12 Cara Menghilangkan Rasa Bosan

Cara Menghilangkan Rasa Bosan

Masdimass.com – Anda pernah dilanda rasa bosan dan jenuh? Tentu saja jawabannya pasti pernah. Semua orang pasti merasakan itu, sering kita terjebak dalam rasa bosan atau jenuh saat berada di berbagai tempat, atau dimana pun itu, kita juga tidak tahu apa yang harus dilakukan agar bisa menghilangkan perasaan ini.

Efek buruknya beberapa orang akan melampiaskan rasa bosan ini ke arah yang buruk bahkan lebih buruk, seperti halnya marah dan juga frustasi. Bosan memiliki arti sebagai keadaan dimana pikiran yang menginginkan perubahan karena terjadi secara pengulangan kegiatan atau pengulangan terhadap hal yang telah dilakukan, selain itu kita juga akan membutuhkan sesuatu yang dianggap untuk menyegarkan pikiran.

Menurut psikologi bosan diartikan oleh  Fisher dalam istilah sebagai sebuah kondisi dimana perasaan tidak menyenangkan yang  yang bersifat sementara. Bosan bisa menyerang seseorang dan mengakibatkan orang tersebut merasakan suatu kehilangan minat dan sulit untuk konsentrasi terhadap aktivitas yang sedang dilakukan. Anda harus tau bahwa rasa bosan dan jenuh itu dapat dihilangkan dengan mudah, asal kita niat dan bersungguh sungguh melakukannya.

Bosan itu wajar

Perasaan bosan dan jenuh adalah hal yang wajar. Bosan menjadi penanda apakah seseorang masih melakukan aktivitas kehidupan apakah tidak. Maka cukup bersyukur bila kita dalam beraktifitas di berikan rasa bosan. Namun tidak boleh diremehkan karena dapat mengakibatkatkan rasa malas yang akut, percaya diri yang rendah dan membuat hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik.

Apa tips yang jitu untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan?

Berikut ini beberapa cara mudah yang dapat dilakukan saat anda dilanda rasa bosan dan jenuh, diantaranya adalah:

Cara Menghilangkan Rasa Bosan dengan mudah

1. Melakukan Hobi

Melakukan hobi ialah trik jitu untuk bisa menghilangkan kebosanan. Jika bosan saat tidak melakukan apa apa atau tidak ada aktifitas.  hobi merupakan yang yang tepat untuk dilakukan karena itu hal yang disukain dan pasti akan menyenangkan. Misalnya hobi dengan traveling, anda bisa menyempatkan disaat tidak ada hal yang dilakukan dengan traveling dengan keluarga,teman, atau pacar (itu pun jika mempunyai pacar :D). hobi menjadi sangat berguna ketika sedang dilanda kebosanan dengan catatan hobinya yang positif.

2. Mencari Suasana Baru

Penyebab utama timbulnya rasa bosan dan jenuh adalah suasana yang begitu-begitu saja. Carilah suasana baru agar pikiran menjadi segar, memberikan kenyaman dan ketenangan, serta segala hal lainnya yang menimbulkan keseharian lebih bervariasi daripada melakukan aktifitas yang sema terus menerus setiap harinya. Misalnya pergi ke tempat yang sejuk,indah dan asri seperti pegunungan atau tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

3. Mendengarkan Musik

Musik merupakan hiburan dapat yang membuat seseorang rileks,nyaman, tidak akan sadar bahwa waktu berlalu. Sebagian orang melakukan suatu aktivitas dan rutinitas sambil mendengarkan musik. Sehingga mereka bisa menikmati waktunya dengan sangat baik.

4. Pelihara Hewan

Memelihara hewan terbukti dapat menghilangkan stress dan tekanan. Terutama bagi anda yang menghadapi rutinitas yang sangat padat dan melelahkan. Memelihara hewan juga dapat menghilangkan kebosanan dengan bermain bersama mereka dan menghabiskan waktu untuk merawat mereka.

5. Bersolialisasi

Bersosialisasi membantu anda menghilangkan kebosanan. Jika merasa bosan atau jenuh cobalah untuk bersosialisasi dan mencoba mengenal lingkungan lain. Perlu diingat bahwa manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain jadi kenali lah lingkungan diri sendiri, dengan begitu akan mempunyai interaksi dengan orang baru, mengobrol, melakukan kegiatan bersama dan rasa bosan hilang dengan sendirinya.

6. Jalan-jalan

Jalan-jalan merupakan suatu kegiatan yang paling mudah untuk menyegarkan pikiran. Menurut psikologi, jalan-jalan atau bisa dibilang refreshing haruslah dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki kegiatan yang begitu padat dan menjenuhkan.

7. Tidur

Tidur bisa mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik, menghilangkan rasa bosan dan membuat tubuh dan otak dapat beristirahat sejenak dari segala rutinitas yang membuat jenuh dan bosan karena tidak memiliki kegiatan apapun.

8. Menonton

Menonton televisi, video, film atau apapun bisa menghabiskan waktu dan juga menghilangkan rasa bosan tanpa terasa. Apalagi menonton bersama keluarga teman dan pacar pasti akan seru dan membuat kita merasa gembira.

9. Membaca

Membaca memang paling sering dianggap membosankan tetapi dengan membaca kita secara tidak langsung menyuruh otak agar tetap berpikir dan berfungsi, juga dapat menghilangkan bosan yang kita rasakan. Misalkan membaca buku, artikel-artikel, komik yang menarik yang bersifat lucu dan lainnya.

10. Ciptakan Tantangan Baru

Banyak hal terasa mudah dan biasa bagi kita dapat menyebabkan suatu tantangan. Tantang diri Anda untuk mencari sesuatu yang dapat menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam hidup. Jelajahi proyek-proyek baru. Dengan begitu anda akan tahu bahwa hal ini akan memberikan efek yang sangat bagus untuk anda

11. Perbanyak Teman

Perbanyak teman yang banyak dapat mengatasi kejenuhan. Apalagijika anda mempunyai teman yang bisa menghibur. Seringlah berkumpul dengan mereka untuk mengatasi kejenuhan anda.

12. Bermain game

Bermain game bukan hanya memberi dampak yang negatif tetapi juga memberi dampak positif yaitu dapat membantu mengilangkan rasa bosan dan kejenuhan. Bermain game lah sesuai porsi yang anda butuhkan karena jika terlalu lama sampai berlarut larut bermain game akan menjadikan sesuatu hal yang tidak baik

Penyebab Bosan adalah :

  • Kesendirian : Seringkali penyebab bosan ialah merasa sendirian, tidak ada orang lain yang diajak untuk melakukan interaksi.
  • Tidak ada aktivitas : Beberapa orang mengalami dan mengeluh terhadap kebosanan karena seringkali menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat
  • Kondisi yang tidak menyenangkan : sebagian orang menyukai kegiatan yang dimana bukan hanya duduk diam atau mendengarkan orang lain namun menginginkan hal yang menghasilkan sesuatu. Karena kejadian inilah menyebabkan banyak orang menjadi lebih merasa cenderung bosan.

Kesimpulan

Rasa bosan dan jenuh adalah hal wajar dan manusiawi yang setiap orang pasti merasakannya.  untuk itu semoga dari artikel ini dapat membantu mengurangi setidaknya sedikit rasa bosan dan jenuh yang kita alami saat ini.

Semoga bermanfaat

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Cek Saldo Di Rekening Bank BNI

Cara Lengkap Cek Saldo Di Rekening Bank BNI Terbaru

Next Post
Cara Melamar Kerja

Cara Melamar Kerja Yang Baik Dan Benar

Related Posts