13 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dengan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Masdimass.com – Di perkembangan zaman yang sudah canggih ini janan hanya mengandalkan bahasa indonesia saja untuk berkomunikasi dengan orang lain di sekitar lingkungan kita.

Kita juga perlu mempelajari bahasa asing seperti bahasa inggris, Bahasa internasional  yang di butuhkan dalam segala kondisi yang ada, contohnya, saat harus presentasi, meeting denggan klien, interview kerja dan lain-lain.

Bahwasanya, belajar bahasa inggris itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan dan anda pikirkan, dengan menerapkan tips-tips yang ada di artikel ini anda bisa dengan mudahnya bisa berbahasa inggris, anda juga akan semakin bisa meningkatkan kemampuan anda dengan baik.

Dengan demikian anda tidak perlu takut dan merasa gugup ketika harus berbicara bahasa inggris dengan orang lain

Berikut ini tips belajar bahasa inggris dengan mudah untuk pemula

Cara belajar bahasa inggris dengan mudah

1. Pelajari terlebih dahulu dasar kata-kata bahasa Inggris

Sebelum Anda mulai menerapkan berbahasa Inggris, ada baiknya Anda mempelajari dahulu kata-kata dasar yang sederhana dalam bahasa Inggris, yang paling sering atau sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia,mereka,kami dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Jadikan kebiasaan

Jadikan berbahasa inggris sebagai kebiasaan ataupun rutinitas supaya kemampuan bahasa Inggris Anda dapat meningkat dengan sangatt cepat.

3. Jangan takut atau ragu

Hal yang paling penting dalam mempelajari bahasa Inggris adalah jangan takut untuk mencoba. Jika kita takut untuk mencoba, kita tidak akan pernah mengetahui kemampuan kita jika kita salah, misalnya jika kita salah cara dalam mengucapkan suatu kata, itu hal yang tidak apa-apa. Bahkan tidak semua English Native Speaker benar-benar bisa menguasai Bahasa Inggris 100%, sama seperti kita yang berbahasa Indonesia tapi terkadang bahasa Indonesia kita juga masih salah salah dalam pengucapan. Jadi kita tidak perlu takut untuk salah.

4. Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun

Tidak perlu malu untuk menunjukkan Anda sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus menerus kapanpun dan di manapun.

5. Gunakan internet untuk latihan bahasa Inggris secara gratis

Dengan menggunakan fasilitas internet yang ada dan di mana mana, ada banyak sekali website yang dapat membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris secara benar.

6. Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin

Nah, Anda sebelum mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar fasih dan tidak kagok. Tetapi hati hati jangan sampai membuat anda jadi gila hehehe.

7. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Di zaman yang serba canggih ini tentu sangat mudah bagi Anda untuk mengunduh lagu berbahasa Inggris. Jika Anda merupakan pecinta musik tentu belajar sambil mendengarkan musik sangat menyenangkan. Dalam tahap ini Anda tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Tetapi juga dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam di buku maupun gadget Anda. Setelah lirik lagu selesai ditulis, cek lirik tersebut di Internet. Apakah sudah benar semua atau ada yang salah.

Hal ini akan membuat/menambah tingkat kesensitifan telinga Anda terhadap bahasa Inggris (listening)

8. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Hal yang menyenangkan lainnya bisa Anda gunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton film-film yang berbahasa Inggris. Tentu saja untuk membuat Anda semakin mudah memahaminya, mulailah dengan menonton film tanpa ada subtitle bahasa Indonesia. Jika masih kesulitan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu terpaku atau sering. Jika menemukan kata yang susah, catat dan cari artinya untuk menambah catatan kamus kata bahasa Inggris Anda.

Teknisinya begini:

  • Langkah pertama: Cari film yang disukai atau favorit. Pilih kira-kira sesuai dengan level Anda dulu. Usahakan film yang sudah pernah ditonton sebelumnya. Jadi Anda sudah mengerti alur ceritanya. Jadi pada saat sedang menonton, Anda tinggal fokus kepada percakapan di dalamnya.
  • Langkah kedua: Jika sudah mempunyai dasar-dasar bahasa Inggris yang agak lumayan, jangan lupa mematikan atau non-aktifkan fitur subtitle di film tersebut. Jadi sampai film berakhir, Anda mau tidak mau hanya mendengarkan apa yang diucapkan atau yang terdengar di film tersebut. Tidak perlu melihat kamus dulu. Fokus ke filmnya saja. Dengarkan dan coba pahami percakapannya.Tirukan. Kalau ada yang tidak Anda mengerti, pause, rewind atau ulangi ke bagian yang Anda belum mengerti tadi, lalu play dan dengarkan kembali.
  • Langkah ketiga: Ulangi langkah kedua. Putar sekali lagi film tersebut. Tetap matikan subtitle-nya. Biasanya Anda akan mulai sedikit lebih mengerti, meski masih menebak-nebak. Tidak masalah. Teruskan saja.
  • Langkah keempat: Di langkah ini Anda nyalakan fitur subtitle bahasa Inggris-nya (Ingat: bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia). Tonton film tersebut sekali lagi. Kali ini kemungkinan mata anda akan cenderung melihat subtitle-nya. Tetapi Tidak apa-apa. Khususnya pada bagian atau adegan dimana sebelumnya Anda kurang bisa paham dengan apa yang terdengar dengan baik. Dengan adanya subtitle sekarang, Anda akan bisa lebih paham apa yang diucapkan di film tersebut.
  • Langkah kelima: Ulangi langkah keempat tadi
  • Langkah keenam: Anda kali ini boleh menyalakan fitur subtitle bahasa Indonesia-nya. Karena di tahapan ini Anda telah mengerti dengan baik jalan cerita lm tersebut dan beberapa atau sebagian besar vocabulary yang ada di lm itu. Jika adayang belum Anda pahami, teks terjemahan bahasa Indonesianya akan membantu Anda

9. Bermain Game

Bermain game tidak lah selalu bersifat negatif tetapi dalam bermain game juga dapat menambah ilmu dalam berbahasa inggris, game nya pun bebas tetapi harus menggunakan bahasa inggris agar mudah belajarnya, jika gamenya berbahasa indonesia anda bisa ubah bahasa di menu pengaturan dan pilih bahasa inggris, jangan sampai berbahasa indonesia. Selain bermain anda juga bisa belajar kan, apalagi dalam bermain game itu asik dan seru jadi akan membuat anda lebih cepat memahami bahasa inggrisnya.

10. Praktikkan secara rutin

Jika di ibaratkan belajar bersepeda, Belajar bahasa Inggris sama halnya walaupun secara teori Anda memahami cara mengendarainya, tetapi jika tidak pernah mencoba menaiki dan mengayuh sepeda nya maka Anda tidak akan pernah bisa. Belajarlah terus menggunakannya walaupun banyak kesalahan yang dibuat. Untuk menguasai bahasa Inggris dibutuhkan keterampilan praktek.

11. Bergaul dengan lingkungan berbahasa Inggris

Di era yang sudah sangat modern ini,. Kita bisa bergaul menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan mereka yang bisa berbahasa inggris. Kalian juga dapat belajar Bahasa Inggris dengan mudah dengan mengirim pesan teks atau berbicara dengan teman kalian yang juga sedang belajar Bahasa Inggris. Dengan begitu, kalian dan teman kalian akan sama-sama belajar.

12. Jangan menyerah

Ini hal sangat penting sekali. Jangan sampai menyerah! Belajar bahasa baru memang tidak mudah tetapi terus tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris kalian. Sudah mengerti tapi susah untuk speaking-nya? Wajar kok, tidak apa apa. Coba kalian dengan lantang berbicara dalam Bahasa Inggris dan rekam suara kalian. Dengan begitu kalian bisa mengevaluasi di mana kesalahan dan kelemahan kalian dalam aspek berbicara, entah itu pronunciation, intonasi, atau kalian masih malu kurang pede saja. Ingat, kita tidak perlu malu apalagi kurang pede karena semua orang juga masih belajar. Terus berusaha!

13. Kursus

Memang cara ini bukan dengan belajar otoditak. Tetapi jika Anda kesulitan untuk menerapkan ke 12 cara di atas maka kursus adalah pilihan lain atau pilihan tepat yang bisa Anda pilih untuk cara cepat belajar bahasa Inggris dengan baik.

Kesimpulan:

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan selain 13 cara tersebut, namun cara artikel ini dapat menuntun anda untuk belajar bahasa inggris dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang penting untuk anda agar cara tersebut berjalan dengan lancar

  • Tidak perlu malu
  • Tidak perlu takut
  • Terus mencoba
  • Jangan menyerah

Itu saja yang bisa disampaikan, semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kalian yang sedang belajar bahasa inggris secara otodidak dengan cepat dan baik

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Cek Saldo Di Rekening Bank BNI

Cara Lengkap Cek Saldo Di Rekening Bank BNI Terbaru

Next Post
Cara Melamar Kerja

Cara Melamar Kerja Yang Baik Dan Benar

Related Posts