Hal yang membuat Coding-mu Tidak Membosankan

Hal yang membuat Coding-mu Tidak Membosankan – Kita para developer atau programmer hanya duduk di kursi, menatap layar monitor, sambil menuliskan kode-kode yg rumit dari zaman ke zaman. Kalau pun jika kita bertemu dengan orang lain mungkin hanya itu-itu saja. Jangan tanyakan tentang tempat, Radius pergerakan kita juga secara rutinitas perhari mungkin hanya sebatas beberapa KM saja. Membosankan? Yap, terkadang itu hal yang sangat membosankan.

Coding agar Menyenangkan

Sebenarnya programmer itu adalah orang-orang yang paling tidak suka melakukan hal-hal yang sama berulang-ulang, itulah sebabnya ada istilah “looping” atau pengulangan dalam programming. Menurut saya, selain untuk kemudahan tujuannya adalah untuk menghindari kebosanan. Bagaimana tidak, coba saja kamu bayangkan misalnya hanya untuk menulis angka dari 1 sampai dengan 1000 kita harus mengetiknya? Sangat membosankan bukan?, Itulah kenapa kita menggunakan for, while, do while dan lainnya.

Pada prinsipnya, semua awal mula dari kebosanan adalah “aktivitas yang terjadi secara berulang-ulang”. Kamu bosan dengan sekolah, karena setiap hari harus ke sekolah, menggunakan seragam yang itu-itu saja, membaca buku, bertemu guru, bertemu mantan (Jika punya hehehe). Begitu juga, kamu bosan dengan pacarmu atau gebetanmu, karena mungkin aktivitasnya sudah bisa ditebak, apa yang dilakukan dengannya hanya itu-itu saja. Membosankan. Yap, hampir semua yang bisa bikin bosan atau jenuh adalah aktivitas yang sama berulang-ulang.

Tentu saja jika kita telah terjerumus dalam dunia programming ini, kita akan sulit untuk keluar. Dan memang saya sarankan untuk tidak keluar. Hehehe :D. Kita sudah pasti akan selalu berhadapan dengan layar monitor setiap harinya, code editor menjadi aplikasi paling sering kita buka, kopi adalah teman dan hiburan yang paling mungkin adalah bermain game dan menonton film. Aktivitas itu sudah tidak bisa dihindari lagi. Rutinitas itu akan terjadi. Namun bukan berarti neraka kita. masih bisa membuat sesuatu rutinitas itu menjadi menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakuin supaya aktivitas codingmu menjadi tidak membosankan:

Cara membuat Coding-mu Tidak Membosankan

1.   Ganti waktu codingmu

Jika kamu biasa coding di siang hari? Maka cobalah tidur di siang hari dan coding di malam hari. Begitu juga sebaliknya, kamu biasa begadang untuk coding, maka tidurlah, Codinglah di pagi hari. lakukan hal ini secara bertahap, Ini akan membuat suasana akan terasa berbeda.

2.   Codinglah di tempat yang berbeda

Cobalah coding di tempat yang berbeda dari biasanya. Kamu biasa coding di ruang kerja, maka pergilah ke halaman atau taman dan codinglah di sana. Kamu biasa coding di kamar tidur, maka codinglah di ruang tamu. Kamu biasa coding di rumah, maka pergilah ke cafe dan codinglah di sana. Intinya cobalah cari suasana kerja yang berbeda.

3.   Codinglah untuk sesuatu hal yang menyenangkan

Kamu biasa coding untuk mencari penghasilan? Kamu coding apapun yang dimintai klien, baik kamu menyukainya atau tidak? Maka, sekali-kali kamu harus coding khusus untuk membuat sesuatu hal yang menyenangkan, Kamu bisa membuat sebuah wesbite untuk menyatakan cinta kepada gebetan atau Kamu juga bisa membuat game khusus untuk anakmu yang masih kecil. Kamu juga bisa coding untuk mengerjai teman-temanmu.apapun itu, cobalah sekali-kali untuk tidak terlalu serius dan tidak menggunakan coding hanya untuk pekerjaan dan profesimu saja.

4.   Gunakan code editor yang berbeda

Kamu biasa menggunakan Notepad++ untuk coding? Maka cobalah Sublime Text, Kamu terbiasa dengan Sublime? cobalah Visual  code, Brackets. Ada banyak sekali code editor yang bisa kamu coba yang menghadirkan pengalaman sangat berbeda. Tidak untuk gonta-ganti, namun untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Ingat, kamu terbiasa dengan sesuatu bukan berarti tidak ada yang lebih baik dari itu! Hanya saja kamu belum mencobanya

5.  Gunakan bahasa pemrograman / framework yang berbeda

Ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia ini, kamu hanya menggunakan satu saja dalam keseharianmu? Maka cobalah menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda, pelajari sesuatu hal baru. Atau jika tidak menggunakan bahasa pemrograman berbeda, maka cobalah dengan framework berbeda. Ini juga dapat mengasah skill dan menambah ilmu bagi anda

6.  Isenglah sekali-kali

Jangan terlalu serius bro. Cobalah sekali-kali gunakan ilmu programming yang Kamu miliki untuk sesuatu yang iseng hehehe. Itu akan membuat sesuatu yang menarik. Misalnya, membuat aplikasi yang bisa mengagetkan teman, sahabat atau pacarmu, atau misalnya dengan membuat aplikasi hantu yang keluar tiba-tiba. Atau cobalah buat aplikasi untuk memata-matai temanmu. Hehehe 😀

Itu saja tips dari admin yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk para pembaca. Intinya buat codingan itu menjadi menyenangkan bro, Kita memang tidak bisa melakukan banyak hal, Kita juga tidak bisa bertemu dengan orang-orang baru setiap hari. Mungkin kita hanya bertemu dengan orang-orang yang itu-itu saja. Kita juga mungkin hanya bisa menatap layar monitor. Tapi bukan berarti kita tidak bisa membuatnya menjadi menyenangkan. Selamat bersenang-senang, Terima kasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara merawat Powerbank dengan benar agar awet

Next Post

Cara Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Related Posts