Tips Membeli Laptop Baru Untuk Mahasiswa

Tips Membeli Laptop Baru

Masdimass.com – Sebagai mahasiswa tentunya kita wajib dituntut untuk selalu bisa berpikir secara idealis dan tentunya realistis. Salah satunya dalam hal memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Gadget tersebut meliputi smartphone hingga laptop.

Tentunya dalam hal memilih laptop bagi mahasiswa pastinya spesifikasi yang ditawarkan harus sepadan dengan pekerjaannya. Seperti halnya seorang mahasiswa jurusan yang berhubungan dengan multimedia, maka laptop yang ditawarkan harus mempunyai keunggulan dalam hal mendesain maupun rendering video. Kemudian bagi mahasiswa mengambil jurusan programming, maka laptop yang cocok bagi mereka haruslah mempunyai kelebihan dalam hal keyboard yang empuk dan layar yang lebar. Lalu untuk mahasiswa yang lainnya, mungkin harus menyesuaikan dengan tugas kalian.

Tahukah kalian bahwa saat ini banyak sekali merk laptop yang memberikan sebuah laptop yang dikhususkan untuk melakukan pekerjaan yang termudah hingga yang terberat. Hal ini dikarena dengan banyak nya permintaan konsumen yang menginginkan laptop sesuai dengan standart kebutuhan mereka.

Tak hayal banyak vendor – vendor laptop yang membuat laptop yang benar – benar sesuai dengan setiap pekerjaan. Bagi orang yang awam tentang masalah laptop tentunya akan bingung sekali dalam hal memilih laptop mana saja yang cocok. Kalian tenang saja tidak perlu khawatir, karena disini admin akan memberikan beberapa tips membeli laptop bagi kalian mahasiswa yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan.

Oke langsung saja ini dia tips membeli laptop baru untuk mahasiswa berikut ini.

Tips Membeli Laptop Baru Untuk Mahasiswa

1. Perhatikan Budget

Tips yang pertama yang paling penting sebelum membeli laptop bagi seorang mahasiswa tentunya adalah budget. Ya, untuk hal ini setiap orang pasti memiliki kemampuan yang berbeda – beda. Budget merupakan hal yang sering menjadi permasalahan dalam membeli sesuatu. Sebaiknya kalian harus lebih bijak lagi dalam membeli laptop, mungkin bagi mahasiswa untuk laptop harga 3 jutaan sampai 4 jutaan sudah cukup untuk melakukan pekerjaan yang ringan. Tetapi jika mempunyai budget yang cukup banyak disarankan agar membeli laptop yang mahal dan berkualitas (yang sesuai dengan kebutuhan)

2. Spesifikasi Harus Sesuai Kebutuhan

Lalu tips yang kedua yaitu dalam hal menyesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan yang akan kalian kerjakan. Tentunya hal ini pasti bagi mahasiswa setiap jurusan berbeda – beda. Bagi mahasiswa multimedia, mungkin saja laptop yang cocok yaitu dengan mengandalkan Processor Intel dengan ditunjang RAM minimal 4GB dan VGA NVIDIA minimal 2GB. Jika mahasiswa seperti jurusan Ekonomi mungkin laptop dengan spesifikasi standar dengan Processor Intel dan RAM 2GB sudah cukup. Apabila bagi mahasiswa jurusan programming tentu saja disarankan membeli laptop dengan Processor Intel Core I7 dengan Ram minimal 4GB, hal ini untuk meminimalisir adanya install – install aplikasi yang berat

3. Pilih Laptop yang Baik Untuk Multitasking

Kemudian tips yang berikutnya membeli laptop untuk mahasiswa yaitu pilihlah laptop yang baik untuk multitasking. Multitasking artinya mampu mengerjakan suatu pekerjaan sekaligus pada saat yang bersamaan. Nah, hal ini merupakan hal yang mesti diperhatikan seorang mahasiswa. Sebagai contoh misalkan kalian sedang mengerjakan laporan dengan microsoft word sekaligus dan kalian ingin memutar lagu. Saat ini semua laptop sudah mendukung sistem multitasking, namun dalam hal multitasking setiap kemampuan laptop itu sangat berbeda – beda. Sebaiknya pilihlah laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk melakukan multitasking yang cukup berat. Seperti membuka Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan Adobe After Effect secara bersamaan.

4. Pilih Laptop yang Sudah Pre-Installed Windows

Sebaiknya dalam hal memilih untuk dibeli, laptop akan lebih baik jika sudah include dengan sistem operasi windows yang original. Hal ini bisa menjadi satu hal yang menguntungkan karena pada dasarnya harga sistem operasi windows original cukup mahal. Oleh karena itu dengan memilih laptop yang sudah diinstali Windows adalah hal yang wajib dipilih. Masa iya mahasiswa pakai Windows aja bajakan?

5. Beli Laptop yang Bergaransi Resmi

Saat ini laptop yang sudah banyak dijual di distrubutor resmi sudah dilengkapi garansi. Untuk itu kalian tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Jika suatu saat nanti laptop yang kalian beli mengalami masalah kalian tidak perlu repot membawa nya ke tempat service laptop. Bawa saja ke tempat kalian beli laptop tersebut dengan catatan jangan sampai terlewat sampai garansi habis.

6. Bandingkan dengan toko lain

Membandingkan dengan toko lain memang perlu mas bro, sebab antar toko biasanya tidak jauh berbeda harganya apalagi semisal anda mencari diskon yang bersaing, ini juga dapat menguntungkan bagi anda jika misal kalian membeli laptop di toko yang pertama anda datangi harganya 4jt an, di toko yang kedua anda datangi ternyata harga laptop yang dijualnya 3,8jt an kan bisa irit biaya yang dikeluarkan oleh anda sebagai mahasiswa

Yap itu saja yang bisa saya infokan kepada anda, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda (mahasiswa) yang ingin membeli laptop baru, ini hanya sebagai patokan anda,bukan berarti anda harus membeli laptop apa yang saya infokan. Dikembalikan lagi sesuai kebutuhan anda.

Terimakasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Cara Membuat Coding Tidak Membosankan

Hal yang membuat Coding-mu Tidak Membosankan

Next Post
Bisnis UKM

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM

Related Posts