Cara Untuk Uji Kecepatan Internet

Masdimass.com – Sejak terjadinya pandemi Covid-19 orang-orang terpaksa harus bekerja dari rumah (work from home) dan anak-anak sekolah belajar dari rumah. Pertemuan yang tadinya dilakukan secara tatap muka, terpaksa harus dilakukan melalui ruang virtual. Hal ini tentu saja mengharuskan untuk memanfaatkan internet sebagai media utama untuk menjalankan ruang virtual.

Uji Kecepatan Internet

Penggunaan internet selama work from home dan belajar dari rumah, tentunya secara tidak langsung menuntut kecepatan internet yang stabil. Apalagi kadang kala dalam satu rumah ada dua orang atau lebih sekaligus yang menggunakan internet dari sumber yang sama (misalnya wifi). Tentunya kecepatan internet menjadi kurang stabil, dan berpengaruh pada kestabilan koneksi internet. Hal ini jelas berdampak besar, terutama pada penggunaan zoom meeting. Padahal zoom meeting yang terkadang mengharuskan open camera dan join audio, terutama untuk anak sekolah yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh dan orang yang bekerja ketika sedang rapat daring. Namun ketika kecepatan internet menjadi tidak stabil, efeknya penggunaan zoom meeting menjadi terkendala, seperti terjadinya delay atau keluar masuk dari zoom meeting.

Oleh karena itu, sebenarnya penting sekali untuk mengetahui kecepatan internet di rumah. Agar kecepatan internet benar-benar bisa memenuhi kebutuhan semua anggota rumah, yang memang membutuhkan kecepatan internet yang stabil. Dan ketika setelah di uji ternyata kecepatan internetnya sangat kecil, bisa dicari solusinya seperti menambah mbps misalnya.

Berikut ini ada cara-cara untuk menguji kecepatan internet yang bisa kamu lakukan sendiri. Caranya pun mudah sekali. Silakan simak cara berikut ini!

        1. Speedtest by Ookla

Saat ini speedtest by Ookla menempati rating 4,4/5 di aplikasi Google Play Store. Speedtest by Ookla sesuai yang dilansir dari apps.apple.com ini memiliki fungsi, diantaranya:

  • Dapat untuk mengetahui kecepatan ping, unggah, dan unduh.
  • Dapat untuk mengukur jitter dan packet loss.
  • Grafik real-time berfungsi untuk menunjukkan kestabilan koneksi.
  • Bisa memilih server pengujian dari mana saja.
  • Dapat melacak pengujian yang dilakukan sebelumnya dengan laporan yang rinci.
  • Bisa menyebarkan hasil dengan mudah.
  • Melakukan pengujian dengan koneksi tunggal.
  • Dapat mencari tahu permasalahan.

        2. nPerf

Aplikasi selanjutnya ada nPerf. Untuk aplikasi ini bisa kamu temukan juga di playstore ya. Saat ini nPerf mendapatkan rating 4,7/5 di Google Playstore dari penggunanya. nPerf ini bisa digunakan untuk menguji kecepatan internet wifi, 3G, 4G LTE, bahkan sampai 5G. Aplikasi nPerf ini memiliki banyak sekali fitur menarik, diantaranya mempunyai beberapa cara dalam menguji kecepatan koneksi internet. Cara yang disediakan nPerf bisa dengan melakukan speed test  biasa (unduh, unggah, ping), streaming test, dan browsing test. Selain itu aplikasi ini menawarkan fitur di mana penggunanya bisa melihat cakupan wilayah koneksi internet dari provider dan kualitas kecepatan internetnya.

        3. Meteor

Aplikasi Meteor ini bisa kamu temukan juga di Playstore. Aplikasi ini bisa untuk menguji kecepatan internet wifi, 2G, 3G, dan 4G. Saat ini rating aplikasi ini menempati 4,7/5. Aplikasi ini hampir serupa dengan nPerf dalam menghadirkan fitur yang menarik. Walaupun dalam melakukan tes koneksi internetnya hanya bisa dilakukan dengan cara standar, yakni unggah, unduh, dan ping. Namun aplikasi ini ternyata dapat menunjukkan perkiraan pengalaman penggunaan kecepatan internet di beberapa aplikasi di gawai (handphone).

        4. Fast Speed Test

Saat ini aplikasi Fast Speed Test memiliki rating 4,3/5 di Playstore. Namun aplikasi ini hanya bisa menguji kecepatan internet dalam mengunduh dan mengunggah saja. Aplikasi yang satu ini ternyata buatan dari Netflix, loh. Aplikasi ini pun dapat bekerja secara otomatis, jadi benar-benar sangat memudahkan penggunanya.

        5. V-SPEED Speed Test

Aplikasi V-SPEED Speed Test ini tersedia di Playstore dan memiliki rating 4,8/5. Jaringan yang bisa dicek oleh aplikasi ini pun tersedia untuk wifi, 3G, 4G LTE, dan 5G. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengecek kecepatan internet dalam mengunduh dan mengunggah. Selain itu, fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini ialah kemampuan untuk mengecek kecepatan wifi yang ada di sekitar kamu, loh. Wow!

        6. Internet Speed Test

Internet Speed Test dapat memberikan hasil kecepatan internet yang meliputi kecepatan untuk mengunduh dan mengunggah. Sehingga data internet yang digunakan akan jauh lebih hemat dan optimal. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan sebuah fitur yaitu bisa menguji jeda yang akan terjadi pada saat melakukan transfer data.

        7. Speedtest.net

Selain mengunduh aplikasi kamu juga bisa menguji kecepatan internet dengan mengunjungi website uji kecepatan internet, salah satunya Speedtest.net. Laman ini tersedia untuk kecepatan internet versi ios, windows, dan android, loh. Cara untuk menggunakan Speedtest.net ialah pertama kamu kunjungi situs Speedtest.net. Kemudian pada bagian tengah halaman pilih opsi “Go”. Setelah itu, Speedtest.net akan menghitung kecepatan internetmu saat itu secara realtime. Terakhir, kamu hanya perlu menunggu hasilnya. Mudah banget kan? Silakan dicoba ya.

        8. Fast.com

Situs lainnya ada Fast.com. Untuk situs yang satu ini benar-benar sangat praktis, loh. Kamu tidak perlu mengklik apapun. Ketika kamu masuk ke dalam situs, Fast.com akan secara otomatis mengecek kecepatan internetmu, lalu hasil akan keluar. Jika kamu ingin mengecek ulang kecepatan internet, kamu hanya perlu mengklik simbol “refresh” yang terletak di bagian kanan. Kekurangan dari Fast.com ialah di situs ini hanya bisa mengecek kecepatan unduh (download). Sehingga tidak bisa digunakan untuk mengecek kecepatan PING, kecepatan unduh (upload), dan IP yang kamu gunakan.

        9. Indihome Speedtest

Apabila kamu menggunakan wifi dari indihome, maka kamu bisa menguji kecepatan internet wifimu dengan Indihome Speedtest ini nih. Cara penggunaannya pun cukup mudah, dan hasilnya pun cukup akurat untuk mengetahui seberapa cepat kecepatan internet wifimu. Cara untuk mengecek kecepatan internet melalui Indihome Speedtest, ialah pertama kamu perlu mengunjungi situs Indihome Speedtest. Lalu saat kamu sudah memasuki situs halaman Indihome Speedtest, akan ditampilkan tulisan “GO” besar yang berwarna merah. Lalu klik tulisan “GO” tersebut untuk mengecek kecepatan internetmu. Kemudian Indihome Speedtest akan otomatis mengecek seberapa besar kecepatan internet. Hasilnya akan muncul beberapa waktu kemudian. Disarankan ketika kamu melakukan pengecekan ini jangan sambil membuka browser lain, agar hasil yang didapat lebih akurat, ya.

        10. Bandwith Place

Situs selanjutnya untuk mengecek kecepatan internet ada Bandwith Space. Penggunaanya pun juga tergolong mudah, loh. Pertama kamu harus mengunjungi situs Bandwith Place. Kemudian ketika kamu sudah masuk ke dalam situs, kamu akan menemukan tulisan “Start”. Klik pada tulisan “Start” tersebut. Setelah mengklik kamu hanya tinggal menunggu hasilnya. Bandwith Place menawarkan hasil berupa kecepatan unduh (download), unggah (upload), dan PING.


Nah itu dia 10 cara untuk mengecek kecepatan internet wifi ataupun internet dari provider yang kamu gunakan. Kamu bisa memilih mau menggunakan aplikasi atau mengunjungi situs uji kecepatan internet. Ingat tetap jaga kesehatan selama pandemi Covid-19 ini, ya. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Tetap semangat kalau harus work from home atau pun  belajar dari rumah. Stay healthy!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Mengurangi Distraksi dan Menjadi Fokus saat Belajar

Next Post

Harga Janda Bolong Mahal

Related Posts