7 Olahraga di Rumah agar Tubuh Tetap Sehat

Masdimass.com – Semenjak virus Corona merebak di Indonesia, pemerintah mengambil keputusan membatasi pergerakan masyarakat di luar rumah. Hal ini tentunya untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona yang semakin masif. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah salah satu keputusan yang diambil oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Selain itu memberikan kewajiban masyarakat untuk work from home (wfh) dan anak sekolah untuk sekolah di rumah juga ditempuh.

Olahraga di rumah untuk pemula

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Cara untuk menjaga imunitas ini bisa dilakukan dengan cara berolahraga, mengkonsumsi vitamin, dan makan minuman yang sehat bergizi. Namun kalau hanya mengkonsumsi vitamin dan makanan serta minuman sehat dan bergizi saja tidaklah cukup. Perlu diimbangi juga dengan berolahraga. Masalahnya sejak merebaknya virus Corona segala kegiatan outdoor harus dikurangi. Padahal kegiatan olahraga identik dengan kegiatan outdoor.

Olahraga outdoor menjadi salah satu kegiatan olahraga yang paling diminati oleh semua orang, selain berolahraga di tempat gym. Alasannya bervariasi ada yang karena bisa sekalian refreshing, bisa mencari udara segar, bisa menikmati alam terbuka, dan lainnya. Tetapi karena adanya psbb ini dan anjuran dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar, pastinya olahraga outdoor menjadi kurang efektif dilakukan. Olahraga di tempat gym juga bukannya menghindari kita dari kekhawatiran akan terjangkit virus. Seperti yang diketahui bersama, para peneliti pernah mengatakan ruang tertutup sangat rentan jadi tempat penyebaran virus Corona, apalagi kalau ruangan tersebut tidak ada sirkulasi udara yang baik.

Karena itu olahraga di rumah bisa menjadi solusi untuk bisa tetap berolahraga. Selain itu olahraga di rumah memang bisa kamu gunakan untuk mengisi waktu selama di rumah saja kan, jadi tidak suntuk dan bingung. Nah kalau kamu bingung olahraga apa saja yang bisa dilakukan di rumah, kamu bisa lihat artikel di bawah ini. Sebelum berolahraga pastikan kamu sudah melakukan pemanasan, ya. Sebab pemanasan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika akan berolahraga. Dengan pemanasan, kamu bisa mengurangi risiko cedera. Selain itu pemanasan juga bisa melancarkan peredaran darah.

    1. Yoga

Olahraga yoga bermanfaat untuk melatih kekuatan, fleksibilitas, pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Kamu bisa mengikuti panduan dari video yang ada di channel youtube, karena di sana banyak profesional-profesional yang mengunggah video yoga. Selain lewat video di youtube kamu juga bisa menginstal aplikasi yang menyediakan latihan yoga. Yoga bisa dilakukan oleh siapapun tidak ada batasan usia.

    2. Push up, sit up, dan back up.

Aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya ialah push up dan sit up. Aktivitas push up ini sangat bermanfaat untuk mengencangkan otot lengan, otot perut, kekuatan tulang, kekuatan otot dada, dan menyeimbangkan tubuh. Back up berfokus untuk melatih otot perut dan otot punggung, Untuk cara berolah raga push up, sit up, dan back up yang baik kamu bisa mencari video di youtube. Ketiga olahraga ini termasuk salah satu yang mudah dan bisa kamu lakukan di rumah.

    3. Zumba

Zumba atau yang biasa dikenal senam zumba merupakan rangkaian senam jantung yang menyenangkan dan mudah diikuti. Gerakan dari senam zumba ini mengkombinasikan gerakan aerobik dengan tarian yang diiringi paduan musik dan internasional. Manfaat dari zumba selain membakar kalori, mengencangkan otot-otot tubuh, dan membentuk tubuh yang ideal, juga bisa membuat suasana hati menjadi senang. Sebab olahraga yang memadukan musik dengan tarian, bisa membuat kita olahraga sambil bergoyang, sehingga tidak bosan.

    4. Lompat tali atau skipping

Lompat tali atau skipping menjadi olahraga selanjutnya yang bisa kamu lakukan di dalam rumah. Olahraga ini bisa memberikan manfaat dalam melatih kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan mengembangkan kekuatan otot secara maksimal. Olahraga ini bisa menjadi salah satu cara untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan kebugaran tubuh kamu. Kalau di rumah kamu tidak punya tali skipping kamu bisa kok mengakalinya dengan membuat sendiri. Kamu bisa merangkai karet gelang yang biasa digunakan untuk mengikat bungkusan itu, kamu rangkai hingga membentu tali. Selamat mencoba ya!

    5. Angkat beban

Olahraga angkat beban sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot. Tidak perlu jauh-jauh ke tempat gym untuk melakukan olahraga yang satu ini, ya. Kamu bisa banget lakukan olahraga ini di rumah. Bahkan kalau kamu tidak memiliki dumbell pun, kamu masih bisa tetap berolahraga yang satu ini. Caranya kamu bisa menggunakan dua buah botol yang diisi air. Besaran ml nya bisa kamu sesuaikan dengan batas maksimal yang kamu bisa. Akan tetapi jika ini pertama kalinya kamu melakukan aktivitas angkat beban, kamu bisa menggunakan dumbell atau botol yang diisi air dengan berat yang teringan dulu sebagai pemanasan. Baru nanti bertahap naik ke berat yang lebih lagi.

    6. Lari atau berjalan

Aktivitas lari atau berjalan merupakan olahraga yang termasuk paling diminati banyak orang. Selain karena mudah dilakukan, juga karena tidak membutuhkan biaya tertentu atau tambahan alat tertentu. Walaupun banyak yang menggunakan treadmill sebagai alat penunjang untuk melakukan olahraga ini. Tapi kamu bisa kok tidak menggunakan treadmill bila memang tidak mempunyai di rumah. Kamu bisa berlari-lari kecil di teras rumahmu. Atau kalau teras rumahmu kecil, kamu bisa lari bolak-balik di depan rumahmu. Olahraga ini sangat bermanfaat dalam membakar kalori kamu dan tentunya sangat menyehatkan.

    7. Plank

Plank merupakan salah satu olahraga selanjutnya yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain itu gerakannya pun sangat mudah untuk dilakukan. Tidak ada perbedaan gerakan untuk pria maupun wanita. Olahraga yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi untuk berolahraga dengan sederhana, hemat waktu, hemat biaya, tapi menghasilkan hasil yang nyata. Untuk kamu yang mempunyai lingkar perut yang besar dan berniat ingin mengecilkannya. Kamu bisa banget coba olahraga yang satu ini, ya. Sebab plank bisa membakar lemak perut dan membuat perut lebih rata dalam hitungan minggu. Ingat kan kalau tubuh yang sehat dan imunitas yang terjaga sangat berguna untuk menjaga tubuh kita terjangkit virus Corona? Nah olahraga plank ini juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk kamu yang belum terbiasa melakukan olahraga ini, kamu bisa terlebih dahulu melakukannya dalam waktu 30 detik. Lalu kemudian bisa kamu ulangi dengan 2-3 kali pengulangan.

Nah itu tadi olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan di rumah. Daripada suntuk dan bosan, kamu bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga ya. Ingat olahraga tidak perlu mahal dan tidak perlu membeli. Kamu bisa melakukan kegiatan di atas dengan menggunakan alat-alat yang ada di rumah. Kamu bisa mengkombinasikan kegiatan-kegiatan di atas, agar olahragamu setiap harinya lebih bervariasi ya, dan tubuh juga semakin bugar. Selamat mencoba! Dan selamat berolahraga!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tips Cerdas Belanja Online Disaat Pandemi Covid-19

Next Post

Bisnis Skema Ponzi Di Masa Pandemi

Related Posts