Tips Mewujudkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Tips Mewujudkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil  Modal memang menjadi salah satu unsur penting dalam merintis sebuah usaha. Namun mewujudkan peluang usaha dengan model kecil bukan hal yang mustahil, selama Anda mampu menutupi keterbatasan modal tersebut dengan mendongkrak sisi yang lain. Dengan kata lain, modal memang penting, tapi bukan segala-galanya.

Usaha dengan Modal Kecil



Untuk menutupi keterbatasan modal, berikut tips dalam merealisasikan peluang usaha dengan model kecil:

Tips Mewujudkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil


Matangkan Konsep Usaha
Tentukan usaha yang akan Anda rintis, dan pelajari dengan sungguh-sungguh usaha tersebut sampai Anda benar-benar menguasainya secara total. Tetaplah fokus  pada usaha tersebut sambil terus menggali informasi dan pengetahuan tentangnya dengan tidak memikirkan usaha lainnya. Dengan penguasaan secara total terhadap usaha yang akan dirintis, maka saat memulai usaha, konsep yang Anda bangun akan benar-benar matang, sehingga dapat menekan beberapa pos biaya untuk mengatasi minimnya modal.

Perbudak Diri Sendiri
Seberapapun modal yang Anda miliki, bekerja keras memang merupakan suatu keharusan jika Anda memutuskan untuk berwirausaha. Namun usaha yang menggunakan modal kecil mengharuskan kerja keras yang harus Anda lakukan menjadi lebih berlipat. Artinya, pekerjaan apapun yang terkait dengan usaha yang Anda rintis, sepanjang masih mampu Anda kerjakan sendiri, maka hindari untuk menyuruh orang lain. Hal ini dengan maksud untuk menekan cost yang diperuntukkan bagi karyawan.

Gaji Diri Sendiri
Tempatkan diri Anda sebagai manager sekaligus karyaran di perusahaan yang Anda rintis. Sehingga waktu dan tenaga yang Anda keluarkan untuk menangani perusahaan tersebut juga harus dihargai. Dengan kata lain, laba yang diperoleh dari usaha tersebut, sebagian harus dipotong untuk menggaji diri Anda, dan jika perusahaan kekurangan modal, maka gaji yang Anda terima ditanamkan lagi sebagai modal perusahaan. 

Senantiasa Mencari Alternatif

Untuk dapat mewujudkan peluang usaha dengan model kecil Anda harus memacu kreatifitas dengan selalu mencari alternatif guna menyiasati keterbataan modal, ibarat pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Jadi Anda harus senantiasa membuat alternatif dari setiap  keputusan yang mengharuskan perusahaan mengeluarkan biaya. Diantara alternatif yang ada tersebut, pilih yang membutuhkan biaya paling murah, bila perlu gratis. 

Manjakan Customer dengan Pelayanan yang Terbaik
Karena modal yang terbatas, usaha yang Anda bangun mungkin kalah dari sisi fasilitas dan sarana prasarana dibandingkan dengan para kompetitor. Namun keterbatasan fasilitas tersebut bukan suatu alasan untuk kalah dalam bersaing. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer, seperti sikap dan tutur kata yang ramah dan menyenangkan, waktu pengerjaan yang lebih cepat, hasil yang memuaskan, dan jenis pelayanan verbal lainnya, akan memberikan nilai lebih bagi usaha  yang Anda rintis sehingga akan tetap dapat bersaing dengan para kompetitor yang bermodal besar. 

Perlakukan Vendor dan Suplier dengan Baik
Untuk dapat merealisasikan peluang usaha dengan model kecil, tidak cukup hanya kepada customer saja perlakuan yang baik tersebut Anda berikan, tapi juga kepada vendor dan suplier. Dengan membangun komunikasi dan koneksi yang baik dengan mereka, maka berbagai kemudahan akan bisa Anda peroleh, seperti memberikan diskon yang lebih besar, ongkos kirim gratis, serta yang lain. Bahkan, jika hubungan dengan mereka terjalin dengan baik, keterlambatan dalam pembayaran pun akan dapat mereka pahami. 

Bangun Rasa Percaya Diri
Terakhir yang paling penting dari keseluruhan langkah yang ada adalah membangun rasa percaya diri bahwa untuk mewujudkan usaha yang sukses dengan modal terbatas bukan hal yang mustahil sepanjang Anda memiliki sikap disiplin, bekerja keras, serta kemauan yang kuat. 

Demikian tips yang harus dilakukan dalam mewujudkan peluang usaha dengan model kecil.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara Lengkap Cek Saldo Di Rekening Bank BNI Terbaru

Next Post

Cara Melamar Kerja Yang Baik Dan Benar

Related Posts