Cara Merawat Smartphone Dengan Benar Agar Awet

Cara Merawat Smartphone

Masdimass.com – Cara merawat smartphone android agar awet dan tidak lemot cukup mudah dilakukan. Asalkan kita mempunyai niat untuk merawatnya. perangkat seluler android berbeda dengan perangkat seluler biasa. Karena smartphone android lebih dikenal dengan fiturnya yang banyak dan layarnya yang lebar juga dengan operasi layar sentuh.

Namun, bagaimana jika layar smartphone android anda tiba-tiba rusak saat disentuh? Apalagi kalau kita sering menggunakan banyak fitur dalam waktu yang sama, tentunya hal ini memerlukan kinerja android kita untuk bekerja lebih ekstra lagi. Padahal hal seperti ini bisa membuat hp kita cepat ngedrop alias baterai cepat habis. Mengingat kita ingin agar smartphone kita bisa awet dan tetap terjaga kualitasnya.

Seiring berkembangnya jaman, semakin canggih pula alat elektronik yang kita miliki, salah satunya adalah smartphone android, di mana ponsel tersebut merupakan ponsel pintar dan dapat bekerja sesuai apa yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, kini banyak yang beredar smartphone android dengan kecanggihannya dan harganya yang terbilang tidak mahal. Tetapi, masih banyak para pengguna smartphone android yang masih belum mengetahui bagaimana cara menjaga smartphone mereka agar tetap awet dan tidak lemot.

Kita pun tidak perlu membawa hp kita ke tukang service hp atau bahkan menjualnya dan mengganti yang baru.

Langsung saja kita bahas bagaimana cara merawat smartphone android agar awet dan tidak lemot.

Cara Merawat HP Android Dengan Benar Agar Awet

1. Lindungi Body Ponsel Dengan Case

Kadang-kadang pada saat anda sedang dalam perjalanan,bekerja atau apapun itu ada kalanya smartphone kita terjatuh dengan tidak disengaja yang akibatnya body ponsel menjadi retak.

Pastinya pernah mengalami hal itu ya, termasuk admin sendiri hehehe
Tetapi berbeda halnya jika smartphone anda sudah ditutup dengan case HP yang solid, mungkin kejadian body ponsel retak yang mengakibatkan kerusakan secara permanen tidak akan terjadi.

Selain terlindung dari keretakan pada saat ponsel jatuh, case smartphone berkualitas baik juga dapat terlindung dari terinjak atau tertindih oleh barang-barang berat, asal jangan terlindas beko aja hehehe

Disarankan untuk melindungi semua body Hp anda pada saat membeli baru atau second pertama kalinya

2. Lindungi Layar Dengan Pelindung Layar (Tempered Glass)

Mungkin ada sebagian pengguna yang menyepelekan ini, Tetapi perlu diketahui bahwa melindungi layar HP dengan tempered glass agar tidak mudah retak pada saat jatuh atau tertindih itu sangat penting. Hal ini ditujukan pada smartphone yang tidak memiliki pelindung layar dari pabriknya atau yang ingin double protect layar

Selain itu, melindungi layar ponsel dengan protect layar juga untuk menghindari goresan kuku dari tangan yang terlalu kasar.

Bagi kalian yang sering otak-atik ponsel, sepertinya menjadi sebuah keharusan untuk melindungi layar dengan tempered glass agar layar Hp menjadi terlindungi.

3. Hindari Bermain Game Pada Saat Baterai Sedang Diisi

Sebenarnya masalah ini seperti sepele padahal akibatnya bisa sangat fatal. Kebiasan seseorang bermain game pada waktu baterai ponsel diisi akan mengakibatkan baterai cepat rusak, karena dapat terjadinya kebocoran baterai akibatnya akan mengalami kerusakan.

Bagi pengguna android yang ingin smartphonenya tetap awet dan tahan lama sangat disarankan untuk menghindari bermain game pada saat daya sedang diisi
Karena hampir rata-rata aplikasi game itu mempunyai sumber daya yang besar yang dapat menghabiskan RAM dan CPU perangkat dengan banyak, Maka dari itu diupayakan untuk menghindari main game pada saat pengisian daya sedang berlangsung.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Berguna Dan Membuat Lambat Perangkat

Bagi sebagian besar pengguna android pernah mengalami slow respon atau sering gagal dalam membuka aplikasi, jika itu yang menimpa anda, salah satu penyebabnya adalah Karena ada aplikasi yang super berat yang dapat memakan CPU dan RAM yang besar. Bisa Membuat Hp android anda menjadi lambat. Masalahnya, specs ponsel yang dimiliki kurang sesuai dengan aplikasi yang diinstall sehingga pada saat dijalankan sering gagal beroperasi

Salah satu solusi terbaiknya adalah dengan menghapus aplikasi android tersebut agar performa perangkat kembali normal seperti biasanya.

5. Memakai Charger bawaan

Upayakan untuk selalu memakai charger bawaannya. Alasannya adalah karena asumsi daya listrik yang nantinya masuk ke smartphone tersebut telah disesuaikan pada pabriknya secara langsung. Meski tidak sedikit jenis charger yang cocok pada smartphone Anda guna melakukan pengisian daya, tetapi memakai charger yang bukan bawaannya akan berakibat memberi efek samping di kemudian hari entah dari segi mesin maupun baterainya.

6. Perbarui Aplikasi Secara Berkala

Hal ini penting dilakukan dan akan lebih baik jika diperbarui minimal satu minggu sekali di tiap aplikasinya. Umumnya akan muncul pemberitahuan untuk mengupdatenya dan bila jaringan Anda terkoneksi pada wifi maka akan secara otomatis terupdate.

7. Restore Dan Backup Data

Guna menjaga barang kesayangan Anda ini, Anda perlu membackupnya secara berkala. Hal ini bertujuan supaya bila terjadi kerusakan  maka seluruh data dapat terlindungi.

Demikian Cara merawat hp Smartphone biar awet dan tidak lemot yang bisa kami berikan kali ini, sebenarnya ada banyak sekali tips merawat hp agar tidak lemot yang bisa anda terapkan semoga ini dapat membantu anda agar hp android yang kalian miliki bisa awet digunakan. Terimakasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Cara Membuat Coding Tidak Membosankan

Hal yang membuat Coding-mu Tidak Membosankan

Next Post
Bisnis UKM

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM

Related Posts