Cara Mudah Belajar Matematika

Masdimass.com – Matematika masih menjadi mata pelajaran dan mata kuliah yang paling banyak dihindari. Sebagian orang menganggapnya sebagai momok, sebagian yang lain menganggapnya terlalu sulit. Hanya sebagian kecil saja murid dan mahasiswa yang melihat pelajaran atau kuliah matematika sebagai sesuatu yang menantang sekaligus mengasyikan. Sekelompok kecil orang inilah yang paling tidak menemukan satu rahasia kecil dari matematika yakni begitu kita berhasil memecahkannya maka kita akan semakin ketagihan. Hal ini disebabkan karena nilai tantangan pada matematika memiliki skor yang tinggi jika melihat tingkat kesulitan dan proses penyelesaiannya.
Belajar Rumus Matematika

        Keengganan siswa untuk belajar matematika bertolak belakang dengan kenyataan bahwa matematika adalah dasar dari segala perhitungan, rasio bahkan nalar. Kecakapan matematis memungkinkan siswa mampu belajar fisika, kimia, ekonomi dan akuntansi. Bahkan pengaruhnya juga terlihat dalam proses berpikir. Siswa yang mampu memecahkan logika matematika adalah siswa yang bisa berpikir dan bernalar dengan baik dan teratur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa matematika menyentuh hampir seluruh aspek berpikir dan bertindak seorang murid yang tentunya berguna hingga usai sekolah.

          Melihat pentingnya pelajaran serta kecakapan dalam matematika, maka semua murid dan mahasiswa tidak seharusnya menghindarinya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa mempelajarinya membutuhkan proses berpikir yang cermat sekaligus logis. Untuk mencapai tahap itu, berikut beberapa tips untuk memudahkan belajar matematika.

        1. Fasih terhadap empat konsep dasar.
Konsep dasar yang dimaksud adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ini seharusnya menjadi mata pelajaran paling awal dari matematika. Tanpa ini maka kita tidak akan bergerak kemana-mana. Jangan menganggap ini remeh,karena kenyataannya empat hal tersebut sering diselesaikan dengan cara yang salah, terlebih pada kasus-kasus yang sulit.
        2. Sering berlatih memecahkan soal matematika.
Matematika merupakan mata pelajaran yang harus langsung dipraktekan. Sebuah logika matematika dan rumus matematika hanya bisa dipahami jika kita meletakan angka-angka di atasnya. Menghapal rumus matematika memang penting, tetapi mempraktekannya dalam sebuah simulasi perhitungan akan lebih berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Kerjakan contoh-contoh matematika usai belajar konsepnya. Untuk melancarkannya, jangan pernah mulai dengan masalah yang kompleks. Selalu mulai dari yang paling mudah agar konsep atau teori yang kita baca mudah dicerna dan mendapat logisnya. Jika kita langsung mengerjakan soal yang susah,ada kemungkinan kita akan kehilangan semangat belajar jika tidak mampu mengerjakannya.

        3. Selalu melakukan koreksi terhadap hasil penyelesaian.
Salah satu cara jitu untuk memahami matematika adalah dengan mengerjakan contoh soal yang tentunya di balik halaman sudah terdapat jawaban serta proses penyelesaiannya. Jangan melihat jawabannya terlebih dahulu. Selesaikan soalnya sesuai konsep yang telah dipelajari, setelah mendapat hasilnya silahkan cocokkan dengan kunci jawabannya. Jika ada yang salah atau selisih, maka kita akan mengkoreksi bagian mana saja yang belum dikerjakan dengan benar.
         4. Segera mencari jawaban terhadap suatu persoalan matematika yang membuat                 kita ragu.
Dalam belajar matematika, seringkali kita tidak percaya diri baik terhadap hasil penyelesaian sebuah masalah maupun terhadap materi yang kita pelajari. Jika kita berada pada situasi semacam ini, maka segera cari tahu jawabannya. Kita bisa berdiskusi dengan guru atau teman atau seseorang yang paham. Selain itu, kita bisa mencari jawabannya dari sumber belajar lain misalnya website atau youtube. Dengan tidak membiarkan keraguan ini berlanjur memungkinkan kita untuk terus belajar secara bertahap dan tidak melompat dari masalah yang belum terselesaikan karena matematika selalu berkesinambungan.
        5. Mengingat rumusan-rumusan matematika
Ini adalah bagian yang sulit. Banyak orang menyerah pada matematika karena tidak sanggup mengingat rumus-rumusyang ada di dalamnya. Ada banyak rumus matematika untuk menyelesaikan berbagai problem. Satu saja kesalahan dalam penggunaan rumus matematika maka akan menyebabkan kekeliruan besardalam penyelesaiannya. Jadi rumus sangat penting. Hal yang perlu dilakukan tentu saja menghapalnya. Orang yang gemar matematika sudah terbiasa membuat catatan-catatan kecil berisikan rumus matematika secara beraturan. Sangat dianjurkan untuk meletakan catatan-catatan tersebut pada media yang memudahkan kita melihat dan mengingatnya, misalnya ditempelkan pada meja belajar, pada papan belajar, pada buku saku dll.

        6. Belajar memahami derivasi atau konsep matematika.
Dalam bahasa sederhana, derivasi merupakan bahasa aljabar yang berbentuk konsep. Misalkan begini; dalam matematika kita diberi pemahaman bahwa kecepatan adalah fungsi dari jarak dan waktu. Pernyataan matematis ini adalah sebuah derivasi dari rumus v=s/t. Dengan memahami konsep matematika, sekalipun kita lupa bentuk rumusnya kita akan tetap bisa menyelesaikan soalnya. Rumus adalah alat untuk mempermudah, yang paling penting adalah pemahaman dari alasan kenapa kecepatan harus dihasilkan dari fungsi jarak dan waktu. Memahami derivasi juga akan memudahkan kita mengingat rumusan matematikanya, karena dengan pemahaman yang baik maka rumusan matematika akan diterima dengan mudah.

        7. Jangan melupakan hal-hal dasar.
Belajar matematika artinya belajar menyelesaikan masalah. Semakin tinggi tingkat kesulitan artinya kita sedang diarahkan terhadap proses penyelesaian masalah yang lebih kompleks. Seperti mata pelajaran lain, matematika bergerak dalam konstruksi matematikanya artinya rumusan matematika yang anda pelajari hari ini hanya bisa anda kerjakan dan pahami apabila dasarnya sudah anda lewati. Misalkan Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai perhitungan bangun datar sebelum bangun ruang. Dalam hal ini, belajar secara bertahap sangat penting. Bukan tidak mungkin bahwa suatu waktu kita melupakan beberapa hal dasar. Kita harus membuka lagi catatan, mencari tahu kembali hal yang lupa tersebut. Matematika memang butuh kerja keras, tetapi sekalinya kita paham maka semua hal menjadi mudah.

        Demikian beberapa tips untuk mempelajari matematika dengan teratur dan terdisiplin sehingga memudahkan prosesnya. Bila kita menyadari betapa pentingnya matematika untuk kehidupan maka di sekolah atau bangku kuliah matematika seharusnya diterima dengan baik. Belajar matematika bukan lagi sekadar suka atau tidak melainkan sebuah keharusan.
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Next Post

Matematika dalam Segala Aspek Kehidupan

Related Posts