Cara merawat laptop dengan baik dan benar agar awet tidak lemot

Cara merawat laptop dengan baik dan benar agar awet tidak lemot – Di zaman sekarang, menggunakan peralatan elektronik canggih seperti laptop sudah biasa bukan hal yang baru dan mewah. Kini sudah banyak laptop berbagai tipe dan merek yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kantong kita masing-masing.
Melihat pentingnya peralatan elektronik yang satu ini, sudah seharusnya kita  peduli dong sama kondisinya. Jangan cuma bisa pakainya, tapi merawat dan memperhatikan juga kinerjanya.

Merawat laptop dengan baik dan benar

Emangnya harus banget peduli ya? Iya dong harus, biar laptop kita tahan lama dan tidak rewel. Kalau laptop rewel terus, otomatis bikin kantong kita jebol bahaya kan hehehe.
Tidak cuma itu, laptop biasanya juga berisi  data-data pekerjaan yang sangat penting. Kalau sering rusak, jelas ini bisa mengganggu pekerjaanmu. tidak mau kan kena semprot bos/dosen karena materi presentasi tidak bisa dibuka ketika laptop berulah?

Maka dari itu simak dulu nih tips merawat laptop supaya awet dan tidak lemot.

Cara merawat laptop dengan baik dan benar agar awet tidak lemot 


1. Gunakan dengan benar

Saat anda sudah selesai menggunakan laptop, sebaiknya dimatikan dulu hingga laptop benar-benar dalam keadaan off. Hal itu dikarenakan Hard disk yang masih dalam keadaan menyala jika dibiarkan terus-menerus akan cepat rusak.
Cara mematikan laptop dengan benar jika sudah selesai digunakan. Caranya dengan meng-klik tombol “shut down”. Tujuannya untuk menghemat energi dan menjaga data-data yang ada di laptopmu tersimpan dengan aman.

Supaya lebih aman, kamu juga bisa menggunakan screen dan keyboard protector sebagai pelengkap untuk menghindari gesekan benda tumpul. Dan pastikan juga membawa dengan tas khusus laptop ya.

2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur

Perlu diperhatikan juga, bahwa menggunakan laptop di atas kasur itu sangat nyaman tetapi akan menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

3. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele sekali oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat sangat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen-komponen lainnya.

Sebagian orang terbiasa menaruh barang diatas laptop yang sedang nganggur. Mulai dari alat tulis, buku, handphone, tablet, dll.

4. Bijak mengunduh software

Jangan sembarangan mengunduh software dari Internet ya, jangan sampai mengunduh software yang terdapat banyak virus. Gunakan software yang asli terpercaya, jangan yang bajakan. Jangan lupa juga update secara berkala software laptop kamu.

5. Beri waktu istirahat buat laptop

Jangan digunakan hingga non-stop. Beri jeda buat laptop istirahat. Sama halnya seperti manusia, laptop juga butuh istirahat supaya kerjanya optimal.
Suhu laptop juga harus dijaga. Terlalu lama dipakai bisa membuatnya jadi overheat. Sebaliknya, kalau jarang digunakan juga bisa rusak. Jadi pakai sewajarnya aja ya.

6. Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah

Laptop itu barang elektronik. Jadi ya sangat anti dengan yang namanya air, Soalnya kalo terkena air yang ada laptop Anda akan rusak. Tukang servis bakal angkat tangan hehehe.
Makanya, ketika menggunakan laptop, jauhkan dari barang-barang yang ‘basah’. Takutnya basah-basah itu tadi tumpah, kena laptop, terus airnya masuk ke bagian dalamnya akan sangat berbahaya bagi kondisi laptop.

Karena jika laptop terkena air, maka akan sulit untuk memperbaiki laptop tersebut, apalagi jika kadar air yang masuk ke dalam laptop tersebut cukup banyak.

7. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Membersihkan laptop sangat lah penting agar laptop tidak cepat rusak,nyaman untuk dipakainya juga. bersihkan laptop, mulai dari layar sampai lubang lubang colokan dengan alat-alat yang kini sudah banyak disediakan khusus buat membersihkan laptop. Sebaiknya di bersihkan minimal seminggu 2 kali.

8. Jangan Sampai Baterai 0%

Apapun yang berhubungan sama listrik pasti akan menaikkan suhu laptop. Apabila laptop dipakai dalam kurun waktu yang tidak cukup singkat, bagian mesin laptop (hardware-nya) akan mulai memanas. Semakin lama semakin panas, semakin akan mengakibatkan kerusakan

Nominal suhu laptop tergantung situasi dan kondisinya bagaimana. Cara menggunakannya bagaimana, diletakkan di atas kasur ataukah di atas kipas angin (Cooling pad) yang tergeletak menyala.

Terserah laptop itu mau digunakan untuk apa. Yang penting, asal jangan sampai membiarkan suhu laptop lebih panas dari biasanya, atau mungkin terasa amat sangat panas. Kalau sudah seperti ini, lebih baik langsung dimatikan saja dulu. Takutnya jika dibiarkan nanti hardware-nya gosong, karena panas itu tadi.

9. Jangan dipakai sambil ngecharger

Ini nih yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar orang saat menggunakan laptop. Lagi enak-enaknya menggunakan laptop, eh daya baterainya habis. Ya sudah, ambil charger, colok, lanjutin deh. Kebiasaan buruk yang kayak gini bakal berakibat baterai laptop kembung.

Begini, semua barang elektronik itu semakin banyak waktu digunakan maka dia akan cepat rusak. Barang elektronik itu seperti sudah ada prosedur pemakaiannya. Sama seperti baterai laptop, dia juga punya prosedur pemakaian. Semakin sering dia dipakai berarti durasinya semakin banyak berkurang.

Yang semula bisa awet 1-2 tahun, gara-gara keseringan dipakai dia cuma tahan sampai berbulan-bulan saja. Makanya jika pakai laptop itu sebisa mungkin untuk tidak mempekerjakan baterai ketika ada sumber daya listrik. Dan jika laptop lagi charging, lebih baik dimatikan saja sampai baterainya penuh. Setelah penuh, baru dipakai lagi

10. Rutin Update Sistem Operasi

Penting bagi Anda untuk rutin melakukan update sistem operasi karena untuk menghindari/mengurangi serangan virus dari orang-orang yang iseng. Semakin sering Anda melakukan update maka akan semakin aman juga laptop Anda dan terhindar dari serangan virus.

Demikianlah Cara merawat laptop dengan baik dan benar agar awet tidak lemot. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu masalah yang sedang anda alami
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara merawat Hard Disk PC/Laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama

Next Post

Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat Ooredoo Terbaru

Related Posts