Ide Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19

Masdimass.com – Dampak yang diakibatkan dari pandemi Covid-19 ini memang luar biasa sekali. Gejolak krisis di sektor ekonomi menjadi salah satu yang terdampak. Hampir semua negara mengalami krisis di sektor ekonomi. Akibat dari banyaknya sektor usaha publik yang terpaksa tidak bisa beroperasi secara maksimal, atau bahkan harus tutup sementara. Krisis ini pun bukan hanya berdampak buat pengusaha saja, tapi juga masyarakat umum yang menjadi pekerja. Banyak diantara mereka yang harus dirumahkan sementara. Bahkan ada yang harus di PHK (pemberhentian hubungan kerja) karena perusahaan tempat bekerja mengalami krisis keuangan.

Ide usaha rumahan kreatif

Di Indonesia misalnya banyak toko, restoran, dan mall yang biasanya ramai pengunjung kini tampak lesu dan tidak banyak orang yang datang. Hal ini juga karena kekhawatiran masyarakat terhadap penyebaran virus Corona. Apalagi adanya fakta bahwa ada orang yang terinfeksi virus Corona tanpa menunjukkan gejala atau OTG (orang tanpa gejala). Selain itu juga adanya penelitian kalau penyebaran virus Corona di ruangan tertutup lebih masif.

Meskipun di beberapa wilayah sudah menerapkan fase adaptasi kebiasaan baru. Namun roda perekonomian belum bisa sepenuhnya kembali berputar seperti sedia kala. Pengangguran juga belum bisa sepenuhnya teratasi, walaupun pemerintah sudah berusaha keras melakukan banyak cara untuk membantu warga negaranya. Tetapi memang jumlah pengangguran efek dari pandemi Covid-19 ini memang banyak sekali. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus berpikir keras bagaimana caranya agar kondisi finansial bisa stabil. Kita harus bisa berpikir kreatif untuk bisa menyelamatkan kondisi finansial kita sendiri.

Bisnis rumahan bisa menjadi solusi dan ide terbaik untuk menyelamatkan kondisi finansial kamu. Umumnya bisnis rumahan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Kenapa? Karena bisnis rumahan tidak perlu menyewa tempat, kamu bisa melakukannya di rumah sebagai tempat produksi sekaligus tempat jualanmu (kalau kamu membuat usaha rumahan di sektor produksi sesuatu). Bisnis rumahan ini juga sangat fleksibel dan cenderung lebih aman, dibanding bisnis lainnya.

Selain kamu harus menyiapkan bahan untuk memproduksi atau membuat sesuatu untuk kamu jual, atau membeli barang-barang jika kamu ingin menjual produk-produk tertentu. Kamu hanya perlu mematangkan niatmu untuk memulai bisnis rumahan. Sebab tanpa diiringi dengan niat yang kuat, kamu akan mudah goyah ketika bisnismu mengalami kendala. Atau ketika bisnismu berada dalam posisi yang berjalan tidak sesuai dengan harapan dan keinginanmu. Tetapi ketika keinginan dan niatmu kuat, kamu pasti bisa mencari solusi dan berhasil keluar dari kendala apapun yang ada. Perlu diingat olehmu bahwa yang namanya bisnis sekalipun bisnis rumahan bukan berarti tanpa kendala dan risiko. Supaya kamu tidak salah strategi, kamu juga harus bisa menganalisa dan melihat tren produk atau barang apa yang sedang diminati masyarakat. Jangan lupa untuk menggunakan koneksimu ya, seperti teman, keluarga, hingga saudara untuk mempromosikan bisnismu pertama kali ya. Sebab testimoni itu sangat penting dalam dunia bisnis.

Berikut ada ide bisnis rumahan di tengah pandemi Covid-19 yang bisa dicoba. Yuk simak ide bisnis rumahan berikut ini, ya!

    1. Bisnis Masker Kain

Selama pandemi Covid-19 masker menjadi barang primadona yang banyak dicari oleh orang-orang. Kewajiban untuk memakai masker dengan alasan demi meminimalisasi terkena cipratan droplet dari orang yang terinfeksi dengan gejala atau tanpa gejala. Masker kesehatan yang cenderung mahal dan ada di beberapa wilayah yang mengalami kelangkaan masker kesehatan. Akhirnya membuat banyak orang beralih menggunakan masker kain. Nah bisnis masker kain bisa menjadi ide untuk bisnis rumahan kamu. Kamu bisa menjadi reseller dari produsen masker kain. Atau kamu juga bisa memproduksi sendiri masker kain. Kalau kamu memproduksi sendiri, ingat masker kain yang aman dan baik adalah yang terdiri dari 3 ply ya. Coba menjual masker kain yang bermotif, apalagi kalau yang kamu jual motifnya bagus, menarik, atau lucu. Tapi perlu diingat ya bukan hanya motif yang bagus dan menarik, kamu tetap juga harus memperhatikan kualitas masker kain yang kamu jual ya. Kualitas masker kain harus memiliki kualitas yang baik, agar pembeli tidak kecewa.

    2. Bisnis Frozen Food

Di era modern sekarang ini, frozen food (makanan beku) tengah naik daun di tengah masyarakat. Banyak orang yang memilih frozen food untuk menjadi stok makanan siap saji di rumah. Hal ini dikarenakan varian dari frozen food yang beragam, dan juga frozen food sangat mudah dan cepat untuk dimasak. Ada frozen food yang bisa menjadi pilihan lauk untuk anak dan keluarga di rumah. Ada pula frozen food yang bisa menjadi stok cemilan di rumah. Populernya bisnis frozen food ini kamu tidak membutuhkan banyak tenaga karena mudah dilakukan. Selain itu bisnis ini juga sangat menjanjikan, loh. Kamu bisa menjadi reseller dari berbagai produk frozen food lalu menjualnya. Atau kalau kamu memang pintar memasak, kamu juga bisa bikin frozen food sendiri di rumah. Ingat tetap perhatikan kualitas dan pelayanan yang baik ya!

    3. Jasa Privat

Sejak virus Corona menjangkit banyak orang, pemerintah menerapkan pemberlakuan pembelajaran jarak jauh (pjj) bagi siswa maupun mahasiswa. Hal ini tentunya untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona di lingkungan sekolah dan universitas, agar jumlah orang yang terjangkit tidak semakin membludak. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh, anak-anak menjadi harus belajar dari rumah melalui media zoom, misalnya. Guru hanya bisa menjelaskan materi di waktu terbatas dan tempat yang terbatas. Hasilnya menjadi kurang optimal karena anak-anak bukan berada di depan guru langsung. Oleh karenanya orang tua di rumah perlu mendampingi anak selama belajar dari rumah. Tapi masalahnya tidak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar dari rumah. Tentunya dengan berbagai alasan, diantaranya tidak semua orang tua bisa mengajari anak mereka pelajaran sekolah.

Terkait kondisi ini, membuka jasa guru privat pelajaran sekolah bisa menjadi peluang, loh. Bisnis rumahan tidak melulu harus menjual barang atau produk, ya. Tapi kamu juga bisa menyediakan jasa. Tapi ingat ya tetap terapkan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

    4. Produk Antibakteri

Selain masker, produk antibakteri juga menjadi primadona di tengah pandemi Covid-19 ini. Efek dari pandemi, kita jadi semakin memperhatikan kebersihan diri. Akibatnya tidak mengherankan tingkat konsumsi produk pembersih seperti hand sanitizer dengan kandungan antibakteri pun menjadi meningkat. Apalagi adanya anjuran pemerintah untuk selalu membawa hand sanitizer atau produk antibakteri lainnya ketika berpergian. Nah hal ini bisa menjadi peluang dan ide untuk memulai bisnis rumahan. Kamu bisa menjadi reseller produk kesehatan antibakteri. Tapi perlu diingat ya kamu tetap harus memperhatikan apakah produk yang kamu jual benar-benar aman dan efektif.

5. Jasa Fotografer Virtual

Kamu memiliki keahlian dalam bidang fotografi? Ide bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki keahlian fotografi, loh. Karena efek pandemi Covid-19 banyak orang yang menjadi enggan melakukan pemotretan di studio. Apalagi kalau pemotretan keluarga yang di mana ada anak-anak dan bayi. Oleh karenanya selama pandemi Covid-19 ini banyak orang yang memilih melakukan pemotretan secara virtual.

6. Jamu Herbal

Selain masker kain dan produk kesehatan antibakteri, tampaknya jamu herbal juga menjadi primadona di tengah pandemi Covid-19. Rasa percaya masyarakat pada jamu herbal bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh, bila dikonsumsi secara rutin. Membuat produk jamu herbal banyak diburu masyarakat. Supaya kualitas jamu herbal yang kamu jual tetap terjamin, disarankan untuk melakukan penjualan dengan sistem pre-order.

Nah itu tadi berbagai ide bisnis rumahan yang bisa kamu pilih. Untuk memasarkan bisnis rumahan kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan sarana media teknologi. Apalagi di era sekarang semua serba digital. Kamu bisa memasarkan melalui media sosial ataupun platform-platform berbasis digital. Selamat berbisnis!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Trik Cerdas Hasil Fotografi Menarik Dengan Peralatan Sederhana

Next Post

Waktu Terbaik Untuk Belajar Pada Anak

Related Posts