Cara Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Cara membeli laptop baru agar tidak tertipu – Biasanya dalam urusan pendidikan terutama di kurtilas (kurikulum 2013) ini sangat memerlukan kehadiran sebuah perangkat elektronik seperti perangkat komputer. Namun penggunaan komputer masih kurang efektif jika digunakan untuk kuliah atau sekolah karena perangkat komputer tidaklah mudah untuk di pindahkan. Sebagian orang yang sudah turun di dunia kerja pun mendapat tuntutan yang sangat kuat untuk tetap berinteraksi dimanapun mereka berada. Solusi yang tepat untuk masalah tersebut ialah membeli sebuah laptop yang dapat dibawa kemanapun, dan dapat mengerjakan tugas dimanapun tanpa terkedala masalah tempat.

Tips Membeli Laptop Baru


Namun untuk seorang pemula yang sebelumnya belum memiliki laptop atau ingin membeli laptop baru tetapi tidak tau tentang laptop (asal beli), memilih salah satu dari banyaknya  jenis laptop bukanlah perkara yang sangat mudah. Biasanya mereka hanya bertanya kepada penjual, dan seorang penjual tentu saja akan merekomendasikan salah satu jenis laptop yang mereka jual/stoknya yang masih tersedia.

Salah satu yang menjadi pertanyaan apakah laptop tersebut sudah memenuhi kriteria kebutuhan sang pembeli atau pun tidak? Jika ya, maka haruslah di fikirkan terlebih dahulu pertanyaan berikutnya. Berapa lama laptop tersebut mampu memenuhi kebutuhan sang pembeli ? Jika hanya satu atau dua tahun tentu saja beberapa pembeli akhirnya merasa menyesal tidak membeli laptop yang jenisnya lebih baik sebelumnya.

Untuk mengurangi penyesalan seperti hal-hal tersebut kita bisa memperhatikan sebagian tips ini sebelum membeli laptop baru, terutama pada spesifikasinya.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

Cara membeli laptop baru agar tidak tertipu


1. Merek

Hal Pertama yang harus diperhatikan tentu saja adalah merek, memang merek sesuai dengan harga barang, dan harga sesuai dengan kualitasnya. Beberapa jenis laptop merek lokal seperti AXIO memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dengan penawaran harga yang lebih murah dibandingkan dengan merek luar seperti Apple, Asus, Acer, DLL. Namun itu hanya iming-iming belaka, karena dengan spesifikasi lebih rendah pun merek luar dapat dibilang cukup “bandel” karena daya tahannya yang kuat. Biasanya merek lokal memiliki performa bagus hanya pada awal pembelian laptop, dalam jangka waktu yang lama performanya akan menurun dan menjadi jelek.

2. Prosesor

Prosesor merupakan otak dari pada komputer,. Sama halnya seperti merek pada saat membeli laptop pun prosesor harus diperhitungkan. Prosesor biasanya memiliki jenis yang sama dengan yang ada pada komputer. Jika kebutuhan anda hanyalah sekedar mengerjakan tugas, browsing atau kerja ringan lainnya maka cukuplah anda membeli laptop dengan jenis prosesor Dual-Core, atau Core I-3. Namun jika laptop yang anda akan gunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti mengedit foto, video, bermain game atau bermain di desain grafis. Maka pastikan prosesor anda berlabelkan Core I-5 atau Core I-7. Semakin bagus prosesor, semakin bagus kinerja laptop bekerja

3. RAM (Random Access Memory)

Memory ini digunakan untuk menyimpan kegiatan kegiatan yang anda lakukan ketika laptop anda sedang menyala, biasanya seseorang yang menggunakan laptop menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan. Seperti anda yang suka mendengarkan musik pasti akan membuka aplikasi pemutar musik pada saat yang bersamaan anda mengerjakan tugas yang lain. Pada saat itulah RAM bekerja menyimpan seluruh kegiatan yang anda lakukan. Pastikan RAM anda cukup besar karena jika anda ingin menggunakan jenih Windows 8 atau bahkan versi terbaru windows yaitu 10. Pastikan RAM laptop yang anda beli minimal dengan besar 4 Gb, karena jika kurang dari itu memory yang ada di RAM akan habis termakan oleh operating system (windows) dan menyebabkan laptop anda bekerja lambat (lemot) nantinya. Namun jika anda lebih merasa nyaman dengan menggunakan windows 7 (seven), maka RAM 2 Gb dirasakan cukup untuk menjalankan laptop.

4. VGA

Video Graphic Adapter (VGA) merupakan salah satu spesifikasi yang berperan penting dalam menjalankan laptop. VGA lebih digunakan ke arah display untuk monitor, dimana laptop anda akan menampilkan seberapa baguskah gambar yang akan di tampilkan pada monitor pada resolusi tinggi sebuah gambar. VGA biasanya berperan pada penggunaan gambar bergerak/video dimana selain prosesor yang bagus, VGA juga akan menentukan bagus atau tidaknya gambar yang muncul ketika anda bermain video games, atau bergelut di bagian desain grafis. VGA yang biasa menjadi rekomendasi adalah jenis NVidia GeForce. Untuk jenisnya kembali kepada kebutuhan pemakai, untuk sebatas kualitas gambar ringan dengan besar 1Gb sudah cukup, namun untuk jenis gambar yang berat disarankan untuk memilih jenis dengan besar 2 Gb

5. DVD Room

Salah satu hal yang spele namun perannya penting juga dari beberapa pengalaman orang yang salah membeli laptop. Ada jenis laptop yang mempunyai DVD room dan ada juga yang tidak. DVD room ini biasanya digunakan untuk instalasi data yang berada di dalam sebuah kaset (disk) atau untuk beberapa orang DVD room ini digunakan untuk menonton film yang berasal dari sebuah kaset DVD. Kembali kepada kebutuhan, jika anda pengguna yang simple maka DVD room tidak terlalu penting untuk anda namun ada saat dimana anda harus instalasi menggunakan kaset, disaat itulah anda akan merasa kesulitan. Jadi perhatikan DVD room nya sebelum membeli laptop.

6. USB Plug

USB Plug merupakan inovasi baru dari jenis laptop pada saat ini. Mungkin hal ini akan menjadi pertimbangan para pengembang laptop dari banyaknya data yang dipindahkan dari laptop ke laptop dengan menggunakan flashdisk atau harddisk eksterkal. USB Plug berfungsi untuk menentukan kecepatan transfer data dari shocket USB yang ada pada laptop. Ada jenis USB Plug 2.0 dan 3.0. USB Plug 3.0, Perbedaannya tentu saja USB Plug jenis 3.0 bekerja 10 kali lebih cepat dari pada jenis 2.0. Jadi pastikan USB Plug dari laptop yang akan anda beli sudah 3.0. Biasanya USB Plug 3.0 ditandai oleh warna biru pada bagian dalam shocketnya, sedangkan versi 2.0 warna hitam.

Pada akhirnya semua hal di atas hanyalah rekomendiasi. kembali kepada calon pengguna (pembeli) dengan kebutuhannya masing-masing. Alangkah baiknya jika anda mengajak orang yang lebih mengerti tentang laptop sebelum membelinya. Sekian itu saja. Terimakasih

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Hal yang membuat Coding-mu Tidak Membosankan

Next Post

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Merintis Bisnis UKM

Related Posts