Coba Kegiatan Ini Agar Kamu Tetap Produktif Walau Harus Di Rumah Aja Karena Covid-19

Masdimass.com – Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia pertama kali terdeteksi pada awal bulan Maret silam. Sejak saat itu jumlah kasus orang yang terpapar Covid-19 kian hari semakin bertambah. Dari yang awalnya hanya tiga orang, sekarang sudah menjadi 267 ribu lebih. Bahkan tampaknya masih akan terus bertambah, seiring masih banyaknya zona merah di seluruh daerah Indonesia. Selain itu juga masih mengabaikan dan tidak patuhnya banyak orang terhadap himbauan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Kegiatan Produktif di Rumah

    Kasus positif Covid-19 yang kian hari semakin meningkat, berimbas pada aktivitas masyarakat. Imbasnya adalah pemerintah memberikan batasan pada aktivitas masyarakat. Dari dimulai adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), physical distancing (pembatasan sosial), sampai anjuran untuk bekerja dan sekolah dari rumah. Semua imbauan itu merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

    Satu atau dua bulan beraktivitas dari rumah saja, tanpa keluar rumah sering-sering kemungkinan masih bisa ditolerir dan masih merasa enjoy. Tapi ketika harus beraktivitas dari rumah melulu selama berbulan-bulan, apa yang Anda rasakan? Apakah masih merasa enjoy? Apakah masih happy walau tidak bisa bebas berjalan-jalan dan kumpul-kumpul di luar rumah? Apakah tidak merasa suntuk sepanjang hari melakukan aktivitas dari rumah? Semoga masih merasa enjoy dan bahagia, walau aktivitas menjadi terbatas.

    Menengok media sosial, banyak orang yang mengeluh karena merasa bosan dan jenuh harus di rumah saja. Tidak tahu harus melakukan apa, aktivitas dan kegiatan serasa monoton, dan akhirnya jadi mati gaya. Padahal salah satu kunci utama agar badan terhindar dari serangan Virus Corona ialah kondisi badan yang selalu fit dan sehat. Badan yang sehat tidak hanya di dapat dari hasil konsumsi makanan dan minuman sehat, olahraga, dan tidur yang cukup saja. Tetapi juga di dapat dari mental yang sehat dan perasaan bahagia. Nah, kalau pikiran suntuk, jenuh, perasaan bosan dan tidak bahagia, imbasnya bisa membuat kita tidak enak makan, susah tidur. Akhirnya membuat tubuh menjadi rentan terserang virus. Dari kondisi ini, alhasil beberapa orang curi-curi kesempatan untuk bisa keluar rumah. Kalau keluar rumah tetap memperhatikan protokol kesehatan tidak masalah. Akan tetapi kalau keluar rumah tidak pakai masker, ditambah lagi tidak menerapkan jaga jarak jelas bahaya sekali, bukan?

    Semakin banyak orang yang patuh pada protokol kesehatan, mudah-mudahan badai pandemi ini segera berakhir. Nah, sambil menunggu badai pandemi covid-19 berakhir daripada stres suntuk di rumah yang malah membuat kita jadi melanggar imbauan dan tidak memperhatikan protokol kesehatan. Alangkah lebih baiknya kalau memikirkan cara kreatif untuk mengisi waktu untuk bisa lebih produktif selama di rumah saja, loh. Ada berbagai alternatif cara yang bisa dilakukan, agar kita bisa tetap berkarya, produktif, dan berkreasi walau hanya dari rumah saja. Untuk itu beberapa cara tersebut, diantaranya

    1. Bermain games

    Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan selama di rumah saja, karena efek pandemi covid-19. Salah satu diantaranya ialah bermain games. Yap, siapa coba di sini yang tidak suka bermain games. Tua, muda, anak-anak, orang tua, laki, perempuan pasti suka bermain games. Permainan yang bisa dimainkan juga bisa apa saja ya. Bisa permainan modern yang ada di gawai, laptop, konsol game, dan alat-alat permainan modern lainnya. Tetapi bisa juga bermain permainan jadul seperti ular tangga, permainan monopoli, halma, puzzle, congklak, UNO, dan lain-lain.

    Permainan seperti ini cocok sekali bila dimainkan bersama seluruh anggota keluarga di rumah. Makin banyak pesertanya, maka makin seru permainannya. Untuk menambah keseruan bisa ditambahkan ‘hukuman’ bagi yang kalah. Misalnya kalau kalah maka harus minum segelas air putih, atau mukanya dicoret dengan bedak. Selain bisa menghilangkan rasa jenuh dan rasa bosan, tentunya kegiatan seperti ini bisa menambah keakraban hubungan keluarga.

    2. Belajar Masak

    Kalau selama ini kamu adalah orang yang tidak pernah bisa masak dan tidak punya waktu untuk berkutat di dapur. Maka saat ini adalah saat yang tepat untuk mencoba hal itu, yakni belajar masak. Di era modern seperti sekarang ini belajar masak tinggal lihat video di youtube, maka resep dan rincian bahan-bahan yang harus disiapkan terlihat jelas. Di masa pandemi seperti sekarang ini, masak sendiri di rumah bukan hanya karena lebih sehat, tapi juga bisa menghemat pengeluaran, loh. Coba saja bandingkan pengeluaran makan satu hari bila beli di luar rumah dengan bila masak sendiri. Pasti biayanya jauh lebih murah bila masak sendiri di rumah.

    Masak sendiri pun juga bisa menyesuaikan dengan selera seluruh anggota keluarga di rumah, loh. Variasi makanan yang bisa dihidangkan juga bisa disesuaikan. Bisa juga dicoba masak bersama pasangan di rumah. Misal membuat donat, karena di era sekarang ada frozen donut maka itu bisa disiapkan di rumah. Selebihnya tinggal di goreng lalu dihias bersama. Kegiatan seperti ini juga bisa menambah keharmonisan keluarga. Bisa dicoba ya di rumah.

    3. Membuat Kerajinan dari Barang yang Sudah Tidak Terpakai

   Kegiatan membuat kerajinan ini bisa menjadi salah satu alternatif jitu dalam menghilangkan suntuk dan membangkitkan gairah kreatifitas. Kenapa? Karena dengan membuat kerajinan kita secara tidak langsung akan menuntut diri kita untuk berkreasi. Bagaimana caranya dengan bahan yang berasal dari barang yang sudah tidak terpakai bisa disulap menjadi barang yang berguna. Rasa jenuh dan suntuk pun menjadi hilang, dan terganti dengan rasa bahagia ketika barang tersebut berubah menjadi barang baru yang memiliki fungsi yang baru pula.

    Apakah kegiatan seperti ini harus dengan membuat kerajinan yang sulit? Tidak perlu dan tidak usah. Karena tutup botol saja kalau dikumpulkan bisa menjadi kreasi kerajinan, loh seperti membuat hiasan bunga dari tutup botol. Sedangkan bagian badan botolnya juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan lain. Misalnya membuat tempat pensil berkarakter, pot tanaman gantung dari botol bekas, kendaraan mainan dari botol bekas, dan masih banyak lagi. Loh satu barang bisa menjadi dua jenis kerajinan, kan. Kegiatan membuat kerajinan ini bisa melibatkan anak-anak di rumah loh. Tentunya tetap dalam pengawasan orang tua, dan penggunaan alat-alat seperti cutter, lem, gunting, hendaknya dilakukan oleh orang tua atau orang dewasa. Kegiatan membuat kerajinan dengan mengajak anak-anak bisa menjadi ajang melatih kreatifitas mereka. Bisa dicoba ya.


    4. Berolahraga

    Sebelumnya sudah dikatakan bahwa salah satu cara untuk mencegah badan terjangkit Virus Corona ialah menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Oleh karenanya berolahraga secara rutin bisa menjadi salah satu cara membuat tubuh tetap fit. Di samping juga tetap menjaga pola makan, pola tidur, makan-makanan yang bergizi, dan minum vitamin.

    Oleh karena adanya imbauan bekerja dari rumah, pastinya waktu luang yang dimiliki sedikit lebih banyak dari biasanya ya. Maka kegiatan olahraga bisa menjadi pilihan berikutnya untuk mengisi waktu luang. Olahraganya pun dilakukan tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat gym, kok. Berolahraga di rumah saja juga bisa, seperti push up, sit up, back up, jumping jack, leg lift, squat, angkat beban. Jangan lupa ajak keluarga untuk olahraga bersama. Namun ketika olahraga bersama ada baiknya untuk memperhatikan kondisi usia anggota keluarga, agar bisa memilih jenis olahraga apa yang tepat bagi seluruh anggota. Selamat berolahraga!

    5. Mengikuti Pelatihan Melalui Kelas Daring (Online)

    Tips terakhir ini barangkali bisa menjadi tips paling jitu, nih. Selain bisa menghilangkan perasaan jenuh dan bosan karena di rumah saja, juga bisa semakin menambah skill kita. Caranya yakni dengan mengikuti pelatihan melalui kelas daring. Akhir-akhir ini banyak platform-platform yang menyediakan kelas pelatihan daring untuk meningkatkan skill dalam berbagai bidang. Bila selama ini kamu memiliki keinginan untuk menambah skill belajar bahasa, bercocok tanam, merajut, melukis, membuat animasi, membuat kopi ala barista maka sekarang waktu yang tepat. Daripada waktu luang terbuang sia-sia, lebih baik digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

    Nah itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan selama di rumah saja. Tetep jaga kesehatan, jalani protokol kesehatan, tetap bahagia, dan tetap berpikir kreatif agar hidup lebih bermanfaat. Selamat mencoba ya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tips Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Agar Anak Tidak Merasa Bosan

Next Post

Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak Bagi Pemula

Related Posts