Cara Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Masdimass.com – Pandemi Covid-19 memang benar-benar sudah menyita banyak pikiran, tenaga, dan energi. Banyak sekali dampak yang dirasakan oleh semua orang akibat dari pandemi Covid-19. Tingkat stres menjadi jauh lebih besar karena banyak orang yang harus berhenti bekerja karena di phk. Kondisi finansial yang menjadi kacau balau, karena susahnya mendapat pekerjaan. Orang-orang tidak bisa lagi berekreasi secara bebas, karena rasa takut akan terpapar virus Corona. 

Cara Hidup Sehat

Kunci utama dari imunitas tubuh yang kuat salah satunya adalah pikiran yang happy, selain tubuh yang sehat. Sebab dengan imunitas yang kuat, dapat membantu tubuh terhindar dari infeksi virus. Namun efek dari pandemi ini pun anak-anak juga harus terpaksa belajar dari rumah. Tentu saja hal ini juga menjadi pekerjaan tambahan tersendiri, terutama yang mempunyai anak-anak usia sekolah. Para orang tua dituntut harus turut membimbing anak selama sekolah dari rumah. Sebab peran guru untuk membimbing anak muridnya menjadi lebih terbatas. Pertemuan dengan guru menjadi hanya bisa virtual. Selebihnya orang tua harus membimbing dan mengajari ekstra untuk anak-anak.

Hal ini pasti membuat tingkat stres para orang tua lebih tinggi, terutama mereka yang juga bekerja. Sehingga waktu sudah banyak tersita untuk mengurus anak, pekerjaan kantor, dan pekerjaan rumah tangga. Otomatis pola hidup pun menjadi tak sehat, karena kurang olahraga dan mengkonsumsi asupan yang sehat. Padahal tubuh yang sehat sangat diperlukan untuk memerangi virus Corona ini.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa tetap hidup sehat selama pandemi Covid-19. Walaupun kesibukan menjadi lebih banyak, tapi hidup sehat bisa tetap dilakukan selama di rumah aja. Berikut cara hidup sehat yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19.

        1. Jaga Kebersihan

Selama pandemi Covid-19 ini menjaga kebersihan adalah salah satu hal penting dan wajib yang harus dilakukan. Di masa seperti ini, menerapkan hidup bersih dapat membantu menghindarkan kita dari infeksi virus dan bakteri. Cara untuk tetap menjaga kebersihan selama pandemi, misalnya mencuci tangan dengan teratur, menggunakan handsanitizer atau menyemprotkan barang-barang yang sering disentuh tangan dengan disinfektan, mandi dan keramas setiap habis berpergian.

        2. Tetap olahraga meski di rumah aja

Walau aktivitas di luar rumah menjadi sangat terbatas, dan banyak dihabiskan di rumah saja. Bukan berarti menjadi kendala untuk tetap olahraga, loh. Kamu bisa tetap olahraga selama di rumah saja, di sela-sela kesibukanmu. Olahraga yang dilakukan tidak perlu setiap hari. Tiga kali dalam satu minggu pun sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Tidak perlu lama, cukup dengan durasi 30-60 menit per sesi.

Kamu bisa berolahraga dengan lari mengelilingi pekarangan rumah, bisa melakukan sit up dan push up, bisa angkat beban dengan dumbell. Perlu diketahui olahraga tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi juga bisa menjadi sarana untuk refreshing dan terapi relaksasi untuk tubuh, agar tidak kaku selama bekerja. Kamu juga bisa mencoba melakukan yoga untuk variasi.

        3. Istirahat yang cukup

Kesehatan tubuh juga dipengaruhi oleh durasi istirahat yang kita berikan untuk tubuh. Ketika orang tidak mempunyai istirahat yang cukup maka tubuhnya akan rentan terserang penyakit. Kurang istirahat (tidur) pun bisa meningkatkan risiko stroke, penyakit ginjal, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi. Padahal orang yang mempunyai penyakit penyerta jika terserang virus Corona efeknya menjadi jauh lebih berbahaya. Oleh karena itu, kamu tetap harus menjaga pola waktu istirahatmu. Supaya tubuhmu tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya. Waktu istirahat yang cukup bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam setiap malamnya.

        4. Mengonsumsi makanan yang sehat

Jika olahraga dan istirahat yang cukup tidak diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat, juga akan menjadi kurang pas. Selama pandemi ini sangat perlu diperhatikan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah yang kaya vitamin, serat, dan mineral, yogurt, salad, roti gandum, oatmeal, dan lainnya. Sebaiknya kurangi makanan junk food dan makanan instan lainnya. Alangkah lebih baiknya untuk mengolah sendiri makanan sehari-hari dengan bahan-bahan yang sehat.

        5. Minum air putih 8 gelas sehari

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah syarat mutlak untuk menjaga kesehatan yang tidak bisa ditawar-tawar. Untuk itu kamu perlu minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau 2 liter air putih sehari. Bukan hanya karena sedang masa pandemi, tetapi karena air memang memiliki banyak sekali manfaatnya. Manfaat air putih untuk tubuh diantaranya ialah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, membersihkan racun berbahaya di dalam tubuh, menjaga fungsi ginjal. Dan sebaliknya orang yang kurang minum air putih akan mengalami berbagai penyakit pada ginjalnya, juga akan mudah lelah, mudah mengantuk, sembelit, sakit kepala, dan lainnya.

        6. Hindari rokok dan minum alkohol

Seperti yang kita tahu kalau rokok dan alkohol sebenarnya memang tidak baik untuk tubuh. Efek dari merokok dan minum alkohol bisa berdampak buruk untuk berbagai organ di dalam tubuh. Efeknya memang tidak langsung, tetapi perlahan-lahan akan menggerogoti dan menyerang tubuh kita. Merokok dan minum alkohol bisa berdampak menimbulkan penyakit pada jantung, paru-paru, penyakit hati (liver), dan gangguan otak dan saraf. Apalagi virus Corona akan jauh lebih mematikan bila menyerang orang yang memiliki penyakit bawaan. Jadi alangkah lebih baik, jika kita mulai sekarang menghindari rokok dan minum alkohol. Semua demi kebaikan dan kesehatan tubuh sendiri.

        7. Patuhi protokol kesehatan

Berolahraga, makan makanan yang sehat, istirahat cukup, minum air putih yang cukup, tidaklah cukup kalau kamu tidak mematuhi protokol kesehatan. Selain menjaga kebersihan diri, kamu juga harus mematuhi protokol kesehatan ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah. Kamu harus tetap menjaga kondisi dan jarak aman dengan orang lain. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, baik masker kesehatan maupun masker kain. Kalau perlu pakai face shield juga sebagai tambahan. Tapi ingat face shield bukan pengganti masker, ya. Kamu tetap harus pakai masker, dan face shield sebagai tambahan saja.

        8. Berpikir positif

Kesehatan yang bisa memerangi serangan virus dan bakteri, bukan hanya dari kesehatan tubuh. Tetapi juga kesehatan mental yang berasal dari pikiran positif dan kondisi mental yang sehat. Banyak yang bilang kalau kunci untuk bisa sembuh dari sakit adalah pikiran positif. Efek dari pandemi Covid-19 ini memang menakutkan, namun alangkah baiknya kalau kamu tidak panik dan ketakutan. Kamu tetap harus tenang dan berpikir positif, sambil melakukan aktivitas yang bisa menjaga tubuh tetap sehat, imunitas tubuh kuat, dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Nah, itulah beberapa cara hidup sehat selama pandemi Covid-19. Semoga informasi yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi kamu, ya. Kamu bisa turut membagikan kepada orang-orang terdekatmu, agar semakin banyak orang yang memiliki hidup sehat walau di tengah pandemi. Semoga badai pandemi ini segera berlalu.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Harga Janda Bolong Mahal

Next Post

Cara Mudah Belajar Matematika

Related Posts