Kata Siapa Matematika Sulit Dipahami? Ikuti Tips Belajar Matematika Berikut Ini!

Masdimass.com – Siapa diantara kamu yang bilang kalau matematika itu pelajaran yang sulit? Banyak orang yang bilang matematika adalah pelajaran sulit, tidak menyenangkan, banyak hitungannya, dan rumusnya juga banyak. Padahal sebenarnya tidak loh. Matematika juga sama dengan pelajaran lain yang kamu anggap tidak sulit. Sulit atau tidaknya sebuah pelajaran hanya tergantung dari mindset seseorang dan kemauan dari seseorang untuk belajar lebih. Dan perlu kamu tau, loh kalau matematika itu banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

tips belajar matematika agar cepat paham

Kunci utama dari bisa memahami matematika sebenarnya sederhana, loh. Kamu hanya perlu memperhatikan dengan sunguh-sungguh penjelasan yang diberikan oleh guru matematikamu, menghapalkan rumus-rumus, dan giat berlatih mengerjakan soal-soal matematika dengan variasi tingkat kesulitan. Kalau kamu melakukan ketiga hal itu, dijamin kamu lama-kelamaan bisa di pelajaran matematika. Dan tidak akan lagi kamu menilai matematika adalah pelajaran sulit.

Akan tetapi jika kamu masih tetap tidak bisa memahami pelajaran matematika, dan masih merasa kesulitan dalam belajar matematika. Yuk ikuti tips di bawah ini!

    1. Perhatikan guru saat sedang mengajar

Hayooo siapa yang kalau belajar matematika di kelas atau lewat zoom malah mengantuk? Nah mulai sekarang berusaha jangan mengantuk ya. Dalam belajar matematika dibutuhkan konsentrasi penuh, supaya bisa mengerti dan memahami dengan betul pelajaran yang diberikan. Kalaupun saat guru mengajar, ada yang tidak kalian mengerti langsung tanyakan kepada guru yang bersangkutan ya. Jangan takut bertanya, sebab ingat pepatah “takut bertanya sesat di jalan”. Nah kalau sampai sesat di jalan pada pelajaran matematika bisa bahaya, karena kamu bisa semakin tidak mengerti sama matematika. Alhasil ketika ujian, nilaimu tidak bagus.

    2. Ubah mindset tentang matematika

Tahu banget nih kalau ngantuk di kelas matematika biasanya karena mindset mu tentang matematika ialah pelajaran yang menyebalkan, pelajaran sulit, dan lain-lain. Coba deh ubah mindset kamu soal matematika. Kamu bisa ubah dengan berpikir bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan atau pelajaran yang menantang bak berusaha memecahkan teka-teki. Dengan mindset yang berubah seperti itu, yakin deh kamu tidak bakal ngantuk di kelas. Kamu juga bisa lebih terpacu untuk semakin semangat untuk berusaha keras memahami rumus matematika.

    3. Selalu mengulang pelajaran yang di dapat

Ada pepatah yang mengatakan demikian, “Kita bisa karena terbiasa”. Nah itu persis sama dengan matematika, karena sebenarnya matematika tidak sulit-sulit amat. Jika kamu terbiasa berlatih dan belajar pasti bisa. Nah ketika kamu baru dapat pelajaran atau materi baru dari gurumu, setelah selesai pelajaran kamu harus mengulang kembali materi itu sendiri. Karena dengan mengulang materi, kamu bisa semakin memahami materi tersebut. Mengulang materi akan sangat membantu untuk mengingat. Materi apapun jika tidak diulang dan dibiarkan menguap begitu saja, akan cepat terlupakan.

    4. Cobalah untuk menyusun rumus dengan rapi dan menarik

Tips selanjutnya berguna banget nih buat kamu yang lagi mengulang kembali materi yang sudah di dapat. Dari materi yang di dapat kan pasti ada rumus-rumus baru. Kamu bisa mencoba untuk menyusun ulang atau menulis kembali rumus-rumus tersebut. Eh tapi jangan tulis begitu saja, kamu harus coba menulisnya dengan rapi dan menarik, baiknya di sebuah buku yang dikhususkan untuk kumpulan rumus matematikamu sendiri. Di dalam buku itu kamu bisa menulis rumus-rumus itu menurut kreativitasmu sendiri. Kamu bisa membuat rumus dengan memberikan gambar, ilustrasi, atau dengan berbagai macam warna-warna. Sebab biasanya belajar akan lebih mudah bila materi yang dipelajari tidak monoton bentuknya. Selain itu dengan kamu menulis kembali rumus itu dan menyusunnya dengan kreativitasmu, kamu jadi semakin sayang dan semangat pada rumus matematika. Karena ternyata rumus matematika itu indah.

    5. Pahami konsepnya

Nah karena pelajaran matematika itu berbeda banget dengan pelajaran hafalan, hanya menghapalkan rumus saja tidak cukup, loh. Kamu harus memahami konsep maksud dari rumus tersebut. Bocorannya nih, kalau kamu bisa memahami konsep dari rumus itu, maka otomatis dengan sendirinya kamu akan hapal dengan rumus-rumusnya. Sehingga kamu bisa deh mengerjakan soal matematika dengan tingkat kesulitan apapun.

    6. Belajar bersama

Kalau dirasa belajar sendiri tidak membawa perubahan apapun. Dan kamu malah semakin butek otaknya dan semakin tidak mengerti dengan matematika. Cobalah untuk belajar bersama dengan temanmu. Coba minta temanmu yang pintar matematika, lalu ajak dia untuk belajar bersamamu. Dengan begitu, kalian bisa berdiskusi bersama. Biasanya sesuatu yang dipelajari bersama-sama akan terasa menyenangkan, dan otak menjadi rileks sehingga materi yang sedang dipelajari menjadi lebih mudah masuk.

    7. Tonton video pembelajaran matematika

Di era digital seperti sekarang ini, sudah banyak loh channel di youtube ataupun berbagai platform, yang menyediakan video pembelajaran dengan penyampaian yang lebih menarik dan mudah dimengerti. Kamu bisa mencoba salah satu di antaranya. Hal ini bisa menjadi salah satu caramu untuk bisa lebih memahami matematika. Sebab biasanya dalam video pembelajaran tersebut, matematika akan dijelaskan dengan gambar-gambar dan ilustrasi yang menarik.

    8. Beli atau unduh latihan soal

Untuk tips ini buku latihan soal jangan hanya dibeli saja lalu tidak dikerjakan ya. Bagaimana mau bisa kalau kamu tidak pernah rajin latihan soal. Dengan kamu rajin selalu latihan soal, kamu akan menjadi terbiasa dengan bentuk soal apapun. Dari tingkat kesulitan yang biasa sampai yang sulit. Kamu juga bisa menjadi tahu berbagai macam variasi soal. Siapa tahu nanti ketika ulangan atau ujian soal yang diberikan gurumu ada salah satunya tipe soal yang sudah pernah kamu kerjakan dari latihan soal. Sangat membantu sekali kan pastinya, kamu akan lebih mudah mengerjakan soal dari gurumu dibanding teman-temanmu.

    9. Jangan putus asa!

Putus asa adalah penyakit yang biasanya menyerang seseorang yang sedang berusaha mendapatkan sesuatu lalu gagal dan akhirnya putus asa karena merasa tidak bisa. Padahal seperti pada tips sebelumnya tadi, anggaplah matematika sebagai sesuatu hal yang menantang bak memecahkan teka-teki. Nah kalau berpikir bahwa matematika adalah sebuah teka-teki yang harus dipecahkan, maka tidak akan ada rasa putus asa. Semakin tidak bisa, maka semakin tertantang untuk bisa memecahkan. Saat kamu mengalami kesulitan untuk memecahkan soal matematika, jangan pernah mengatakan pada dirimu sendiri AKU TIDAK BISA. Solusi terbaik ialah coba untuk bertanya pada gurumu atau temanmu yang lebih memahami soal matematika tersebut. Sambil diiringi dengan mengatakan kepada diri sendiri AKU PASTI BISA. Berilah semangat pada diri kita, agar kita mampu untuk melaluinya. Jangan menyerah belajar matematika, ya,

Nah, dari tips-tips tersebut bisa kamu gunakan ketika mengalami kesulitan untuk belajar matematika. Ingat, matematika itu sebenarnya tidak sulit alias mudah. Kamu hanya butuh mengatakan pada dirimu sendiri “Aku bisa matematika!” sehingga kita akan lebih percaya diri. Selamat belajar matematika!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

9 Tips Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

Next Post

Tips Cerdas Belanja Online Disaat Pandemi Covid-19

Related Posts