, kafein akan masuk ke dalam darah lalu berjalan ke otak. Setelah itu kafein akan mengaktifkan saraf dan hormon yang dapat meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat dan suasana hati. Jadi nggak heran kan kalau setelah minum kopi biasanya suasana hatimu jadi lebih cerah atau lebih baik.

                6. Meningkatkan Energi dan Stamina

Kafein yang ada di dalam kopi dapat membantu memecah lemak yang ada di tubuh. Di mana lemak tersebut bisa digunakan untuk stamina. Oleh karenanya dianjurkan untuk mengonsumsi kopi satu gelas, kira-kira satu jam sebelum berolahraga. Kafein juga bisa menjadi stimulan agar tubuhmu menjadi jauh lebih segar dan berenergi.

                 7. Manfaat Kopi di Dunia Kecantikan

Kamu pernah dengar ada masker wajah kopi? Atau pernah lihat di toko online ada yang menjual masker wajah kopi? Atau kamu malah sudah pernah menggunakan masker dari kopi? Berarti sudah tidak asing lagi dong ya kalau kopi saat ini sudah digunakan dalam dunia kecantikan. Manfaat dari menggunakan masker kopi untuk wajah ini tentunya banyak sekali. Manfaat masker kopi diantaranya mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat segar dan cerah, menghaluskan kulit wajah, menyamarkan mata panda atau lingkaran hitam pada mata, menyamarkan bekas jerawat, berfungsi sebagai antioksidan, mengecilkan pori-pori di wajah, merawat kulit bekas dari terbakar matahari, mencegah penuaan dini pada kulit wajah (mengencangkan kulit wajah sehingga menyamarkan kerutan-kerutan halus), sebagai antioksidan, dan terakhir melancarkan peredaran darah pada wajah sehingga wajah terlihat lebih segar dan sehat.

Nah itu dia beberapa manfaat positif dari kopi yang bisa kamu ketahui. Jadi sekarang kamu tahu kan kalau minum kopi sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, bahkan untuk kecantikan juga. Asal kamu minum kopi masih dalam batas normal, kopi tidak akan berpengaruh buruk pada tubuhmu. Ada waktu yang paling tepat juga nih dalam mengonsumsi kopi. Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi kopi antara pukul 09.30-11.30, pukul 13.30, dan pukul 17.00. Perlu diingat baik-baik bagi kamu yang memiliki keluhan tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, asam lambung, kolesterol tinggi, insomnia, sedang hamil, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kopi. Agar kopi tidak jadi berdampak buruk bagi tubuhmu dan memperparah penyakit yang ada dalam tubuhmu, ya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tidak Susah Membuat Video Pembelajaran untuk PJJ

Next Post

Kreativitas Mengolah Limbah Plastik Menyelamatkan Bumi

Related Posts