Cara merawat Hard Disk PC/Laptop agar tahan lama

Masdimass.com – Hard disk merupakan hardware yang terdapat di pc maupun laptop yang sangat penting untuk semua penyimpanan data, selain untuk penyimpanan data hard disk juga mempunyai peran penting lainnya. Yaitu agar sebuah perangkat dapat/mampu bekerja dengan baik. jika tidak ada ada hardware storage dimana semua file kita akan disimpan? Sekarang kita bisa paham bahwa adanya sebuah hard disk memang sangat lah vital sekali

Nah sebagai salah satu komponen yang teramat penting, tentu kita harus menjaganya dengan baik dan benar. Perawatan hardware penting ini tidaklah mudah. Jika kita menggunakan dan merawatnya dengan cara yang tidak benar, maka tingkat resiko terjadinya kerusakan hard disk sangatlah tinggi sekali. Lantas bagaimana cara merawat hard disk yang baik dan benar?

Berikut ini merupakan tahapan/langkah-langkah merawat hard disk yang baik dan benar, baik itu hard disk internal maupun eksternal:

Cara merawat Hard Disk PC/Laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama

1. Pilih hard disk yang sesuai dengan kebutuhan

Memilih hard disk merupakan cara sangat mudah dan ampuh untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Piih lah kapasitas yang cukup atau yang besar,merk dan jenis yang bagus

2. Selalu matikan pc/laptop dengan benar

Untuk bisa menjaga hard disk agar tidak cepat rusak dan awet, tentu dari segi penggunaan juga harus diperhatikan. Sangat tidak disarankan untuk mematikan laptop dengan cara langsung menekan tombol power. Jika hal itu terjadi, maka akan menyebabkan berbagai hal buruk yang menimpa hardware termasuk hard disk. Kejadian seperti itulah yang sering menjadi penyebab utama dari rusaknya HDD. Silahkan matikan perangkat sesuai dengan prosedur agar tidak menyebabkan kerusakan terhadap komponen lain.

3. Backup harddisk secara berkala

Merawat hard disk tidak saja melakukan perawatan dari segi hardware atau fisiknya saja, melakukan backup bertujuan untuk mendapatkan duplikat dari hard disk tersebut baik berupa data ataupun system operasi. Apabila suatu saat terjadi kerusakan pada hard disk, maka kita bisa melakukan recovery secara cepat.

4. Jangan terlalu sering menginstal ulang

Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hard disk karena hard disk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi jika tidak perlukan maka janganlah terlalu sering melakukan install ulang

5. Jaga hard disk dari guncangan/apapun hal yang membahayakan bagi hard disk

Selalu hindarkan laptop dan komputer dari  guncangan. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi karena benturan dengan benda-benda keras, tertekan benda lain, atau bahkan terjatuh.

6. Tidak overload menyimpan data

Menyimpan data secara overload itu sangat tidak bagus,karena bisa menyebabkan lambatnya fungsi harddisk dan tidak berjalan dengan yang seharusnya

7. Perhatikan suhu hard disk

hard disk harus kita jaga agar jangan sampai mengalami overheating (panas berlebih) yang bisa menyebabkan kerusakan pada hard disk. Jaga agar ventilasi laptop (biasanya pada sisi sebelah kiri) tetap lancar dengan cara rajin membersihkannya,

8. Jangan Buat Partisi Secara Berlebihan

Disarankan para pengguna membagi menjadi 2 atau 3 partisi saja sudah cukup sehingga akan memudahkan untuk mengorganisir file. Jika terlalu banyak, hal tersebut akan membuat fragment hard disk menjadi terbagi karena tugas read dan write di beberapa partisi.

9. Hindari dan Usahakan Tidak Menggunakan Laptop di Kasur

Anda yang sering menggunakan laptop di atas kasur, sebaiknya mulai sekarang untuk tidak melakukannya lagi. Memang menggunakan laptop di atas kasur sangat nyaman, tetapi ini akan membuat sirkulasi panas pada laptop tidak optimal keluar. Jika sirkulasi panas pada laptop tersendat dan akan memengaruhi hard disk pada laptop.

10. Letakkan Laptop Pada Bidang yang Datar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sangat tidak dianjurkan untuk meletakkan laptop diatas kasur, bantal dsb. Lebih baik kalian meletakkannya di meja dan benda yang memiliki bidang datar lainnya. Hal ini untuk memastikan udara panas yang dihasilkan bisa keluar dengan baik. Dengan begitu perangkat tidak akan cepat panas dan hardwarenya juga awet.

11. Bersihkan File Sampah dan yang Sudah Tidak Terpakai

Biasakan untuk selalu mengecek apakah banyak cache serta file sampah yang ada di HDD Kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketika seperti Ccleaner. Banyak sekali pengguna yang mengabaikan hal yang satu ini. Jika terdapat file-file yang tidak dihapus secara permanen, itu akan menumpuk di recycle bin. Jika hal ini dibiarkan, maka akan memenuhi ruang penyimpanan dan menyisakan sedikit kapasitas.

12. Gunakan Antivirus

Antivirus membuat hard disk kamu lebih sehat karena tidak sedikit virus yang memicu berbagai masalah di hard disk. Antivirus juga bisa melindungi kamu dari berbagai masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang. Pastikan kamu menggunakan antivirus yang update

13. Lakukan Defrag Secara Berkala

Karena data yang terlalu banyak di hard disk akan membuat menurun kemampuan harddisk. Jadi kita harus melakukan fragmentasi hard disk
Untuk melakukan drefrag, bisa memilih defrag bawaan Windows. Atau bisa juga menggunakan program defrag pihak ketiga seperti ultradefragbdan lain-lain. Sebelum melakukan defrag, cek terlebih dulu fragmentasinya jika sudah di atas 10, barulah Anda bisa lakukan defrag. Proses defrag biasanya agak lama, jika kapasitas hard disk besar.

Demikianlah cara merawat hard disk pc/laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama. Semoga tips dan panduan diatas bisa memberikan kalian pengetahuan bagaimana merawat HDD dengan baik dan benar.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post
Cara merawat laptop

Cara merawat laptop dengan baik dan benar

Related Posts