Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM – Banyak faktor yang menyebabkan perkembangan bisnis UKM dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Salah satunya adalah bertambah banyaknya masyarakat yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis dengan merintis bisnis UKM. Mereka yang tertarik untuk membuka bisnis UKM bukan hanya dari golongan karyawan yang sudah bosan menjadi bawahan. Tapi juga kalangan muda yang ingin mengeksplore tenaga, pikiran dan kreatifitas mereka dalam membangun masa depan.

Merintis Bisnis UKM


Fenomena tersebut layak disyukuri, karena selain dapat menggenjot perekonomian nasional juga dapat mengurangi pengangguran. Lebih dari itu dapat mengurangi ketergantungan kalangan muda untuk menjadi amtenar alias pegawai negeri.

Merintis bisnis UKM memang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia. Namun, sebelum memproklamirkan diri sebagai seorang pengusaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM

Sesuaikan dengan Hobi dan Kemampuan
Anda memang dapat memilih jenis bisnis apapun. Namun untuk menghindari bisnis yang Anda bangun dari kehancuran dan untuk membuat bisnis tersebut dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan, usahakan memilih bisnis yang sesuai dengan hobi dan kemampuan.

Memilih bisnis yang sesuai dengan hobi atau passion akan membuat Anda bergairah dalam menjalankan bisnis tersebut, karena saat bekerja Anda tidak merasa terbebani, justru sebaliknya, waktu kerja bagi Anda sama seperti waktu bersenang-senang. Dengan menikmati waktu kerja membuat tenaga dan pikiran Anda tercurah sepenuhnya terhadap pekerjaan sehingga produktifitas dan kreatifitaspun akan tumbuh yang memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha.

Dalam merintis bisnis UKM selain hobi, pastikan pula Anda memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha agar managemen bisnis dapat tertangani dengan baik. Sebab jika hanya hobi saja yang menjadi bekal, maka cara Anda bekerja tidak berbeda halnya dengan seorang karyawan.
Bagi seorang pengusaha, modal hobi atau passion merupakan pemicu agar dapat bekerja dengan produktif dan kreatif sementara modal kemampuan menjadi pemandu dalam memanage produktifitas dan kreatifitas bagi pengembangan bisnis.


Ciptakan Usaha yang Berbeda
Merintis bisnis UKM dapat diawali dengan bisnis apapun, tapi jika ingin dapat cepat berkembang, pilih jenis usaha yang unik, berbeda dan belum ada sebelumnya.
Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika bisnis yang Anda bangun berbeda dari bisnis yang pernah ada. 

Keuntungan yang pertama akan menjadi pusat perhatian masyarakat sehingga tidak perlu melakukan promosi yang berlebihan atau bahkan tanpa melakukan promosi sama sekali, usaha Anda sudah akan dipromosikan.

Keuntungan yang kedua adalah dapat memonopoli pasar, karena tidak ada bisnis sejenis yang menjadi pesaing. Tidak adanya kompetitor membuat bisnis Anda dapat melaju dengan kencang. Segala kendala dan kekurangan yang menghadang saat menjalankan bisnis, tidak lagi menjadi panghalang, karena memang tidak ada kompetitor untuk dijadikan pembanding oleh konsumen. 

Namun demikian, kekurangan tersebut tetap harus dibenahi, karena bagaimanapun juga konsumen mengharapkan layanan dan produk yang sempurna.Meski bisnis yang berbeda, unik dan belum ada sebelumnya merupakan pilihan yang terbaik, namun Anda tetap harus memperhatikan kebutuhan pasar. 

Jika tidak, maka akan menjadi percuma karena bisnis tersebut hanya akan menarik perhatian namun tidak menghasilkan pemasukan karena masyarakat tidak membutuhkan.

Jadikan Usaha Populer Menjadi Berbeda
Merintis bisnis UKM yang unik dan berbeda memang bukan pekerjaan mudah, karena butuh kreatifitas lebih yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Selain itu, jika memang ditemukan, belum tentu dapat diterima oleh pasar.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan jenis bisnis yang unik dan berbeda, maka rintis saja usaha yang sudah populer hanya saja jadikan usaha populer tersebut menjadi berbeda.Tidak sulit untuk menjadikan jenis usaha yang sudah populer menjadi sedikit berbeda dari yang sudah ada. Tinggal mengamati dan mempelajari bisnis yang sudah ada tersebut untuk mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Setelah itu, bangun usaha sejenis dengan menyempurnakan kekurangan dari bisnis yang dijalankan oleh orang lain serta mempertahankan bila perlu meningkatkan kelebihan dari bisnis tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merintis bisnis UKM. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu anda dalam merintis bisnis ukm yang lebih baik

Terimakasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara Lengkap Cek Saldo Di Rekening Bank BNI Terbaru

Next Post

Cara Melamar Kerja Yang Baik Dan Benar

Related Posts