Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Xiaomi Untuk All Tipe

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Masdimass.com – Ada beberapa faktor mengapa seseorang ingin menyembunyikan aplikasi yang telah terinstal di gadget Xiaomi / smartphone Android mereka. Salah satu alasan yang pasti dan paling utama adalah untuk menjaga privasi. Contoh kasus yang paling sering dialami seseorang, misalnya kita tidak ingin ada orang lain yang meminjam HP kita lalu membuka aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, Instagram,Twitter dll karena di dalamnya bisa saja terdapat informasi yang bersifat amat sangat pribadi.

Jadi apakah ada cara yang sangat mudah untuk membuat aplikasi di smartphone menjadi tersembunyi agar tidak bisa diakses orang lain? Jawabnya, tentu ada. Kabar baiknya, khusus untuk pengguna produk Xiaomi, termasuk untuk pemakai Redmi maupun tipe yang lainnya, kita tidak perlu menempuh cara yang super repot pot pot. Tidak perlu download atau instal aplikasi dari pihak ketiga. Tidak perlu pula mencari tutorial dengan langkah-langkah ribet dan makan banyak waktu. Karena di Xiaomi, tanpa banyak orang tahu, ternyata ada fitur bawaan untuk melakukan tugas ini.

2 Cara Membuat Aplikasi di HP Xiaomi Menjadi Tersembunyi

Nama fiturnya adalah App Visible. Ini bukan aplikasi pihak ketiga loh. Sudah tersemat langsung di smartphone Xiaomi, jadi kita tidak perlu download – download lagi untuk menggunakannya. Berkat fitur ini para pengguna gadget Xiaomi tidak perlu khawatir, karena sungguh memudahkan cara untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi dengan cepat dan praktis.

APK kesayangan pun bisa menjadi tidak terlihat oleh siapa pun. Oiya, fitur App Visible hampir ada di semua tipe smartphone Xiaomi seperti Redmi 4a, 4x, Note 5a, a1, 3s, 5 Plus, dll. Serta juga mendukung hampir untuk semua versi mulai dari MIUI 8, MIUIi 9, dan MIUI 10. (Note: untuk tipe dan versi yang tidak disebutkan, mungkin tidak memiliki fasilitas ini dan bisa memakai trik yang lain).

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

1. Menyembunyikan Aplikasi dengan Fitur App Visible (Hanya untuk Xiaomi)

Tidak perlu berbelit-belit, jika gadget Xiaomi anda sudah dibekali dengan App Visible, langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu setting / pengaturan.
  • Pada kolom pencarian masukan keyword “app visible“
  • Pilih menu app visible tersebut.
  • Selanjutnya centang aplikasi yang ingin di hide / disembunyikan.
  • Tekan OK di pojok kanan atas, dan selesai.

Kembali Home dan lihat apakah pengaturan sudah berhasil atau belum.
Sudah, cuma seperti itu saja caranya. Sangat simpel dan gampang kan? Tapi jika fitur di atas tidak ada, apakah bisa pakai cara lain? tenang saja, masih ada cara lainnya. Namun kita perlu memakai APK / aplikasi pihak ketiga untuk membantu melakukan tugas ini.

2. Menyembunyikan Aplikasi dengan APK Tambahan

Untuk cara kedua ini selain bisa digunakan pada merk Xiaomi yang belum memiliki fasilitas App Visible,, juga bisa dipakai untuk brand gadget Android lainnya seperti Samsung, Oppo, Asus, Vivo dsb. Jadi, metode ini berlaku secara umum.

Caranya yaitu dengan mencari aplikasinya terlebih dahulu di Playstore. Banyak macam-macam APK yang bisa kita pilih. Tetapi jika butuh rekomendasi, saya sarankan untuk mengunduh yang namanya App-Hide Aplication..
Untuk kata kunci pencariannya silahkan ketikkan: “app hider”.

Sebagai catatan, jika HP belum di-root, maka diharuskan untuk menginstal DC Launcher terlebih dahulu agar app hider-nya bisa berjalan. Ya memang cara ini agak sedikit rumit, tapi inilah opsi yang bisa dilakukan jika cara yang pertama tadi tidak bisa digunakan. Nanti setelah aplikasinya sukses terinstal, silakan lakukan step-step untuk mulai melakukan penyembunyian App:

  • Jalankan aplikasinya
  • Pada tampilan awal silahkan tekan tanda tambah (plus)
  • Centang aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Lalu tekan hide, selesai.

Nah, Mungkin itu saja informasi yang dapat admin sampaikan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi, plus untuk semua tipe smartphone. Walaupun cara yang ke-dua memang lebih ribet daripada yang pertama. Hehe, Silakan pilih saja mana yang bisa dilakukan atau yang kalian suka, disesuaikan dengan kondisi smartphone masing-masing. Terimakasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Cara merawat Powerbank

Cara merawat Powerbank dengan benar agar awet

Next Post
Tips Membeli Laptop Baru

Cara Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Related Posts