Trik Cerdas Hasil Fotografi Menarik Dengan Peralatan Sederhana

Masdimass.com – Siapa yang hobi foto-foto? Atau bukan hobi tapi sekedar suka kalau menghasilkan berbagai fotografi yang bagus dan enak dipandang mata. Apalagi kalau bisa di unggah ke media sosial pribadi dan dipamerkan hasil karya seni kita. Bisa meraih banyak like dan komentar positif dari followers ataupun pengguna lain yang tidak menjadi followers kita.

trik kreatif fotografi makanan

Tapi kadang kala kita berpikir untuk menghasilkan hasil foto yang menarik dan bagus memerlukan peralatan yang banyak dan mahal. Alhasil niat untuk membuat hasil karya foto yang bagus dan bisa dipamerkan di media sosial pribadi menjadi urung dilakukan. Padahal perlu diketahui loh, kalau menghasilkan foto yang unik, bagus, indah ternyata tidak harus memakai peralatan yang banyak dan mahal. Kita bisa loh menggunakan alat-alat yang dimiliki di rumah. Bahkan kita juga bisa menggunakan teknik-teknik yang sederhana, dan bisa banget kita pelajari secara otodidak.

Eits… informasi bagus nih, kegiatan fotografi ini bisa kamu lakukan hanya di rumah saja loh. Dengan adanya penyebaran virus Corona dan pemberlakuan psbb, wfh membuat kamu pasti suntuk banget di rumah kan. Kamu bisa mencoba fotografi untuk mengisi waktu. Siapa tahu kamu bisa menghasilkan foto yang menarik. Kepuasan seorang fotografer adalah ketika bisa menghasilkan foto yang baik, bagus, dan menarik. Untuk kamu yang masih pemula, bisa mencoba untuk menghasilkan foto yang menarik, tentunya dengan peralatan sederhana dan tidak mahal. Nah yukk baca trik dan tips di bawah ini ya!

    1. Gulungan kertas pada buku

Kamu bisa nih pake trik yang satu ini. Bisa bebas pakai buku apa aja ya. Caranya kamu buka bukunya lalu tekuk ke dalam kertas buku. Tapi jangan tekuk mati ya, cukup untuk kertas pada bukumu membentuk melengkung saja. Lubang yang terbentuk dari kertas bukumu yang sudah melengkung bisa kamu gunakan untuk memotret objek yang ingin kamu foto. Misalnya kamu ingin memotret sepasang kekasih, matahari tenggelam, dan lainnya. Selamat berkreasi ya!

    2. Memakai saringan

Kamu pernah lihat hasil foto di mana pada wajah model yang di potret seperti ada bayangan jaring-jaring di wajahnya? Kamu pasti berpikir apa jangan-jangan itu hasil efek pantulan jaring?  Lalu kamu berpikir ingin membuatnya juga tapi bingung harus membeli jaring di mana dan bagaimana memasang jaringnya agar menghasilkan efek yang bagus. Eits padahal untuk membuat foto dengan efek demikian bisa loh memakai peralatan di dapur.

Eh? Yang benar?

Bener banget dong. Kamu bisa pakai salah satu peralatan di dapur, yaitu saringan! Tau saringan kan? Biasanya dipakai buat menyaring ampas teh bubuk atau menyaring makanan dan minuman lainnya. Untuk kali ini kamu bisa memakai saringan yang ada di dapur kamu untuk menghasilkan foto yang memiliki efek ciamik. Nggak percaya? Coba buktikan aja. Kamu hanya tinggal mengatur tempat untuk pengambilan foto ya. Tentunya tempat yang memiliki pencahayaan yang bagus, agar hasil fotomu juga semakin ciamik.

    3. Pakai kain untuk jadi background objek

Pernah lihat hasil foto dengan objek yang di belakangnya ada latarnya? Paling sering pasti melihat hasil foto-foto dari para penjual online ataupun influencer di instagram. Kalau mereka menghasilkan foto dengan peralatan yang premium, kamu bisa loh menghasilkan foto tersebut dengan barang sederhana. Kamu bisa menggunakan potongan kain untuk menjadi background dari objek benda yang ingin kamu potret. Tapi usahakan pakai kain yang tidak bebahan lemes dan tipis ya. Supaya hasilnya benar-benar bagus. Kamu bisa pakai kain bermotif ataupun kain batik ya. Agar semakin cinta batik.

    4. Gulungan tisu

Ingin menghasilkan fotografi makro? Eits sudah pada tahu semua belum apa itu yang dimaksud dengan fotografi makro? Fotografi makro ialah fotografi yang dilakukan dengan jarak sangat dekat, dengan tujuan untuk mendapatkan detail yang sangat tinggi. Biasanya para fotografer profesional menambahkan lensa makro pada kamera dslrnya. Tapi untuk kamu yang tidak memiliki budget besar padahal ingin sekali menghasilkan fotografi mikro, pasti menambahkan lensa makro pada kameramu akan menjadi beban ya. Tapi tenang saja. Kamu tidak harus membeli lensa makro untuk menghasilkan fotografi makro. Kamu hanya perlu menggunakan gulungan tisu toilet!

    5. Gunakan kacamata

Setelah membaca artikel ini kamu akan tahu, kalau kacamata yang kamu gunakan sehari-hari itu ternyata memiliki manfaat lain. Bukan hanya untuk membantumu melihat karena efek dari minus dan silinder, dan juga bukan hanya untuk bergaya. Tapi juga memiliki manfaat lain yakni untuk menghasilkan fotografi yang bagus. Bagi kamu yang suka memfoto pemandangan langit, pemandangan kota, dan lainnya pasti tidak asing dong dengan filter. Filter sangat berpengaruh dalam menghasilkan efek foto yang berbeda. Kadang kala kita mengakalinya dengan memberikan efek filter dengan menggunakan sebuah aplikasi setelah foto berhasil dibuat. Tapi akhirnya rasanya jadi tidak natural. Nah untuk itu kamu bisa menggunakan kacamata baca atau kacamata gaya milikmu untuk menghasilkan foto dengan filter tertentu. Menarik bukan?

    6. Gunakan penguap pakaian

Kamu senang mengabadikan makanan lewat foto? Kamu bisa mencoba untuk menggunakan penguap pakaian agar makanan yang kamu potret terlihat lebuh menarik dan menggugah selera, loh. Tapi ini hanya khusus makanan-makanan yang memang tersaji dengan melalui proses dibakar, digoreng, di steam, di kukus, di oven ya. Selamat mencoba di rumah!

    7. Menggunakan kaca akuarium

Pernah lihat foto underwater yang dihasilkan oleh fotografer-fotografer profesional? Hasilnya bagus ya. Benar-benar cantik ketika bisa memotret hal-hal yang ada di bawah air. Kamu berpikir untuk menghasilkan fotografi yang sedemikian itu pasti membutuhkan kamera khusus. Kamera yang bisa bertahan di kedalaman air tertentu. Otomatis pasti harganya juga tidak main-main. Nah tapi sekarang ada trik mudahnya loh. Kamu bisa pakai akuarium kosong untuk mengakalinya. Caranya kamu hanya perlu meletakkan kamera dslr kamu atau handphone kamu di dalam akuarium kosong tersebut. Lalu kamu hanya perlu melakukan pemotretan dari balik kaca akuarium. Tapi perlu diingat ya kamu juga perlu hati-hati. Jangan sampai airnya masuk ke dalam akuarium dan akhirnya membasahi kamera dslrmu atau handphonemu.

    8. Pakai balon

Pernah lihat hasil fotografi yang menampilkan potongan kertas dengan bentuk tertentu atau dedaunan yang berterbangan? Kamu pasti bingung bagaimana cara membuatnya. Jangan-jangan harus menggunakan teknik tertentu yang pastinya sulit. Eits kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa kok memakai balon untuk menghasilkan fotografi seperti itu. Caranya ialah kamu hanya perlu memasukkan objek fotomu ke dalam balon yang mengembang. Lalu kamu angkat balon itu ke atas. Setelah siap kamu hanya tinggal menusuk balon tersebut dengan jarum agar pecah.

Nah itu dia beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan fotografi yang ciamik. Ingat tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra, ya. Kamu hanya membutuhkan peralatan sederhana yang ada di rumahmu. Dan tentunya juga membutuhkan kreativitas dan usahamu ya. Selamat mencoba dan berkreasi!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Bisnis Skema Ponzi Di Masa Pandemi

Next Post

Ide Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19

Related Posts