Cara Mengatasi Hp Yang Terkena Air

Mengatasi Hp Yang Terkena Air

Masdimass.com – Kebanyakan orang yang mempunyai hp smartphone tentunya pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan seperti hp kemasukan air, ntah itu air hujan, terjatuh di bak mandi, air tergenang maupun air laut. Kejadian seperti ini tentunya sangat menjengkelkan, bagi pemilik smarphone berwaterproof tentunya tidak akan merasa khawatir dengan kondisi ini.

Tidak selalu kerusakan handphone hanya bisa diperbaiki di toko hp/konter hp, kecuali jika kerusakan handphone sudah cukup parah, tetapi tenang saja karena ada cara mengatasi hp terkena air yang mudah dilakukan.

Kasus jatuhnya handphone ke air seringkali membuat panik dan sedih, karena dapat menyebabkan handphone mati total jika ditangani dengan cara yang salah atau tidak ditangani dengan cepat dan tanggap. Air dengan barang elektronik semisal ponsel dapat merusak perangkat secara instan. Bagaikan seperti dua kutub magnet yang sama, tidak akan pernah cocok dan selalu bertolak belakang.

Masih terdapat harapan jika smartphone anda yang terkena air akan selamat, jika dilakukan dengan penanganan yang tepat. Seperti jangan segera dinyalakan, jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel, dan masih banyak lainnya.

Jika smartphone yang anda punya tidak memiliki sertifikat water resistant, maka akan terdapat 3 kemungkinan jika sewaktu waktu smartphone anda terkena air.

  1. Mati total.
  2. Dapat menyala namun dalam kondisi tidak normal.
  3. Blank (menyala namun berwarna putih).

Maka dari itu, admin akan memberikan beberapa tips agar smartphone yang terkena air dapat ditangani dengan cepat dan benar sebelum mengalami kerusakan diatas.

Berikut ini Cara Mengatasi dan Memperbaiki HP Mati Total Terkena Air:

Cara Mengatasi dan Memperbaiki HP Mati Total Terkena Air

1. Pastikan Ponsel Anda Dalam Keadaan Mati

Setelah ponsel terkena air,Anda panik dan mungkin akan langsung mengecek kondisi ponsel tersebut. Namun, alangkah baiknya untuk mematikan ponsel anda terlebih dahulu.
Karena sifat air yang selalu bertolak belakang dengan perangkat elektronik, jika anda masih menyalakan smartphone tersebut, maka kemungkinan terjadinya kerusakan bisa jadi akan sangat besardan fatal.

2. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Lepas baterai, SIM card, dan memory card secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya korslet setelah ponsel anda terkena air. Jika anda berpengalaman dalam urusan bongkar pasang ponsel, alangkah baiknya untuk melepaskan komponen satu persatu.

Letakkan komponen – komponen yang telah dibongkar diatas tisu kering atau kain yang kering. Perlu di ingat, anda harus benar – benar mahir jika tidak ingin menambah kerusakan pada ponsel. Alangkah baiknya minta teman atau siapapun yang paham tentang ponsel untuk membantu hal ini

3. Keringkan Bagian Luar Smartphone  (LCD)

Setelah selesai urusan bagian dalam, hal yang anda harus lakukan berikutnya adalah mengeringkan bagian luar, khususnya pada LCD ponsel. Biasanya LCD sering rusak setelah terkena air karena berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Jika dibiarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.

Anda harus melakukannya dengan perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan ponsel. Semakin sering ponsel digerakkan, kemungkinan besar air akan masuk lebih dalam ke komponen ponsel. Hal ini tentu akan menambah kerusakan pada ponsel.

4. Hindari Meniup Smartphone

Disarankan jangan meniup smartphone setelah terkena air, hal ini dikarenakan air akan masuk lebih dalam jika anda meniupnya. Cara mengatasi hp terkena air yaitu menggunakan vacuum cleaner. Sehingga anda bisa menarik keluar air di dalam handphone.

5. Keringkan Smartphone

Anda harus benar – benar mengeringkan ponsel sebelum digunakan kembali, terdapat banyak sekali metode yang dapat anda gunakan untuk mengeringkan smartphone. Salah satunya anda dapat menggunakan beras.

Kenapa harus beras? Karena beras dianggap sebagai bahan yang dapat menyerap kelembaban dengan cepat. Selain itu, beras juga mudah untuk didapat, anda dapat mencari beras di dapur rumah anda. Diamkan ponsel anda di dalam beras setidaknya 2 sampai 3 hari.

Atau mungkin anda dapat menggunakan silica gel untuk mengeringkan ponsel anda yang telah terkena air.

6. Hidupkan Ponsel

Hidupkan ponsel anda, apakah masih dapat digunakan atau sudah tidak dapat menyala kembali. Selamat jika ponsel anda dapat dinyalakan kembali dan masih dalam keadaan normal, jika ponsel anda sudah tidak menyala, relakan dan segera cari smartphone pengganti.

Hal –Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ponsel Terkena Air

  • Jangan menyalakan smartphone saat terkena air, karena air saling bertolak belakang dengan barang elektronik.
  • Jangan menyambungkan smartphone ke tenaga listrik.
  • Jangan tekan tombol apapun selain tombol turn off, jika anda menekan tombol yang lain maka besar kemungkinan air akan semakin masuk.
  • Jangan menggerakkan ponsel terlalu sering, agar air tidak merusak komponen yang lain.
  • Jangan panaskan smartphone anda menggunakan hairdryer ataupun oven, karena hawa panas akan merusak smartphone anda.

Itulah beberapa cara memperbaiki/cara mengatasi hp terkena air dan mati total. Langkah ini dilakukan supaya terhindar dari biaya servis hp yang terkena air yang mahal. Tetapi apabila anda yakin sudah tidak sanggup menangani sendiri, lebih baik dibawa ke konter hp saja. Semoga bermanfaat.
Terimakasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Cara Membuat Coding Tidak Membosankan

Hal yang membuat Coding-mu Tidak Membosankan

Next Post
Bisnis UKM

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM

Related Posts