Cara merawat Powerbank dengan benar agar awet

Cara merawat Powerbank dengan benar agar awet – Powerbank merupakan sebuah portable charger yang sangat membantu kalian dalam melakukan isi ulang daya baterai smartphone

Sekarang ini  Powerbank juga salah satu benda yang pasti selalu kita bawa kemana pun dan dimana pun tidak dilupakan. Karena cocok sebagai pelengkap untuk berpergian, apalagi yang hobi traveling. Powerbank sangat membantu sekali.

Cara Merawat Powerbank


Nah untuk kalian yang punya powerbank tentu kalian juga harus merawat powerbank itu sendiri dengan baik agar tahan lama. Jangan cuman bisa memakainya saja

Berikut ini beberapa cara merawat powerbank dengan benar agar tidak cepat rusak, termasuk untuk merawat powerbank yang baru beli.

Cara merawat Powerbank dengan benar agar awet


1. Jangan isi daya terlalu lama

Layaknya seperti baterai smartphone yang dapat rusak jika diisi terlalu lama, begitu pula juga dengan baterai powerbank. Jika proses isi ulang kamu lakukan terlalu lama, misal kamu meninggalkannya semalaman ditinggal tidur untuk di cas, hal ini akan membuat baterai powerbank kamu cepat rusak. Akan lebih baik jika sudah penuh langsung saja di cabut dari charger-nya.

2. Jangan sering diisi ulang

Perlu diingat, bahwa powerbank tidak boleh juga terlalu sering diisi ulang. Meski kegunaannya untuk mengisi ulang baterai smartphone, tetapi tidak boleh digunakan terlalu sering. Powerbank saat ini menggunakan baterai berjenis Lithium Ion dan Lithium Polimer. Masing-masing baterai memiliki siklus isi ulang tersendiri, yakni 500 kali isi ulang untuk Lithium Polimer dan 1000 kali isi ulang untuk Lithium Ion. Setelah melewati siklus isi ulang tersebut maka daya baterai power bank akan lebih cepat habis dan kemampuan mengisi daya ke gadget semakin lambat.

3. Charge Sebelum Daya Kurang dari 20%

Jika Anda sering melakukan pengisian daya seenaknya, mulai sekarang Biasakan lakukan pengisian ketika daya power bank tersisa 20%-15% an agar baterai tidak cepat rusak.

Usahakan mengisi daya ketika indikator kapasitas baterai di power bank menunjukan setengah atau seperempat. Maka, apabila indikator baterai power bank Anda memiliki 4 buah lampu LED

Usahakan Anda charge ketika masih 2 atau satu lampu indikator yang menyala.

4. Jangan Sampai Power Bank Terjatuh

Meskipun hal ini sedikit sulit, karena kita tidak bisa memprediksinya, tetapi sebisa mungkin Anda menghindari power bank dari benturan keras seperti terjatuh.

Karena, hal ini memungkinkan komponen yang terdapat di dalam power bank seperti baterai dan permukaan output power bank tidak berfungsi dengan baik.

5. Hindari Tempat Panas

Saat kamu sedang menggunakan atau saat sedang diisi ulang, lebih baik hindari tempat panas untuk menyimpannya. Kenapa? Karena permukaan power bank sendiri akan mengeluarkan panas saat sedang digunakan. Jika disimpan di tempat panas juga, akan mengakibatkan tidak adanya sirkulasi udara yang membuat power bank jadi menyimpan panas berlebih. Dampaknya permukaan power bank jadi cepat kusam.

6. Hindari mengisi daya smartphone dengan powerbank sambil digunakan

Pada saat Anda sedang mengisi daya baterai smartphone dengan powerbank, sebaiknya jangan sambil digunakan. Hal ini bisa menyebabkan ketidakstabilan arus yang dikeluarkan oleh  powerbank pada gadget Anda. Tentu hal ini bisa berdampak buruk pada gadget Anda. Sebaiknya hindari men charge smartphone dengan powerbank sambil menggunakannya, apalagi digunakan untuk gaming.

7. Hindari Benturan

Meski powerbank sudah didesain dengan bodi metal, tetapi powerbank tidak dirancang untuk tahan benturan. Komponen seperti baterai dan yang lainnya bisa kendor jika sering terbentur, sehingga menjadi tidak bisa digunakan lagi.

8. Cuci permukaan Power Bank

Udah beli powerbank mahal-mahal karena tampilannya yang modern dan bagus, gak asik kan jika permukaannya jadi butek karena sering disimpan di tas? Makanya luangkan waktu untuk mencuci permukaan powerbank kamu, Disarankan dijadwal seminggu berapa kali.

Sangat mudah cara mencuci powerbank agar tidak merusak komponen di dalamnya adalah dengan menggunakan busa. Gunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring (merk apapun), lalu usapkan dengan spon atau sikat gigi. Hindari busa merembes ke bagian output ya!

Jika sudah di cuci keringkan dengan tisu agar cepat kering permukaannya.


Itu dia Cara merawat powerbank agar awet semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi bagi anda.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara merawat Hard Disk PC/Laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama

Next Post

Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat Ooredoo Terbaru

Related Posts